Tahapan Xpresi BCA Tanpa Buku Tabungan?, Ini Syaratnya!

Posted on

Tahapan Xpresi termasuk salah satu jenis tabungan BCA yang bermanfaat untuk mengelola keuangan Anda. Hadirnya produk ini memberikan berbagai keuntungan yang tidak dimiliki oleh kompetitornya seperti Bank BNI, BRI, Mandiri, dll. Sebab Anda bisa main game online, belanja online di berbagai e-commerce menggunakan internet banking KlikBCA. Disamping itu, Anda bisa buat rekening tabungan tahapan Xpresi BCA tanpa buku tabungan serta desain kartu ATM bisa dibikin custom sesuai permintaan nasabah.

Berdasarkan pengalaman pribadi membuka Xpresi BCA, Saya membuat rekening tanpa harus datang ke kantor cabang. Kok Bisa?. Iya, kebetulan ada sebuah Mall yang menyediakan tempat membuka Xpresi BCA di Surabaya yang buka selama 7 hari meskipun itu tanggal merah. Karena saya belum memiliki produk tersebut, maka saya memberanikan diri untuk bikin rekening. Disitu Saya sempat bingug karena proses pembukaan dilakukan secara online. Herannya lagi rekening yang Saya dapatkan tanpa dibekali adanya buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.

Bagi yang belum memiliki produk tabungan atau simpanan Expresi Bank BCA, Saya rekomendasikan banget. Kenapa?, tentu saja karena produk ini sangat memuaskan dan pengelolaan finansial sangat mudah. Selain itu desain kartu debit ATM bisa didesain secara suka-suka atas permintaan Anda sendiri baik foto pribadi, pacar, maupun keluarga. Lalu bagaimana syarat bikin tahapan Xpresi BCA?. Selengkapnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Xpresi BCA?

Tahapan Xpresi BCA adalah tabungan yang diluncurkan bagi anak muda millenial yang kreatif, xpresif, dan dinamis, sehingga berpenampilan semakin eksis, beda, serta berkarakter. Penggunaan produk ini lebih praktis karena bisa tanpa buku rekening, serta sangat mudah dalam melakukan cek saldo, mutasi, dan bertransaksi menggunakan fasilitas e-Banking. Kartu ATM yang diberikan kepada nasabah dapat digunakan di merchant yang berlogo Debit BCA.

Apa Saja Keuntungan  Tahapan Xpresi BCA?

Poduk simpanan Anak muda memang beda. Hak ini terbukti dengan berbagai kelebihan yang memberikan ruang untuk nasabah agar tetap selalu penuh gaya dan tampil eksis. Adapun keuntungan tahapan Xpresi BCA yang bisa Anda rasakan diantaranya ialah:

  • Terdapat sebuah komunitas tahapan xpresi yang bisa dimanfaatkan untuk sharing via online antara pihak Bank dengan masyarakat, khususnya nasabah. Anda bisa menemukan sebuah forum tahapan Xpresi di jejaring media sosial facebook.com/XpresiBCA dan twitter @XpresiBCA.
  • Biaya setoran awal buka rekening tahapan xpresi yang murah, yakni sebesar Rp. 50.000
  • Proses pembuatan rekening cepat karna tidak harus mengantri di konter teller.
  • Rekening tanpa buku tabungan, namun bisa cek saldo, mutasi atau transaksi dengan fasilitas e-Banking.
  • Kartu ATM memiliki fungsi sama seperti Paspor BCA, yakni Debitdan Tunai BCA.
  • Sesaat setelah pembukaan rekening, bisa langsung aktivasi layanan KlikBCA dan m-BCA
  • Kartu ATM bisa dipakai di mershant berlogo debit BCA, serta untuk tarik dana tunai di mesin ATM, Prima, dan jaringan Cirrus.
  • Bisa digunakan untuk pembayaran game online, beli pulsa, beli tiket blitz, serta belanja lewat online lainnya melalui e-Commerce dengan menggunakan internet banking KlikBCA.com.

Syarat Membuka Rekening Tahapan Xpresi BCA

Tabungan Xpresi bisa dimiliki oleh semua umur. Kendati demikian usia nasabah dibagi menjadi 3 kategori, yaitu 0–12 tahun, 12–17 tahun, dan 17 ke atas. Masing-masing golingan usia tersebut memiliki persyaratan pembukaan tersendiri. Adapun syarat buka rekening tahapan Xpresi BCA adalah sebagai berikut.

Kategori UsiaPersyaratan
Dewasa (>17 tahun)Melampirkan Identitas Diri, berupa KTP/ Paspor).
Fotokopi NPWP (jika ada).
Remaja (12 – 17 tahun)Menyertakan Kartu Pelajar Asli/ Surat Keterangan dari Sekolah
Fotokopi Identitas Orang Tua, berupa KTP/ Paspor.
NPWP atas nama orang tua (Jika ada)
Surat Pernyataan persetujuan pembuatan rekening dari Orang Tua
Formulir pengajuan pembukaan rekening
Anak-anak usia <12 tahunIdentitas diri Asli Orang Tua, berupa KTP/ Paspor
Fotokopi surat Akte Kelahiran/ Kartu Identitas Anak
NPWP Orang Tua (Jika Ada).

