Persyaratan Tabungan BRI Junio, Rencana Untuk Pendidikan Anak.

Posted on

Tabungan BRI Junio merupakan salah satu produk simpanan dana yang diluncurkan khusus bagi anak-anak. Tujuan dari produk ini tidak lain adalah untuk mewujudkan sebuah rencana pendidikan anak. Disamping itu juga difungsikan sebagai tempat melatih anak Anda agar terlatih dan senang menabung sejak usia diniserta melakukan transaksi keuangan di lembaga keuangan seperti di Bank. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir karena segala aktifitas keuangan Anak Anda dapat dikontrol menggunakan layanan SMS notification.

Syarat dan cara membuat tabungan junio cukup mudah dan diproses secara cepat. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat bersama dengan anak Anda sambil membawa persyaratan yang dibutuhkan. Selain membawa persyaratan, jangan lupa juga membawa sejumlah dana setoran awal sebesar Rp. 100.0000,-. Setelah melewati segala proses, Anda akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM BRI Junio sebagai bukti kepemilikan rekening. Uniknya, kartu debit ATM yang akan Anda dapatkan bisa di custom dengan foto anak Anda supaya lebih disukai oleh anak.

Bagaimana, apakah Anda tertarik?. Jangan ragu karena saat ini pembukaan rekening tabungan BRI Junio sudah bisa dilakukan secara Online. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mengantri panjang di kantor cabang. Namun perlu diketahui meskipun sudah mendaftar melalui internet, Anda tetap harus melakukan verifikasi data asli di kantor cabang BRI. Supaya lebih jelas, silahkan simak ulasan yang akan Kami sampaikan di bawah ini sampai selesai.

Apa Itu Tabungan BRI Junio?

Tabungan BRI Junio adalah salah satu produk tabungan di Bank BRI yang segmentasinya dikhususkan kepada anak-anak dengan usia mulai dari <12 Tahun hingga <17 Tahun (Non-Bundling). Produk ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak, sehingga akan menumbuhkan rasa suka terhadap menabung.

Nah, untuk dapat memiliki rekening tabungan Junio ini, Anda harus melengkapi berbagai persyaratan sesuai dengan ketentuan agar bisa menikmati berbagai fasilitas yang diberikan, antara lain:

Fasilitas Tabungan BRI Junio

  1. Anda dapat melakukan transaksi di berbagai unit kerja BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.
  2. Kartu Debit atau ATM BRI dapat diakses melalui jaringan BRI, ATM Bersama, Link, dan Prima.
  3. Bisa meggunakan fasilitas E-Banking BRI, seperti SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dan sebagainya.
  4. Anda akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri secara gratis dengan ketentuan saldo minimum sebesar Rp 500.000,-. Jumlah asuransi tersebut setara dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,-.
  5. Tabungan Junio dapat diupgrade ke tabungan rencana BRI menggunakan fasilitas tabungan perencana (Installment Saving Junio).
  6. Dapat melakukan transfer dana secara otomatis menggunakan fasilitas:
    a. Automatic Fund Transfer (AFT), fasiitas untuk transfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya pada tanggal tertentu sesuai keinginan nasabah.
    b. Account Sweep, fasilitas untuk transfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya yang telah di setup berdasarkan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah
    c. Automatic Grab Fund (AGF), fasilitas untuk tarik dana dari tabungan BRI BritAma oleh satu rekening tertentu, seperti untuk pembayaran pinjaman atau kredit.

Intinya, meskipun sama seperti tabungan britama yang ada di Bank BRI, namun Juniotetaplah dikhususkan bagi anak-anak agar terlatih menabung. Oleh karena itu, sebagai orang tua akan terbantu membiasakan anak hidup hemat dan melakukan sebuah perencanaan masa depan anak.

Apa Saja Syarat Tabungan BRI Junio?

