Tabel Angsuran KUR Mandiri Plafond 5 Juta – 500 Juta

Posted on

Apabila Anda sedang mencari informasi tentang Tabel angsuran KUR Mandiri, bacalah artikel ini sampai selesai. Sebab sebelum mengajukan sebuah kredit ada baiknya debitur mengetahui daftar jumlah pinjaman dan jangka waktu pelunasan kredit yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan supaya debitur atau peminjam bisa lebih leluasa mengelola usaha atas pinjaman yang didapatkannya. Kendati suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sangat rendah, namun sebenarnya memiliki besaran yang sama dengan jenis pinjaman Mandiri lainnya.

Kredit usaha rakyat (KUR) sudah menjadi progam pemerintah untuk pengembangan usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan adanya KUR ini diharapkan mampu memajukan UMKM, sehingga bisa mengatasi angka kemiskinan dan bisa meningkatkan ekonomi nasional. Oleh sebab itulah seluruh perbankan milik pemerintah seperti BRI, BNI, BTN, hingga Bank Mandiri mampu menyalurkannya, termasuk cabang yang berbadan hukum Syariah. Tidak hanya itu, bahkan Bank Swasta seperti BCA pun turut serta dalam menyelamatkan kondisi perekonomian Indonesia.

Sesuai dengan peraturan terbaru tahun 2020 dari pemerintah yang menyatakan bahwa fasilitas pinjaman dana KUR Mandiri produktif berbunga 6% p.a atau 0,2% perbulan. Besaran suku bunga tersebut berlaku semenjak awal bulan januari 2020. Proses mengajukan KUR Mandiri bisa dilakukan tanpa jaminan ataupun menggunakan jaminan, tergantung dari kemauan debitur. Akan tetapi perlu digarisbawahi, bahwa untuk mempercepat pencairan terkadang harus mengorbankan asset yang Kita miliki. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan Sertifikat rumah atau tanah, BPKB Motor/ mobil, dan sebagainya. Jika memang Anda berminat, simak uraian mengenai syarat dan tabel angsuran KUR Mandiri di bawah ini.

Apa Itu KUR Mandiri?

KUR Mandiri merupakan sejumlah kredit atau pinjaman yang diberikan oleh pemerintah (kreditur) kepada nasabah (debitur) dengan suku bunga pinjaman paling rendah. Manfaat dari pinjaman dana KUR adalah untuk menambah bantuan modal usaha, khususnya bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Modal usaha yang dimaksud ialah sebagai tambahan modal kerja ataupun investasi.

Jenis KUR Di Bank Mandiri

Adapun jenis pinjaman KUR yang ditawarkan oleh Bank Mandiri adalah sebagai berikut:

  • KUR Mikro Mandiri

Jenis KUR Mandiri yang pertama ini memberikan jumlah pinjaman dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur. Sedangkan jangka waktu pelunasan kredit maksimal selama 2 tahun. Anda bisa mengajukan KUR Mikro Mandiri dengan ataupun tanpa jaminan tergantung ketentuan perbankan.

  • KUR Ritel Mandiri

Jumlah limit kredit KUR Ritel Mandiri yang bisa Anda ajukan mulai dari >Rp 25 juta hingga Rp 200 juta per debitur. Jangka waktu pelunasan kredit tergantung dari kegunaan dana pinjaman. Anda bisa mengangsur dengan membayar cicilan maksimal selama 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

  • KUR TKI Mandiri

Seperti halnya KUR Mikro, limit kredit yang diberikan melalui jenis KUR TKI maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur. Jumlah cicilan sesuai dengan tabel angsuran kur mandiri pada brosur kredit usaha rakyat juga sama saja. Perbedaannya ialah dana pinjaman akan diberikan kepada nasabah yang berstatus sebagai calon TKI dan akan berangkat ke negara penempatan. Untuk jangka waktu pelunasan kredit disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal selama 1 tahun.

  • KUR Khusus Mandiri

Sesai dengan namanya, jumlah limit pinjaman KUR Khusus Mandiri mulai dariĀ  Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta. Dana tersebut diberikan kepada kelompok komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat yang dikelola secara bersama dalam bentuk cluster dengan menggunakan Mitra Usaha.

Syarat KUR Mandiri

Persyaratan pengajuan pinjaman KUR di Bank Mandiri tidak jauh berbeda dengan Kredit Usaha Rakyat di bank lainnya. Adapun syarat mengajukan KUR Mandiri yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Persyaratan Umum:

  1. Debitur berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI),
  2. Minimal berusia 21 Tahun atau sudah menikah,
  3. Khusus Calon debitur jenis KUR TKI yang berusia minimal 18 tahun, wajib melampirkan surat pernyataan dan surat persetujuan bekerja diluar negeri dari orang tua/wali .
  4. Memiliki usaha produktif minimal selama 6 bulan dengan kriteria sebagai berikut :
    a). Memiliki tanggungan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaran Bermotor (KKB), Kartu Kredit dan resi gudang yang dibayar secara lancar.
    b). Masih memiliki kuota kredit produktif selain KUR, dan harus disertai dengan surat keterangan lunas/ roya yang dibuktikan dengan melampirkan cetakan rekening dari kreditur/ pembiayaan sebelumnya.

