Syarat Membuka Rekening Tabungan Tahapan BCA

Posted on

Tabungan Tahapan BCA tidak hanya digunakan sebagai tempat simpanan atau menabung uang saja. Produk ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Kartu ATM atau kartu debit yang dapat digunakan untuk kegiatan tarik dana tunai. Disamping itu Anda juga bisa menggunakannya sebagai alat transfer sekaligus menerima uang, bayar tagihan, beli pulsa, serta belanja online. Uniknya lagi Anda akan diberi kemudahan dengan adanya layanan internet banking meliputi m-Banking, SMS Banking, serta informasi via e-mail. Lalu apa sajakah syarat membuka rekening tahapan BCA?.

Persyaratan buka rekening tahapan BCA tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan cepat. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Bank BCA memiliki nasabah sangat banyak. Disamping pelayanannya yang sangat baik jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Bank BRI, namun biaya administrasi bulanan jauh lebih mahal. Kendati demikian sebagai “smart people” tentu akan mengutamakan pelayanan daripada biaya admin karena selisihnya cuma sedikit.

Berdasarkan pengalaman pribadi, Admin danasabah.com akan menceritakan tentang biaya administrasi tabungan tahapan BCA. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Bank konvensional maupun syariah lainnya, dimana pada produk tersebut akan ada biaya potongan per bulan, biaya transfer antar bank lain, serta saldo dibawah minimum. Nah, bagi Anda yang akan membuka rekening BCA ini ada baiknya membaca beberapa syarat yang harus dipenuhi, serta memahami cara pembuatan rekening dari awal mendaftar hingga bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Apa Itu Tabungan Tahapan BCA?

Tahapan BCA adalah produk simpanan perorangan yang diluncurkan demi kenyamanan dalam mengelola keuangan nasabah. Produk tabungan ini dilengkapi dengan paspor BCA yang dapat difungsikan sebagai Kartu ATM, Debit, dan tunai. Kegunaan kartu BCA tersebut bisa digunakan untuk tarik, setor dan transfer dana, membayar tagihan, serta sebagai alat pembayaran barang dan jasa.

Ada 3  pilihan kartu paspor BCA yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan finansial Anda, antara lain:

  1. Paspor BCA Blue (Biru),
    adalah jenis kartu yang cocok digunakan untuk kegiatan transaksi melalui online, debit, ataupun tarik uang tunai dengan limit maksimal Rp 10 juta per hari. Apabila dilakukan  melalui mesin ATM, Anda bisa transfer hingga Rp 50 juta.
  2. Paspor BCA Gold (Emas),
    adalah jenis kartu yang cocok dipakai saat melakukan transaksi mulai dari Rp 10 juta sampai dengan Rp 75 juta. Anda bisa bertransaksi di berbagai merchant dengan menggunakan debit.
  3. Paspor BCA Platinum,
    adalah jenis kartu ATM yang cocok saat bertransaksi hingga Rp 100 juta. Limit debit kartu ATM Platinum ini mencapai Rp 100 juta.

Apa Saja Keuntungan Tabungan Tahapan BCA?

Adapun keuntungan yang dihadirkan oleh produk Tahapan BCA adalah sebagai berikut:

  • Dapat melakukan tarik tunai pada jaringan ATM BCA, Prima, dan jaringan “Cirrus” yang tersebar di seluruh dunia.
  • Mudah dalam proses transfer antar rekening maupun transfer antar bank dalam negeri.
  • Pembayaran mulai dari rekening telepon, PLN, asuransi, Kartu Kredit, Pinjaman dan sampai pembelian pulsa dilakukan secara cass-less.
  • Tersedia fasilitas e-banking sehingga proses bertransaksi bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.
  • Memiliki tingkat keamanan yang tinggi, karena didukung dengan adanya Pin ATM BCA, PIN m-BCA dan Key BCA.
  • Pemberitahuan kegiatan transaksi atas rekening bisa disinkronkan dengan SMS atau e-Mail sesuai dengan kebutuhan.