Syarat yang harus dilengkapi oleh setiap calon nasabah ialah:

A). Untuk usia nasabah <12 tahun:
  1. Melampirkan nomor rekening Tabungan BRI BritAma/ Simpedes milik orang tua atau wali.
  2. Jika belum memiliki rekening tabungan simpedes, maka wajib melakukan pembukaan BRI simpedes terlebih dahulu.
  3. Melampirkan dokumen Identitas milik orang tua/ wali berupa:
    – Bagi WNI membawa E-KTP dan NPWP (Jika ada)
    – Bagi WNA membawa Paspor dan KIMS/ KITAS/ KITAP
    Fotocopy KK (kartu Keluarga) atau surat keterangan lahir anak (akta kelahiran)
  4. Melengkapi formulir aplikasi pembukaan rekening.
  5. Membawa dana setoran awal rekening induk sebesar Rp. 250.000,- (Untuk tabungan BritAma/ simpedes), dan tabungan BRI Junio sebesar Rp. 100.0000,-.
B). Untuk nasabah berusia 12 hingga <17 Tahun (Non-Bundling):
  1. Pelajar SMP dan SMA (sederajat) yang sudah memiliki Identitas kartu pelajar
  2. Melengkapi formulir aplikasi pembukaan rekening.
  3. Melampirkan dokumen pembukaan rekening tabungan junio, berupa:
    Fotocopy Kartu pelajar (dengan membawa aslinya)
    – Fotocopy KTP Orang Tua/ Wali
    – Surat persetujuan dari Orang Tua / Wal
  4. Melampirkan Identitas diri milik orang tua, berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan atau Paspor/ KIMS/ KITAP/ KITAS
  5. Membawa dana setoran awal sebesar Rp 150.000,-.

Bagaimana Cara Buka Tabungan BRI Junio?

Caranya cukup mudah, yaitu bisa secara online seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika berniat melakukan pembukaan secara online, Anda bisa mengunjungi website resmi BRI melalui laman eform.bri.co.id. Meskipun cara membuka tabungan junio secara online berhasil, Anda tetap harus datang ke kantor cabang seperti pada umumnya. Oleh karena itu Kami tetap merekomendasikan proses pembukaan secara offline saja.

Setelah melengkapi persyaratan di atas Anda tinggal datang ke kantor cabang BRI yang terdapat disekitar domisili Anda berada (sesuai alamat penerbitan KTP). Sesampainya di lkasi, Anda bisa langsung mengambil nomor antrian dibagian Customer Service (CS) dan biasakanlah mengantri secara sabar. Sesaat setelah dipanggil dan berada dihadapan CS, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau membuka tabungan BRI Junio. Sebelum melangkah lebih jauh, biasanya CS akan menyebutkan berbagai ulasan mengenai produk yang Anda pilih tersebut.

Apabila sudah mantap dengan pilihan Anda, selanjutnya Anda akan dimintai mengisi formulir pembukaan, namun sebelumnya Anda harus menyerahkan syarat yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jika sudah selesai mengisi formaplikasi pembukaan rekening, Anda tinggal menunggu pihak CS membuatkan buku tabungan dan kartu debit ATM. Nah, jika sudah jadi Anda disuruh menyerahkan sejumlah dana setoran sesuai dengan usia anak Anda.

Sebenarnya proses pembuatan rekening sudah selesai, namun tidak cukup sampai disitu saja. Masih ada satu tahapan lagi yang harus Anda lakukan, yaitu aktivasi layanan e-banking, seperti internet banking, Mobile banking, SMS Banking, dll. Anda bisa meminta bantuan ke pihak CS yang akan membantu Anda dengan sepenuh hati. Nah, jika sudah selesai barulah Anda bisa melakukan transaksi keuangan sesuai dengan kebutuhan.

Berapa Biaya Administrasi Dan Suku Bunga Tabungan BRI Junio?

Bank BRI adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa khususnya keuangan dan merupakan salah satu Bank yang terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, ada sejumlah biaya administrasi dan suku bunga yang dibebankan untuk setiap nasabah BRI. Jika tidak demikian, maka tidak mungkin perusahaan tersebut akan bertahan hingga sekarang. Supaya lebih jelas rinciannya, Anda bisa melihat pada daftar di bawah ini.

