Syarat Buka Dan Suku Bunga TabunganKu BRI

Posted on

TabunganKu BRI merupakan produk simpanan yang paling direkomendasikan bagi Anda yang suka menabung. Melalui produk ini, sejumlah uang yang Anda simpan akan terjaga dengan aman. Tapi bukan berarti jenis tabungan di Bank BRI lainnya tidak baik. Hanya saja, perbedaan yang akan Anda rasakan ialah bebas administrasi bulanan. Selain itu syarat buka rekening, fasilitas, dan suku bunga TabunganKu Bank BRI pun sangat menarik.

Dibandingkan dengan tabunganku Mandiri, BNI, BTN, BCA, serta Bank Syariah mungkin tidak ada perbedaan. Artinya sama-sama memiliki ketentuan yang berlaku sesuai peraturan OJK. Hal ini dikarenakan produk simpanan tabunganKu merupakan sebuah program pemerintah. TabunganKu memiliki tujuannya untuk menumbuhkan dan membiasakan masyarakat suka menabung. Oleh karena itu tabunganKu dapat dibuka untuk anak, pelajar, mahasiswa, hingga orang dewasa. Asalkan calon nasabah bisa memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh masing-masing perbankan.

Beberapa keunggulan TabunganKu BRI telah didesain untuk kepentingan seluruh nasabah. Kendati demikian masih banyak yang belum menyadari akan pentingnya menabung. Mereka lebih memilih hidup konsumtif hingga akhirnya sejumlah uang yang dimiliki habis untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Mungkin antara menabung atau tidak sama saja karena uang masih bisa dicari, toh nantinya juga tabungan yang sudaak terkumpul akan diambil kembali.

Pelu diingat bahwa kebutuhan manusia tidak ada yang tahu. Ada yang bersifat jangka panjang dan ada pula yang bersifat mendesak seperti halnya biaya pengobatan, pendidikan, hingga renofasi rumah. Dengan adanya dana simpanan makan Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut. Ketika kegiatan menabung sudah berjalan maka tidak susah untuk dilakukan. Nah, jika Anda berminat untuk menabung di Bank, silahkan simak penjelasan mengenai syarat, fasilitas, dan suku bunga TabunganKu yang dikeluarkan oleh Bank BRI berikut ini.

TabunganKu BRI

BRI TabunganKu adalah produk simpanan untuk nasabah perorangan. Produk ini bisa dimiliki dengan persyaratan yang mudah dan ringan. Adapun tujuan utama dari produk TabunganKu ialah untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Indonesia.

Keunggulan TabunganKu BRI

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa ada beberapa keunggulan TabunganKu Bank BRI. Apabila Anda memiliki produk tersebut, Anda bisa merasakan keunggulan seperti pada daftar berikut ini.

  • Gratis biaya administrasi bulanan.

Bagi yang sudah membuka dan memiliki rekening tabungan BRI seperti Simpedes, BritAma, dll mungkin sudah tidak asing dengan sejumlah biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah. Di TabunganKu Anda tidak akan dikenakan potongan untuk biaya admin bulanan, sehingga berapapun dana tabungan yang disetorkan tetap utuh. Sebab itulah produk TabunganKu ini bisa Anda jadikan solusi.

  • Setoran awal dan saldo minimal yang ringan

Cukup dengan setor uang sebesar Rp 20.000,- Anda sudah bisa membuka rekening TabunganKu di Bak BRI, namun jika mau lebih justru lebih bagus. Untuk setoran selanjutnya bisa dilakukan dengan besaran Rp. 10.000,-. Dana tersebut merupakan uang yang berada di dalam rekening Anda, sedangkan untuk saldo minimum rekening TabunganKu BRI sebesar Rp 20.000,-.

  • Gratis biaya pergantian buku rekening TabunganKu.

Jika Anda menabung terus menerus maka lama kelamaan buku tabungan akan penuh dan mau tidak mau harus diganti. Untuk mengganti buku rekening Tabungan tidak ada biaya, alis gratis. Begitu pula jika sewaktu-waktu Anda kehilangan buku TabunganKu atau rusak, Anda bisa menggantinya secara gratis. Hal ini tidak berlaku untuk  produk tabungan lainnya, yang mana jika ganti buku harus membayar biaya, khususnya jika buku Tabungan hilang hilang atau rusak.