Baca Juga : ” 10 Jenis Tabungan BCA Terbaru Yang Menguntungkan Nasabah

Bagi calon nasabah remaja yang tidak memiliki kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah, wajib mengikuti persyaratan yang berlaku pada nasabah anak-anak. Diusahakan untuk calon nasabah anak-anak saat melakukan pembukaan rekening didampingi orang tua/ wali. Nah, sebelum melakukan pengajuan sebaiknya Anda melengkapi formulir aplikasi pembukaan rekening serta pastikan bahwa syarat dokumen sudah lengkap semua.

Berapa Biaya Administrasi Tahapan Xpresi BCA?

Bank BCA memberikan sejumlah biaya administrasi dan limit transaksi yang kompetitif untuk semua produk dan layanannya. Selengkapnya bisa Anda lihat pada tabel biaya administrasi dan limit transaksi Tahapan Xpresi BCA di bawah ini.

NoJenis PembiayaanJumlah Biaya Administrasi
1Setoran awalMinimum Rp. 50.000
2Seoran selanjutnyaMinimum Rp. 50.000
3Saldo mengendap di dalam rekening Xpresi BCAMinimum Rp. 10.000
4Biaya Perawatan dan/atau Ganti KartuRp. 25.000
5Biaya Penutupan RekeningRp. 10.000
6Biaya Administrasi per bulanRp. 7.500
Biaya Transaksi melalui konter
1Setor dana tunaiGratis
2Transfer per transaksiRp 15.000
3Tarik dana TunaiRp 15.000

Suku Bunga Tahapan Xpresi

Suku bunga tahapan Xpresi BCA berlaku efektif sejak 1 april 2020, dan akan diperbaharui seiring dengan kondisi pasar global bisnis finansial. Nah, yang perlu dipahami disini, Anda akan memperoleh bunga yang jumlahnya disesuaikan dengan saldo minimal BCA Anda. Kendati demikian Anda jangan heran karena jumlahnya tidak banyak dibandingkan dengan bunga pinjaman. Lihat tabel berikut ini.

Jumlah saldo Suku Bunga (p.a)
< Rp 1 Juta 0%
≥ Rp 1 Juta 0,1%

Untuk suku bunga tabungan memang rendah daripada kredit pinjaman. Sebabyang namanya tabungan secara tidak langsung uang Anda dipinjam oleh perbankan, sehingga bunga yang diberikan kecil. Berbeda dengan pinjaman yang kita ambil akan ditetapkan bunga dengan jumlah yang tinggi.

Berapa Limit Transfer BCA Xpresi?

Adapun limit transaksi rekening tabungan tahapan Xpresi BCA adalah sebagai berikut:

Jenis kegiatan transaksiLimit Transfer
Batas Penarikan Dana TunaiRp. 7 Juta
Jumlah Maksimal Transfer Sesama Rekening BCA Per HariRp. 25 Juta
Biaya Transfer Rekening BCA Ke Rekening BCA Valas Per HariRp. 15 Juta
Transfer Dari BCA Ke Bank Lain Per HariRp. 10 Juta
Batas Limit Debit Per HariRp. 25 Juta
Batas Setoran Tunai Per HariRp. 15 Juta

Apa Perbedaan Tahapan BCA Dan Xpresi?

Jika dibandingkan dengan tabungan tahapan BCA, Xpresi jauh lebih menguntungkan nasabah. Diantara keuntungan tahapan Xpresi BCA ialah bisa dibuka oleh semua kalangan umur baik anak-anak, pelajar dan mahasiswa, hingga orang dewasa. Bagi yang masih belum memiliki KTP, persyaratan pembukaan rekening bisa menggunakan akte kelahiran atau kartu pelajar. Selain itu, pembukaan produk mewajibkan nasabah supaya melampirkan NPWP, akan tetapi Anda bisa membuka tabungan BCA tanpa NPWP.

Tabungan tahapan dan Xpresi sama-sama dilengkapi dengan fasilitas e-banking atau elektronik banking yang terdiri atas ATM, internet banking, mobile banking, dan SMS banking. Akan tetapi khusus untuk kartu ATM ada yang berbeda, yakni pada tahapan BCA terdapat 3 macam kartu yaitu silver, gold, dan platinum. Dari ketiga macam tipe kartu ATM tersebut memiliki biaya administrasi dan limit transaksi berbeda. Urutannya dari yang termurah hingga terbesar atau termahal ialah silver, gold, dan platinum.

Kartu ATM Xpresi BCA dilengkapi dengan desain khusus yang bisa dibuat atas kemauan nasabah pemilik rekening. Anda bisa memilih gambar yang totalnya ada 50 desain, termasuk yang bisa dikmbinasi dengan foto Anda. Limit transaksi tahapan Xpresi BCA sama dengan kartu ATM silver. Perlu untuk diketahui bahwa kelas kartu ATM silver bisa di upgrade menjadi gold maupun platinum. Sedangkan kartu ATM tahapan Xpresi hanya bisa diganti desain saja.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.