Syarat Membuka Rekening Tabungan Tahapan BCA

Salah satu jenis tabungan BCA yang paling banya digunakan oleh nasabah adalah Tahapan BCA. Oleh sebab itu pembahasan kali ini terfokus sesuai dengan judul artikel. Apabila Anda menginginkan produk tabungan yang ada di Bank BCA lainnya, setidaknya ada 10 macam. Perlu diketahui bahwa masing-masing tabungan Bank BCA memiliki keunggulan tersendiri. Misalnya memilih produk tabungan Xpresi, tabungan anak-anak, mahasiswa, berjangka, dsb. Anda bisa memiliki produk tersebut asalkan memenuhi syarat dan ketentuan.

Baca Juga : 10 Jenis Tabungan BCA Untuk Nasabah Perseorangan

Karena judul artkel ini tentang tabungan tahapan BCA, maka pembahasan kali ini fokus pada ini saja. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir, sebab jenis rekening tabungan BCA ini lebih dari cukup untuk menyimpan uang, transfer, pembayaran toko online, dll. Anda juga akan mendapatkan sebuah buku tabungan sebagai bukti atas kepemilikan rekening. Selain itu juga diberi fasilitas kartu ATM, fitur SMS banking, mobile banking, serta internet banking.

Sebelum mengajukan pembukaan, ada baiknya persiapkan terlebih dahulu syarat buka rekening tahapan BCA. Pengajuan akan ditolak jika masih ada yang kurang. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

  1. Diajukan oleh nasabah perorangan (bisa juga diajukan oleh sebuah yayasan)
  2. Melampirkan data identitas diri yang masih berlaku seperti KTP/ SIM, serta NPWP
  3. Menyerahkan biaya setoran awal minimal Rp 500.000
  4. Melengkapi formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan BCA

Cara Membuat Rekening Tabungan Tahapan BCA

Setelah merasa cukup dalam mempersiapkan semua syarat yang dibutuhkan, selanjutnya tinggal mempraktekan cara membuat rekening di Bank BCA online ataupun offline. Tentunya Anda bisa melakukannya tanpa ribet karena proses pembuatannya sangat mudah dan juga cepat. Jika pembukaan dilakukan secara online bisa dilakukan melalui website Bank BCA.Namun untuk pembukaan secara offline yang pertama kali harus dilakukan ialah mencari dan menentukan lokasi Bank BCA terdekat. Sebab seperti yang diketahui bersama, bahwa rata-rata kantor cabang Bank BCA banyak tersebar di daerah kota dan belum merata di Desa.

Sesampainya di lokasi tujuan, Anda bisa langsung mengambil antrian pada bagian Customer Service (CS). Jika tidak mengerti bisa menanyakan pada pihak security yang sedang bertugas dilokasi Anda berada. Apabila tiba waktunya nomor antrian Anda dipanggil oleh pihak CS, sampaikan maksud dan tujuan kedatangan Anda bahwa mau membuka rekening tabungan tahapan BCA. Dengan senang hati pihak CS akan membantu setiap kendala yang dihadapi terkait dengan produk yang Anda pilih.

Selanjutnya, petugas Customer Service (CS) akan menjelaskan tentang produk pilihan Anda dan kemudian akan memberikan sebuah formulir pengajuan pembukaan rekening. Jangan lupa saat itu juga berikan persyaratan yang sudah Anda persiapkan dari rumah. Isilah form permohonan tersebut secara lengkap dan serahkan kembali ke CS jika sudah selesai. Nah, untuk proses selanjutnya Anda akan disuruh menyerahkan setoran awal sebesar Rp 500.000 sebagai saldo rekening Anda.