Baca Juga : Syarat Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI

Persyaratan Dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Fotocopy e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku.
  • Fotocopy Surat Keterangan sudah menikah/ cerai (bagi yang sudah menikah/ cerai).
  • Menyertakan Surat Izin pendirian usaha, seperti SIUP, SITU, IUMK, Surat keterangan domisili usaha, dan Surat keterangan usaha lainnya yang dikeluarkan oleh kelurahan atau pihak berwenang.
  • Menyertakan surat berharga asli sebagai jaminan, misalnya: Sertifikat rumah/ tanah, BPKB Motor/ mobil, dll.
  • Formulir Permohonan Kredit
  • Pas foto 4×6 suami & istri terbaru,
  • NPWP (Untuk pengajuan kredit >Rp 50 Juta)

Cara mengajukan pinjaman KUR Mandiri

Untuk saat ini belum tersedia pinjaman KUR Mandiri Online. Kalaupun sudah ada, ketika proses pengajuan Anda harus tetap diminta datang ke kantor cabang untuk melakukan verifikasi data. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan pengajuan secara offline saja. Nah, adapun langkah-langkah mengajukan pinjaman KUR di Bank Mandiri dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut ini.

Pertama Anda langsung datang ke kantor cabang Mandiri sesuai dengan domisili KTP Anda dengan membawa persyaratan yang sudah disebutkan di atas. Apabila tidak sesuai dengan domisili, Anda harus meminta surat keterangan tempat tinggal dari kelurahan tempat Anda tinggal. Nah, sesampainya di lokasi, silahkan ambil antrian pada bagian Customer service (CS). Anda bisa menunggu panggilan sesuai nomor urut antrian Anda sambil membaca brosur pinjaman KUR Mandiri yang sudah dipersiapkan.

Sesaat setelah dipanggil dan berada di bagian CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau mengajukan Kredit Usaha Rakyat Mandiri. Nantinya Anda akan diberi penjelasan yang berkaitan dengan produk pilihan Anda mulai dari suku bunga, tabel angsuran KUR Mandiri, biaya denda, penalti, dan sebagainya. Setelah itu Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan kredit. Jangan lupa serahkan syarat yang sudah disiapkan bersamaan dengan formulir pengajuan kredit yang sudah selesai diisi.

Ketika sudah selesai, Anda bisa langsung pulang dan menunggu pihak Bank mensurvey rumah dan usaha Anda. Bisanya proses persetujuan pengajuan KUR di bank Mandiri membutuhkan waktu selama 3-14 hari kerja (tergantung jumlah debitur). Jika disetujui, Anda akan diminta datang ke kantor cabang tempat melakukan pengajuan guna melakukan penandatanganan kontrak kredit. Sejumlah dana pinjaman KUR Mandiri akan masuk ke dalam rekening tabungan Mandiri yang Anda miliki.

Tabel Angsuran KUR Mandiri

Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menghitung simulasi cicilan KUR Mandiri?. Jika belum, Anda bisa melihat tabel angsuran di bawah ini sebagai gambaran sebelum melakukan pengajuan pinjaman.

Tabel angsuran KUR Bank Mandiri
Tabel KUR Mandiri

Bandingkan dengan Tabel Angsuran KUR BNI

Tabel angsuran KUR Mandiri tersebut diatas hanya sebagai patokan dasar jika Anda memilih plafond dan tenor tertentu. Bukan masalah besar atau kecilnya pinjaman, sebab suku bunga yang diberikan memiliki nilai yang sama. Akan tetapi yang perlu diperhatikan ialah jumlah angsuranya harus disesuaikan dengan kemampuan perbulan finansial. Sebab angsuran atau cicilan yang harus Anda bayar memiliki jumlah yang tetap dan berkelanjutan.

Berapa Suku Bunga KUR Mandiri?

Jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya, besaran suku bunga KUR Mandiri sangat ringan yakni hanya sebesar 6% efektif per tahun. Berdasarkan tabel KUR Mandiri, jika dikonversikan menjadi bunga flat maka ditemukan suku bunga sebesar 0,2% per bulan.

Keringanan suku bunga tersebut dikarenakan mendapat subsidi dari pemerintah dalam upaya peningkatan ekonomi Negara khususnya Indonesia. Disamping itu seluruh pelaku UMKM sudah disediakan pinjaman KUR dengan target sebesar Rp 190 triliun.

Demikianlah pembahasan mengenai syarat, jenis, suku bunga, hingga tabel angsuran KUR Mandiri yang bisa Kami sampaikan. Selalu kelola keuangan Anda agar bisa membayar cicilan dengan lancar. Sebab jika mengalami kendala, maka Anda akan di denda. Lebih parahnya lagi, pinjaman yang menggunakan jaminan bisa disita. Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Ada kesalahan mohon hubungi kontak Kami yang sudah tersedia. Namun jika memang kurang paham bisa menanyakan langsung ke Kami atau ke kontak Bank Mandiri melalui call centre 14000 atau dengan mengunjungi halaman resmi mandiri.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.