Syarat Dan Cara Buka Rekening TabunganKu BCA

Posted on

TabunganKu BCA – Diantara sekian banyak program pemerintah diantaranya adalah menumbuhkan budaya menabung dengan tujuan untuk  kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, demi suksesnya program tersebut dibuatlah produk simpanan keuangan yang disebut dengan TabunganKu. Produk ini telah dikeluarkan secara bersama oleh bank- bank yang ada di Indonesia. Salah satu bank yang meluncurkan produk tersebut ialah Bank BCA. Tentunya Anda bisa menyimpan uang tanpa ada potongan administrasi per bulan. Namun yang masih menjadi pertanyaannya ialah apa saja syarat dan cara buka rekening TabunganKu di Bank BCA?.

Persyaratan pembukaan rekening tabunganKu sangatlah mudah dan ringan. Cukup dengan membawa identitas diri asli, serta menyerahkan biaya setoran awal pembukaan rekening sebesar Rp 20.000 Anda sudah bisa memiliki produk tersebut. Jumlah setoran selanjutnya pun sangat murah, yaitu minimal Rp 10.000. Hal ini sama dengan tabunganku BRI, BNI, Mandiri, dan tabunganku CIMB Niaga. Hanya saja perbedaan yang terdapat pada produk tersebut tergantung dari kebijakan masing-masing perbankan.

Banyak orang yang ingin memiliki rekening tabungan BCA, seperti : Tahapan, Xpresi, Berjangka, Simpel, dan lain sebagainya. Jika Anda termasuk salah seorang yang ingin membuka rekening di bank BCA khususnya produk TabunganKu, maka bacalah uraian di bawah ini hingga selesai. Kami akan membahasnya mulai dari syarat, cara, biaya administrasi, suku bunga, serta limit transaksi TabunganKu.

TabunganKu BCA

TabunganKu BCA adalah produk simpanan atau tempat untuk menyimpan uang untuk nasabah perorangan berkewarganegaraan Indonesia. Karena sudah menjadi kesepakatan bersama dengan bank-bank di Indonesia, persyaratan pembukaan rekening TabunganKu dibuat secara mudah dan ringan. Sesuai dengan program pemerintah, produk ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan budaya menabung, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Uniknya produk TabunganKu ini bebas biaya administrasi bulanan sehingga Anda bisa fokus menabung tiap bulan.

Syarat Dan Cara Buka Rekening TabunganKu BCA

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya bahwa persyaratan pembukaan rekening tabunganKu sangatlah mudah dan ringan, termasuk syarat buka rekening TabunganKu BCA. Selengkapnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Usia NasabahSyarat Dan Ketentuan
Nasabah yang sudah Dewasa (Berusia >17 tahun)Melampirkan e-KTP/ Paspor
Fotokopi NPWP (jika ada)
Nasabah yang Tidak Diwakili ( Berusia 12 – 17 tahun)Kartu Tanda Pelajar, atau Surat Pengantar dari Sekolah
e-KTP/ Paspor dari salah satu Orang Tua calon Nasabah
Melampirkan Fotokopi NPWP dari salah satu Orang Tua (Jika Ada)
Melampirkan Surat Persetujuan Pembukaan Rekening dari Orang Tua
Mengisi Formulir pembukaan Rekening.
Nasabah yang Wajib Diwakili (Berusia <12 tahun)Melampirkan Surat Keterangan Lahir (Akte), atau Kartu Keluarga (KK)
e-KTP/ Paspor dari salah satu Orang Tua
Melampirkan Fotokopi NPWP dari salah satu Orang Tua (Jika Ada)

Apabila calon nasabah tidak memiliki Kartu Tanda Pelajar atau tidak memiliki Surat pengantar dari Sekolah, maka calon nasabah wajib mengikuti syarat dan ketentuan pembukaan rekening sesuai dengan usia < 12 tahun. Informasi lebih lengkap bisa ditanyakan langsung di kantor cabang BCA terdekat. Namun jika sedang berhalangan dan tidak ada banyak waktu Anda bisa menanyakan melalui Halo BCA di 1500888, atau melalui e-mail di halobca@bca.co.id.

Cara buka rekening TabunganKu BCA

Cara membuka rekening tabunganKu disemua perbankan baik itu swasta, syariah, maupun konvensional sama saja. Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah dan prosesnya pun cukup cepat, diantaranya:

  • Setelah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, datanglah ke kantor unit kerja bank BCA terdekat. Kenapa tidak online saja?. Kebetulan sampai saat ini pendaftaran rekening tabunganKu BCA secara online belum tersedia. Jika memang ingin membuka rekening via online, Anda bisa memilih produk Tahapan, Xpresi, Tapres, dan BCA Dollar. Nah fasilitas yang akan Anda terima nantinya hanya sebuah kartu debit (ATM) saja yang bisa digunakan di berbagai tempat mesin ATM BCA.
  • Sesampainya di lokasi kantor BCA, ambillah nomor antrian yang langsung menuju ke bagian Customer Service (CS). Jika belum paham bisa menanyakan kepada security yang sedang bekerja.
  • Jika sudah dipanggil dan berada di depan CS, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau membuka rekening TabunganKu. Anda bisa langsung memberikan syarat pembukaan yang sudah dibawa sebelumnya.
  • Selajutnya Anda akan disuruh mengisi formulir permohonan pembukaan rekening dan diminta menyerahkan biaya setoran awal sebesar Rp Rp 20.000 yang sekaligus sebagai saldo minimal rekening TabunganKu.