Syarat Buka Rekening TabunganKu BRI

Persyaratan pembukaan rekening tabunganKu sangat mudah seperti produk tabungan lainnya. Anda cukup melengkapi beberapa syarat membuka TabunganKu BRI, yaitu sebagai berikut:

  1. Nasabah berkewarganegaraan Indonesia (WNI)
  2. Diajukan untuk diri sendiri (perseorangan).
  3. Tidak diperkenankan untuk rekening bersama (join account).
  4. Wajib melampirkan Fotocopy identitas diri berupa KTP/ SIM/ Passpor
  5. Mengisi formulir aplikasi permohonan pembukaan rekening TabunganKu
  6. Setoran awal pembukaan rekening minimal Rp 20.000,-

Disamping persyaratan di atas, ada syarat yang harus dipenuhi berdasarkan usia nasabah. Sebab, simpanan TabunganKu bisa diajukan untuk anak berusia < 17 tahun (0-12 tahun dan 12-17 tahun). Syaratnya adalah sebagai berikut:

1). Nasabah berusia 0-12 tahun

  • Calon nasabah didampingi oleh orang tua/ wali
  • Pendamping harus memiliki rekening BRI Simpedes atau BritAma.
  • Wajib melampirkan syarat dokumen berupa akta kelahiran atau kartu keluarga (KK).
  • Menyerahkan setoran awal pembukaan rekening tabunganKu BRI minimal sebesar Rp 20.000,-

2). Nasabah berusia 12-17 tahun (Khusus untuk pelajar)

  • Boleh mengajukan pembukaan sendiri atau tidak didampingi orang tua/ wali.
  • Melampirkan fotocopy Kartu Pelajar
  • Menyerahkan biaya setoran awal minimal sebesar Rp 20.000,-.
  • Melampirkan fotocopy KTP dan surat persetujuan Orang tua atau wali.

Baca Juga:
10 Jenis Tabungan BRI Yang Menguntungkan Nasabah

Cara Membuka Rekening TabunganKu BRI

Anda bisa membuka produk TabunganKu dengan cara biasa, yaitu dengan mendatangi secara langsung unit kantor cabang BRI terdekat. Jangan lupa membawa persyaratan yang telah diperiapkan dari rumah. Untuk jaga-jaga bagi calon nasabah yang berdomisili tidak sesuai dengan data KTP, sebaiknya meminta surat keterangan tinggal sementara ke kelurahan setempat. Nah perlu diketahui bahwa sejauh ini belum tersedia layanan pendaftaran rekening TabunganKu BRI online.

Sesampainya di lokasi tujuan, ambillah nomor antrian di bagian Customer Service (CS) dan mengantrilah dengan nasabah lain. Ketika nomor antrian Anda dipanggil, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau membuka rekening TabunganKu. Nantinya pihak CS akan memberi penjelasan mengenai produk yang Anda pilih. Jika sudah selesai Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Berikanlah persyaratan yang sudah Anda bawa sebelumnya ke CS yang berada di depan Anda tersebut.

Setelah selesai Anda akan dimintai sejumlah uang setoran awal sebesar Rp. 20.000,- untuk menyerahkannya ke bagian teller. Apabila sudah disetorkan kembalilah ke bagian CS karena akan mencetakkan buku tabunganKu atas nama Anda, sebagai bukti atas kepemilikan rekening. Terakhir, Anda sudah bisa pulang setelah menerima buku tabungan dan sudah bisa menggunakannya.

Apakah TabunganKu BRI Dapat Kartu ATM?

Dilansir dari website resmi Bank BRI, produk TabunganKu tidak dapat fitur kartu ATM. Dengan demikian ketika ingin melakukan transaksi seperti penarikan, atau ingin transfer harus melalui teller. Kendati demikian sebenarnya ada sisi positif, namun juga ada sisi negatifnya. Produk TabunganKu tidak membuat fitur ATM dengan alasan karena di khususkan untuk menabung. Jika disediakan Kartu ATM dalam produk ini, di khawatirkan nasabah akan lebih sering melakukan penarikan daripada pemasukan.