Proses pembuatan rekening tahapan BCA belum selesai loh ya. Sebab Anda harus meminta tolong kepada CS agar membantu langkah aktivasi e-banking. Perlengkapan yang dibutuhkan ialah smartphone, alamat email, nomor hp, dan yang paling penting ialah jaringan internet. Apabila sudah selesai, maka Anda sudah boleh pulang dan bisa menggunakan tabungan Anda.

Biaya Administrasi Tabungan Tahapan BCA

Semua bank konvensional ataupun syariah akan memberlakukan biaya kepada nasabahnya. Adanya biaya tersebut bertujuan untuk perputaran bisnis sekaligus sebagai operasional lembaga keuangan terkait. Tidak terkecuali produk tabungan yang diluncurkan oleh Bank BCA, yaitu simpanan tahapan.

Adapun biaya administrasi tabungan tahapan BCA dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Biaya Administrasi tabungan Tahapan BCA

Suku Bunga Tabungan Tahapan BCA

Suku bunga tahapan BCA diberikan kepada nasabah sebagai bentuk terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Artinya, bunga tabungan tahapan BCA merupakan sejumlah uang yang Anda peroleh karena sudah menyimpan uang pada lembaga keuangan tersebut. Dengan kata lain. secara tidak sadar uang yang Anda tabung telah dipinjam oleh Bank BCA untuk biaya operasional bisnis mereka, contohnya pinjaman. Oleh sebab itu jumlah suku bunga yang diberikan tidaklah besar.

Berlaku efektif sejak tanggal 1 April 2020, biaya dan limit serta suku bunga tabungan tahapan BCA dapat Anda lihat pada tabel yang terlampir di bawah ini.

Jumlah Saldo Dalam Rekening Suku Bunga (p.a)
< Rp 1 Juta 0%
≥ Rp 1 Juta s.d < Rp 50 Juta 0,10%
≥ Rp 50 Juta s.d < Rp 500 Juta 0,15%
≥ Rp 500 Juta s.d < Rp 1 Milyar 0,25%
≥ Rp 1 Milyar 0,65%

Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan Tahapan BCA

Orang bijak menyatakan, bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Terbukti dengan hadirnya produk tabungan Tahapan BCA terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi demi kenyamanan nasabah, BCA telah menutupinya dengan memperbanyak keuntungan sehingga kelemahan yang ada dapat disembunyikan. Anda bisa melihatnya pada daftar dibawah berikut ini.

Kelebihan Tahapan BCA

  • Dapat melakukan aktivitas tarik dana tunai pada jaringan ATM BCA, ATM Prima,  ATM Cirrus baik di dalam maupun luar negeri yang jumlahnya hingga ribuan unit.
  • Produk simpanan tahapan BCA ini bisa dijadikan sebagai jaminan kredit.
  • Pemberitahuan aktivitas transaksi rekening bisa dikaitkan dengan layanan SMS/ e-Mail, termasuk notifikasi informasi saldo, tarikan Warkat, Tarikan Khusus, transaksi kredit maupun debit.
  • Dapat digunakan untuk pembayaran listrik, pinjaman, hingga belanja online.
  • Dapat bergabung dengan komunitas Tahapan BCA yang terdiri dari jutaan nasabah dengan berbagai profesi.
  • Jaminan atas keamanan dan kenyamanan setiap kegiatan transaksi.

Kekurangan Tahapan BCA

  • Setoran awal sangat mahal, yaitu sebesar Rp 500.000
  • Biaya administrasi provider produk dana rupiah rekening Tahapan TKI dikenakan biaya sebesar Rp 1.000
  • Kemungkinan terjadi fluktuasi suku bunga sesuai dengan perkembangan pasar

Itulah pembahasan yang dapat Kami sampaikan mengenai syarat membuka rekening tabungan tahapan BCA. Apabila terdapat kekurangan atau kesalahan, Kami mohon dikoreksi dan silahkan menghubungi Kontak situs (danasabah.com) Kami. Namun jika merasa puas, sampaikanlah kepada orang yang berada di sekitar Anda. Terimakasih.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.