Tabungan Simpel BRI : Simpanan Dana Untuk Pelajar

Posted on

Tabungan SimPel BRI merupakan salah satu program pemerintah yang digunakan sebagai media edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong anak- anak terbiasa menabung. Produk simpanan pelajar ini pertama kali diluncurkan pada 14 Juni 2015 oleh Presiden Indonesia (Ir. Joko Widodo) bersama OJK. Syarat untuk membuka tabungan pelajar di Bank BRI ini sangat mudah. Disamping itu fitur yang diberikan juga sangat menarik.

Sesuai dengan namanya, yaitu simpel (simpanan pelajar) dikhususkan bagi mereka yang masih berstatus sebagai pelajar. Jadi jika Anda bukan lagi seorang pelajar ataupun sudah berstatus sebagai mahasiswa, jenis tabungan BRI yang cocok bagi Anda bukanlah produk ini. Anda bisa memilih simpanan lainnya berupa TabunganKu BRI ataupun yang lainnya. Sebab tujuan dari simpanan pelajar ini adalah untuk memberi pelajaran serta melatih budaya menabung sejak dini.

Sebenarnya tabungan yang dirancang untuk pelajar ini sudah lama dikenalkan oleh Bank konvensional, misalnya BRI, BNI, Mandiri, Bank Permata, BCA dan sebagainya. Juga dikenalkan pula oleh Bank Syariah, seperti Bank Muammalat, BRI Syariah, Mandiri Syariah, BNI Syariah dan masih banyak lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini danasabah akan menyampaikan penjelasan mengenai Tabungan simpel BRI. Terlebih bagi orang tua yang ingin membukakan rekening untuk anaknya.

Apa Itu Tabungan SimPel BRI?

Tabungan simpel BRI adalah produk simpanan dana yang diluncurkan oleh pemerintah untuk siswa atau pelajar guna menciptakan budaya menabung sejak dini, dengan persyaratan yang mudah tanpa mengurangi fitur yang menarik.

Sebagaimana yang Kita ketahui, kegiatan menabung masih menjadi PR yang belum terselesaikan. Nyatanya masih banyak orang lebih memilih konsumtif daripada menyisihkan sebagian rejeki untuk masa depan. Perlu digarisbawahi  bahwa kebutuhan manusia tidak ada yang tahu. Ada yang bersifat jangka panjang dan ada pula yang bersifat mendesak, misalnya seperti biaya pengobatan, pendidikan, hingga renofasi rumah. Nah, melalui gerakan menabung maka Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut. Jika memang sudah terbiasa kegiatan menabung tidak susah untuk dilakukan.

Syarat Membuka Tabungan SimPel BRI

Adapun persyaratan yang harus dipersiapkan saat membuka rekening tabungan SimPel BRI adalah sebagai berikut:

  1. Membawa identitas diri dari seorang pelajar, berupa Kartu Pelajar/ Surat Keterangan dari Sekolah yang mencantumkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)/ NIS (Nomor Induk Siswa).
  2. Melampirkan Fotocopy Akta Lahir.
  3. Fotocopy Kartu Keluarga.
  4. Fotocopy KTP Orangtua/wali.
  5. Melampirkan surat Persetujuan Orang tua/ wali
  6. Mengisi formulir Aplikasi Pembukaan Rekening
  7. Membawa uang untuk setoran awal minimum sebesar Rp. 5.000,-

Proses Pembukaan Rekening Tabungan SimPel BRI

Cara membuka tabungan simpanan pelajar (SimPel) BRI hampir sama dengan pembukaan rekening tabungan junio. Karena belum tersedia secara online, mau tidak mau Anda harus datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat sesuai dengan alamat kartu pelajar. Sebab jika tidak sesuai disarankan membawa surat keterangan domisili ke kelurahan setempat. Jangan lupa membawa segala persyaratan yang sudah disebutkan di atas.

Sesampainya dilokasi, Anda bisa langsung menuju ke bagian Customer Service untuk melakukan pembukaan rekening Tabungan SimPel BRI. Sebelum dibantu oleh pihak CS, biasanya Anda akan diberi informasi tentang produk simpanan yang Anda pilih tersebut. Setelah itu Anda akan diberi dan diminta mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening. Berikan pula persyaratan yang sudah Anda bawa sebelumnya. Ketika sudah selesai mengisi form pembukaan rekening berikan ke CS lagi, dan Anda akan disuruh menyerahkan sejumlah uang setoran awal tabungan simpel ke bagian teller sebesar Rp 5.000,-

Jika sudah menyerahkan dana setoran awal jangan langsung buru-buru keluar dari ruangan. Anda harus kembali ke bagian CS guna mencetak buku rekening tabungan. Nah, biasanya jika Anda menginginkan adanya fasilitas Kartu ATM, maka ada biaya tersendiri sesuai ketentuan Bank. Namun jika tidak juga tidak apa-apa karena tujuannya untuk menabung. Ketika sudah diberi buku tabungan Anda sudah bisa pulang dan sudah bisa menabung.