Diera modern seperti sekarang rasanya tidak puas dan masih ada yang ganjil apabila tidak memiliki kartu debit (ATM). Melalui kartu tersebut  nasabah bebas melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Jika melihat dan membaca keterangan yang diberikan oleh Bank BRI, TabunganKu memang tidak dapat kartu ATM. Tapi jangan khawatir, bagi yang berkeinginan memiliki sebuah kartu ATM bisa memohon kepada pihak CS disaat melakukan pembukaan rekening.

Apakah TabunganKu BRI Bisa Transfer Ke Rekening Lain?

Produk TabunganKu sudah jelas tidak memberikan sebuah kartu ATM. Lalu bagaimana cara mengambil uang di TabunganKu BRI?. Bagaimana agar produk TabunganKu bisa transfer ke rekening atau bank lain?. Jawabannya adalah melalui konter teller. Jumlah maksimal penarikan uang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, karena dana yang tersimpan adalah uang Anda sendiri.

Disamping tidak menerima kartu ATM, Anda tidak bisa menikmati fasilitas SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Tapi tidak perlu khawatir, meskipun tidak menerima fasilitas tersebut Anda masih bisa menerima transfer yang dilakukan oleh orang lain melalui rekening Bank sejenis ataupun Bank lain.

Baca Juga :
Syarat Dan Cara Pendaftaran Tabungan Haji BRI

Berapa Suku Bunga TabunganKu BRI?

Suku bunga TabunganKu Bank BRI terbilang rendah, yaitu hanya sekitar 0,75% per tahun. besaran bunga tersebut dihitung secara harian. Selain suku bunga, ada daftar biaya administrasi yang harus Anda lihat. Meskipun dibilang gratis namun itu untuk biaya bulanan. Silahkan pahami tabel di bawah ini.

Jenis PembiayaanJumlah Biaya
Setoran Awal Pembukaan RekeningMinimal Rp 20.000,-
Biaya Setoran BerikutnyaMinimal Rp 10.000,-
Jumlah Saldo Minimal TabunganKu BRIRp 20.000,-
Biaya Administrasi Bulanan-
Denda Di Bawah Saldo Minimum-
Biaya Pergantian Buku Karena Penuh-
Biaya Pergantian Buku Karena Rusak-
Denda Penutupan RekeningRp 20.000,-
Penarikan Dana TunaiMinimal Rp 100.000,-
Suku BungaDihitung secara harian

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan TabunganKu BRI?

Produk simpanan TabunganKu sudah ada sejak program pemerintah tahun 2010 Era Bpk Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai Presiden. Tidak hanya di BRI, Anda akan menemukan juga pada 70 bank nasional dan Bank daerah. Nah, yang perlu diketahui ialah produk TabunganKu antar Bank tidak selalu sama. Khusus di BRI, Anda akan menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dari simpaan TabunganKu.

Kelebihan TabunganKu BRI

  • Syarat pengajuan pembukaan rekening mudah.
  • Proses pembuatan rekening cepat.
  • Jumlah setoran awal dan setoran berikutnya terjangkau.
  • Mendapatkan fasilitas buku tabungan sebagai bukti atas kepemilikan rekening.
  • Gratis biaya administrasi perbulan.

Kekurangan TabunganKu BRI

  • Belum tersedia fasilitas kartu ATM.
  • Belum tersedia fasilitas SMS banking, mobile banking, dan internet banking.
  • Tidak bisa transfer ke rekening sejenis sesama Bank maupun ke Bank lain.

Itu saja sedikit informasi yang dapat Kami sampaikan. Apakah sudah siap menabung dengan setoran awal yang murah melalui TabunganKu BRI?. Silahkan bawa persyaratan yang sudah disebutkan di atas. Jika sudah memiliki rekening TabunganKu, ajak juga orang yang ada disekitar Anda untuk menabung. Jika sudah terkumpul Anda bisa membeli dan melakukan apa saja yang Anda inginkan.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.