Cara Menghapus Data Pribadi Dari Pinjaman Online

Posted on

 

Cara menghapus data dari pinjaman online memang menjadi salah satu kendala yang harus diselesaikan. Jika masih terdapat data diri Anda, biasanya pihak pemberi pinjaman (financial technologi/ fintech) akan terus memberi informasi tagihan bahkan sampai diancam. Karenanya, cara yang paling baik adalah dengan membayar angsuran perbulan hingga lunas. Tapi mau bagaimana lagi wong namanya hidup selalu dipenuhi dengan kebutuhan yang sifatnya mendesak. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir karena seiring dengan perkembangan teknologi, Anda bisa melakukan berbagai langkah menghilangkan jejak data pribadi dari pinjaman online.

Ketika Anda ingin mengamankan agar pinjaman online tidak bisa mengakses kontak Anda, cobalah ingat kembali saat pengajuan pinjaman. Biasanya sesaat setelah menginstal aplikasi pinjaman online dan mengajukan kredit, secara otomatis Anda mengijinkan data Anda dibaca oleh pihak pemberi kredit. Adapun data akun yang diizinkan untuk di akses meliputi kontak, dan file yang ada di Hp Anda. Tidak heran meskipun belum mengajukan secara resmi mereka sudah tahu terlebih dahulu. Sebab jika pengajuan dilakukan, Anda akan diminta melampirkan berbagai syarat seperti foto ktp, alamat lengkap dan sebagainya.

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

Banyak pertanyaan yang menanyakan tentang apakah data pribadi yang ada di aplikasi pinjaman online bisa dihapus atau tidak?. atau apakah ada jasa hapus data pinjol?. Jika ada oknum yang mampu melakukannya, mereka sedang menyebar hoax untuk mencari keuntungan sepihak. Sebab Anda tidak bisa hack aplikasi untuk kabur dari pinjaman online. Bagaimana mau kabur, sudah mendapatkan pinjaman uang tunai, loh. Terus apa yang harus Anda lakukan?, sedangkan banyak pesan hingga ancaman masuk ke dalam gadget Anda.

Sebelum tahu cara bagaimana cara menghapus data dari pinjaman online, Anda harus tahu apakah bisa melakukan cara memanipulasi data di pinjol. Proses memanipulasi ada yang berhasil dan ada pula yang gagal. Semua tergantung rejeki amal baik debitur atau penerima kredit. Untuk mencobanya silahkan Anda lakukan langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah memanipulasi data pribadi di aplikasi pinjaman online:

  1. Siapkan gadget atau handphone.
  2. Hitung jumlah kontak yang ada di Handphone. Misalnya ada 200 daftar kontak.
  3. Siapkan nomor kontak sesuai dengan jumlah yang ada di daftar kontak handphone.
  4. Sertakan nomor kontak yang menurut Anda penting, misalnya diberi nama tokoh masyarakat atau publik figur.
  5. Matikan koneksi internet
  6. Uninstall seluruh aplikasi pinjol, termasuk aplikasi WhatsApp.
  7. Ubah setiap nomor kontak, misalnya ubah di angka paling belakang. Nama kontak dibiarkan saja.
  8. Setelah data berhasil diubah, silahkan hidupkan kembali data internet Anda. Maka seluruh kontak akan tersinkronisasi.
  9. Cek dengan cara tiktok dengan 2-3 orang yang ada di dalam kontak untuk memastikan berhasil atau tidak. Jika berhasil, teman Anda akan mendapatkan broadcast atas pinjaman Anda.

Mengapa harus dimanipulasi?. Bukankah kasihan teman yang akan menerima berbagai informasi dari pinjol?. Ingat, kebanyakan fintech yang mengakses data Anda adalah ilegal, artinya tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, sebaiknya Anda mengajukan kredit di tempat pinjol terpercaya dan sudah legal. Kendati demikian baik di fintech legal ataupun ilegal cara menghapus data dari pinjaman online akan sangat sulit dilakukan. Namun Anda bisa mengamankan data kontak dari pinjaman online dengan cara berikut ini:

Cara mengamankan data kontak dari pinjaman online

  1. Matikan jaringan internet dan GPS Hp Anda.
  2. Cari aplikasi pinjaman online yang ada di hp Anda lalu unistall.
  3. Ganti kartu sim Anda dengan yang baru agar tidak bisa dihubungi.
  4. Uninstall aplikasi media sosial seperti WA, Line, IG, facebook, dll, kemudian daftar atau ganti dengan nomor yang baru.
  5. Segera lunasi pinjaman Anda dan silahkan minta bantuan kepada call centre aplikasi pinjol yang bersangkutan untuk penghapusan data pribadi.
  6. Jika masih menghubungi Anda, apalagi menggunakan ancaman ataupun gangguan yang berlebihan segera laporkan ke OJK untuk diproses lebih lanjut.

Perlu diketahui bahwa dampak yang akan dihadapi akibat tidak membayar pinjaman online, maka nama Anda akan masuk ke dalam daftar BI Checking. Jika sudah terdaftar, berarti Anda sudah diblacklist dan dicap buruk serta tidak dipercaya lagi ketika meminjam uang ke lembaga keuangan, terutama yang legal dan terdaftar OJK.

Penetapan blacklist atau BI Checking berlaku setelah tidak membayar angsuran selama 3 bulan. Selama 3 bulan tersebut Anda akan lebih sering menerima peringatan pembayaran pinjaman melalui sms, email, tlp dan lain-lain. Apabila masih mengabaikan peringatan tersebut, perusahaan pinjaman online menyuruh pihak ketiga, yakni debt collector. Namun jika masih saja tidak mau nurut dengan debt collector barulah perusahaan akan melaporkan Anda ke biro kredit dan kalian sebagai nasabah akan diberi catatan negatif. Dengan demikian Anda sudah tidak bisa mengajukan pinjaman seumur hidup di lembaga keuangan manapun.

Demikianlah serangkaian mengenai cara menghapus data dari pinjaman online yang dapat Kami sampaikan. Mudah-mudahan bisa menghilangkan jejak akun yang sudah melekat di dalam data base aplikasi pinjaman online. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan beritahu ke orang yang berada disekitar Anda. Namun jika kurang paham ataupun terdapat kesalahan silahkan hubungi Kontak Kami melalui form kontak atau komentar yang sudah dipersiapkan. Terimakasih.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.