Biaya Administrasi Rekening Tabungan SimPel BRI

Diawal sudah disebutkan bahwa secara garis besar ada 2 tempat membuka rekening tabungan simpanan pelajar (SimPel) Bank BRI, yaitu konvensional dan juga Syariah. Dari kedua tempat tersebut memiliki perbedaan namun tidak begitu besar. Anda bisa membandingkannya pada daftar di bawah ini.

Jenis PembiayaanJenis Bank
Nama BankKonvensionalSyariah
Nama ProdukTabungan SimPelTabungan Simpel IB
Akad-Sistem Mudharabah (bagi hasil) atau Wadi'ah (bonus)
Status KepemilikanAtas Nama PelajarAtas Nama Pelajar
Biaya Setoran AwalMinimal Rp 5.000,-Minimal Rp 1.000,-
Jumlah Setoran BerikutnyaMinimal Rp 1.000,-Minimal Rp 1.000,-
Biaya Administrasi BulananTidak Ada (Gratis)Tidak Ada (Gratis)
Jumlah Saldo Mengendap di dalam rekeningRp 5.000,-Rp 1.000,-
Suku BungaTidak Ada (Hanya berbentuk reward)Sesuai kebijakan Bank
Biaya Penutupan RekeningRp 5.000,-Rp 1.000,-
Denda Saldo Di Bawah MinimumRp 1.000,- per bulanRp 1.000,- per bulan
Penutupan Rekening Otomatis Oleh sistem (close By System)Jumlah Saldo < Rp 5.000,-Jumlah Saldo < Rp 1.000,-
Frekuensi Penarikan Dana TunaiMaksimal 2x perbulan (tergantung kebijakan BankUnlimited
Batas atau limit Penarikan DanaMaksimal Rp 250.000,- (Kecuali saat penutupan rekening, sesuai ketentuan)Maksimal Rp 500.000,- (Kecuali saat penutupan rekening, sesuai ketentuan)

NB : Rekening akan berubah menjadi inaktif jika nasabah tidak melakukan kegiatan transaksi (keluar-masuk dana) selama 12 bulan berturut-turut.

Bagaimana Cara Cek Saldo Tabungan SimPel BRI Simpanan Pelajar?

Dilansir dari laman resmi BRI.co.id, disana tidak menyebutkan bahwa tersedia fitur kartu ATM. Loh, terus bagaimana cara cek saldo tabungan simpel di Bank BRI?. Tenang, tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa melakukan pengecekan melalui buku rekening yang sudah diberikan kepada Anda. Di dalam buku tersebut akan tercatat secara rinci ketika Anda menabung. Dengan demikian Anda bisa melihat pergerakan dana yang masuk ataupun keluar.

Bagaimana Cara Mengambil Uang Tabungan BRI SimPel?.

Berbeda dengan jenis tabungan yang ada di Bank BRI seperti simpedes, dan BritAma, Anda tidak bisa mengambil uang melalui mesin ATM. Sebab tidak diberi kartu ATM, maka cara mengambil uang tabungan BRI Simpel dilakukan melalui bantuan teller. Nah Anda bisa mengeluarkan unek-unek agar dibuatkan kartu ATM agar bisa mengambil dana tanpa mengantri. Jika memang Ada, biasanya akan ada biaya khusus untuk perawatan kartu ATM seperti rusak, tertelan ataupun hilang.

Apa Perbedaan Tabungan SimPel BRI Dengan Junio?

Produk tabungan SimPel BRI dan junio memang sama-sama didesain untuk kepentingan menabung anak. Namun dari kedua jenis tabungan tersebut memiliki perbedaan yang sangat jauh. Anda bisa menemukan perbedaannya pada daftar berikut ini:

No. Tabungan SimPel BRI Tabungan Junio
1 Setoran awal Rp 5.000,- Setoran awal Rp 100.000,- s.d Rp 150.000,-
2 Tanpa NPWP Melampirkan NPWP
3 Tidak mendapatkan cover asuransi kecelakaan diri Mendapatkan cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000,-
4 Pembukaan rekening tanpa mekanisme bundling Bisa melakukan Transaksi melalui esin ATM secara Real time online
5 Bisa melakukan setor dana tabungan (menabung) di sekolahan Desain buku tabungan dan kartu ATM sesuai dengan keinginan nasabah
6 Gratis biaya Administrasi Suku bunga kompetitif

Bandingkan dengan : Tabungan BRI Junio

Demikianlah pembahasan mengenai Tabungan SimPel BRI. Demi masa depan anak agar terbiasa menabung, segeralah buka rekening simpanan yang dikhususkan untuk pelajar ini. Sebab pepatah sudah mengajarkan kepada Kita “rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”. Jika Anak sudah terbiasa dengan kegiatan menabung, segala kebutuhan dimasa mendatang tidak akan sampai bingung. Sekian dan terima kasih.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.