Biaya Dan Suku Bunga TabunganKu BCA

Biasanya ketika akan membuka rekening nasabah akan menanyakan tentang biaya hingga suku bunga tabungan. Seperti halnya pengalaman pribadi sempat bertanya Berapa potongan TabunganKu BCA?, Berapa biaya administrasi Bank BCA per bulan?, dan sebagainya.

A. Biaya Administrasi TabunganKu BCA

Salah satu alasan lembaga keuangan memberlakukan biaya admin adalah sebagai perawatan fasilitas serta peningkatan pelayanan dibidang jasa. Sebab itulah ada potongan biaya administrasi per bulan. Berapa biaya administrasi bulanan tabunganKu?. Rinciannya adalah sebagai berikut:

Jenis PembiayaanJumlah Pembiayaan
Setoran Awal Pembukaan RekeningMinimal Rp 20.000,-
Setoran BerikutnyaMinimal Rp 10.000,-
Saldo minimal mengendapSebesar Rp 20.000,-
Penarikan Dana TunaiMaksimal Rp 7.000.000 (per hari), kecuali untuk penutupan rekening. (penarikan di cabang minimal sebesar Rp 100.000)
Batas Maksimum Setor Tunai di ATM StarRp 15.000.000 (per hari)
Batas Maksimum Setor Tunai di ATM StarRp 15.000.000 (per hari)
Biaya Penutupan Rekening atas permintaan nasabahSebesar Rp 20.000
Biaya rekening Dorman (tidak ada transaksi selama 6 bulan)Maksimal Rp 2.000 per bulan dan dibebankan sejak bulan ke-7
Biaya transaksi debet ke-5 dan seterusnya dalam satu bulan melalui ATM maupun melalui cabang.Maksimal Rp 2.500

Biaya pergantian buku tabungan dan kartu serta potongan biaya administrasi bulanan tidak ada alias gratis. Kendati demikian ada yang harus dipahami bahwa produk TabunganKu BCA memiliki beberapa keterbatasan fitur, seperti: setoran, tarik tunai, cek saldo dan transfer di Kantor Cabang dan ATM BCA. Selain itu jumlah transaksi khususnya debet per bulan cuma bisa dilakukan sebanyak 4 kali saja. Lebih dari itu maka akan dikenakan biaya administrasi.

B. Suku Bunga TabunganKu BCA

Tingkat suku bunga tabungan berbeda dengan pinjaman. Jika pada tabungan Anda akan mendapatkan saldo tambahan, sedangkan pinjaman adalah beban yang diberikan kepada nasabah. Besarnya bunga tabungan TabunganKu BCA adalah sebagai berikut:

  • Saldo < Rp 500.001, Bunga 0% per tahun.
  • Saldo Rp 500.001 – < Rp 1.000.001, Bunga 0,25% per tahun.
  • Saldo >= Rp 1.000.001, Bunga 1% per tahun.

Limit Transaksi TabunganKu BCA

Berdasarkan uraian pembiayaan di atas dapat disimpulkan bahwa limit transaksi TabunganKu di Bank BCA maksimal sebesar Rp 25.000.000,- per hari. Sedangkan untuk tarik tunai maksimal Rp 7.000.000 (per hari) dengan batas penarikan di cabang minimal sebesar Rp 100.000). Pertanyaannya Apakah TabunganKu bisa transfer?, Apakah sudah didukung dengan internet banking?, Bisakah BCA transfer ke bank lain?, dan Apakah bisa setor tunai di mesin ATM?.

Menjawab pertanyaan tersebut harus dikembalikan lagi kepada tujuan pemerintah, dimana ingin membudayakan menabung demi kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu segala kegiatan transaksi baik itu setoran, tarik tunai, cek saldo dan transfer bisa dilakukan di Kantor Cabang dan ATM BCA.

Alasan Mengapa Harus Memilih TabunganKu BCA?.

Mengapa sih Kita harus memilih tabunganKu BCA?. Alasannya karena terdapat kelebihan dan kekurangan yang terletak pada fasilitas internet Banking, khususnya mobile banking. Hal tersebut disebabkan untuk menghindari nasabah lebih bersikap konsumtif dibandingkan dengan menabung. Oleh karena tidak dilengkapi dengan e-banking, sehingga nasabah tidak bisa melakukan transaksi perbankan menggunakan smartphone ataupun laptop. Kendati demikian jika memang niat Anda menabung, kekurangan tersebut tidak perlu dipermasalahkan.

Itulah penjelasan tentang produk tabunganKu BCA yang dapat Kami sampaikan. Segera buka rekening tabungan demi menata masadepan yang lebih baik. Sebab yang namanya hidup tidak ada yang tahu, apalagi saat menghadapi kebutuhan yang sifatnya mendesak seperti biaya sekolah, pengobatan, renovasi rumah, dll. Toh, syarat dan cara buka rekening tabungan di Bank BCA sangat cepat dan tidak ribet. Apabila masih belum jelas, Anda bisa berkunjung ke kantor cabang atau menghubungi call centre BCA.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.