Biaya Administrasi Tabungan BRI Junio

Jenis Biaya Jumlah Pembiayaan
Jumlah Setoran Selanjutnya Minimal Rp 10.000,-
Jumlah Saldo Minimum Di dalam Rekening Minimal Rp 50.000,-
Biaya Administrasi Per bulan Usia < 12 tahun (Gratis)
Usia 12 hingga < 17 tahun sebesar Rp 5.000,-
Biaya Aministrasi Kartu ATM Usia < 12 tahun sebesar Rp 500,-
Usia 12 hingga < 17 tahun sebesar Rp 500,-
Denda Di Bawah Saldo Minimum Sebanyak Rp 10.000,-
Biaya Adm Penarikan melalui Teller ≤ Rp 5.000.000,- Sebesar Rp 10.000
Transaksi Dana Antar Cabang Rp. 300.000.000,- per hari

Suku Bunga Tabungan BRI Junio

Jumlah Saldo Tingkat Suku Bunga
Kurang dari Rp. 1.000.000,- 0%
Rp. 1.000.000,- sampai < Rp. 50.000.000,- 0,70%
Rp. 50.000.000,- sampai < Rp. 500.000.000,- 0,85%
Rp. 500.000.000,- sampai < Rp. 1.000.000.000,- 1,10%
Lebih dari Rp. 1.000.000.000,- 1,90%

Seperti halnya tabungan BritAma BRI, rekening junio juga bisa berubah status dari akti, pasih, hingga non aktif. Karenanya perlu diingat bahwa rekening akan menjadi dormant apabila saldo berada di bawah saldo minimum dan tidak bertransaksi selama 540 hari. Selanjutnya rekening akan berubah menjadi pasif pada hari ke 541 dan rekening close by system pada hari ke 542.

Pengambilan Dana di ATM BRI Minimal Berapa?

Pertanyaan yang sering muncul ketika sedang butuh dana mendesak ialah berapa dana di ATM BRI bisa diambil. Melalui tabungan BRI Junio, Anda bisa menarik dana tunai selama jumlah saldo masih mencukupi. Oleh sebab itu tingkatkan terus saldo Anda. Disamping aman, saku yang ada di pakaian Anda juga tidak terlalu tebal oleh dompet yang terlalu banyak uang. hehe

Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan BRI Junio

Tidak terkecuali tabungan BRI Junio, ada kelebihan dan kekurangan yang ada di dalamnya. Memang jika dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya, semua ada kelemahan tersendiri. Akan tetapi diantara kekurangan yang ada, Anda akan tetap merasakankeunggulan yang diberikan.

Kelebihan

  1. Sudah bisa menikmati layanan e-banking
  2. Mendapatkan asuransi kecelakaan diri secara Gratis
  3. Membantu orang tua/ wali mendidik karakter suka menabung sejak usia dini
  4. proses pembukaan sudah bisa dilakukan secara online, meskipun akhirnya harus offline untuk verifikasi data.

Kekurangan

  1. Hanya tersedia jenis private label
  2. Limit Transfer Antar Rek BRI melalui ATM dan Internet Banking Per Hari hanya mencapai Rp 20.000.000,-
  3. Nasabah dengan usia 17 tahun masih membutuhkan Surat Pernyataan dari Orang Tua / Wali

Demikianlah pembahasan mengenai Tabungan BRI Junio yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan bisa dijadikan sebagai pembanding dengan produk perbankan lainnya, khususnya tabungan. Apabila kurang jelas atau berkeinginan melakukan pembukaan, Anda bisa menanyakan langsung pada pihak Bank BRI melalui 14017 / 1500017. Ingat, pepatah kuno menyebutkan Hemat pangkal Kaya. Dengan menabung, diharapkan bisa merubah nasib seseorang. Terimakasih.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.