3 Tempat Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair Tanpa Survey

Adakah tempat atau lembaga keuangan yang bisa menerima gadai sertifikat rumah 1 hari cair? Tentu jawabannya ada, tetapi bukan jawaban mutlak. Sebab lama proses pengajuan sampai pencairan juga sangat tergantung dari kondisi lembaga keuangan seperti persyaratan dan kesibukan kerja, sementara dari sisi nasabah berupa kelengkapan dokumen pribadi dan jaminan serta lokasi jaminan. Jadi tidak serta merta, langsung mengajukan kemudian cair, tentu ada proses yang namanya verifikasi data, penilaian dan survey lokasi jaminan.

Ada banyak lembaga keuangan bank maupun non yang menerima pinjaman jaminan sertifikat rumah, namun untuk proses yang cepat kita harus memilih. Khusus bank, semisal BRI, BNI, BCA Mandiri kemungkinan mustahil untuk cair pada hari itu juga. Sebab bank memiliki banyak nasabah dan jam kerja yang sibuk. Kalau berdasarkan pengalaman pribadi, proses verifikasi data saja membutuhkan waktu 1-3 hari, belum waktu survey dll. Jadi kalau pengen nyari yang cepat dan mendadak, bank bukan solusinya.

gadai sertfikat rumah 1 hari cair

Tempat Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Dari beberapa lembaga keuangan non bank, penulis merekomendasikan tempat untuk gadai sertifikat rumah di pegadaian, multifinance dan koperasi. Ada juga p2p lending atau istilah mudahnya pinjaman online yang sedang populer, namun tidak merekomdasikannya karena sering terjadi masalah perizinan dan bunganya terlalu tinggi dibanding lainnya.

Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Dari beberapa tempat, paling rekomendasikan adalah pegadaian. Pegadaian adalah lembaga miliki negara yang melayani gadai terpercaya, aman dan sudah lama berdiri. Walau bunga sedikit lebih tinggi, pegadaian memiliki keunggulan dari segi proses yang cepat, bahkan bisa 1 hari cair. Pegadaian juga bisa melayani gadai denagn sistem syariah. Jadi ga perlu khawatir bagi muslim yang ingin meminimalisir dari riba.

Layanan gadai pegadaian bisa diajukan di kantor cabang pegadaian disetiap kecamatan, bisa jjuga diajukan lewat aplikasi pegadaian digital. Plafon yang disediakan mulai dari Rp. 1.000.000 – Rp. 200.000.000 dengan jangka pilihan 12, 24, 36 dan bisa dilunasi sewaktu waktu tanpa terikat angsuran bulanan. serta dapat diperpanjang dengan membayar sebagian.

Ketentuan Nasabah :

  • Dokumen pribadi dan jaminan KTP, KK, PBB, IMB untuk UP lebih dari 50 juta dan Surat izn usaha untuk pelaku usaha serta SK karyawan dan surat izin atasan langsung untuk TNI/POLRI.
  • Minimal usia 21 tahun saat pengajuan dan 65 tahun saat kredit berakhir.
  • Bagi petani telah bertani minimal 2 (dua) tahun, pengusaha mikro telah berjalan lebih dari 1 (satu) tahun
  • Karyawan, minimal 0 (nol) tahun untuk internal Pegadaian dan minimal 1 (satu) tahun untuk eksternal
  • Profesional formal, memiliki izin praktek kerja dan telah berjalan minimal 1 (satu) tahun. Contoh: dokter, pengacara. dan Profesional non formal, tinggal dirumah milik sendiri (SHM/SHGB) dan telah berjalan minimal 2 (dua) tahun. Contoh: driver gojek/grab, tukang dll

Ketentuan Jaminan :

  • Tanah produktif yang berada di lokasi yang mudah dijangkau
  • Status tanah tidak bermasalah (Sengketa, tidak dijaminakan dkk)
  • Lokasi masih berada dalam naungan satu kantor wilayah yang sama
  • Memiliki IMB untuk pinjaman lebih dari 50 juta.
  • Bisa di akses minimal kendaraan roda dua.
  • Jarak minimal 20 (dua puluh) meter dari SUTET.
  • Bukan daerah banjir dalam 2 (dua) tahun terakhir dan bencana lain

Tahap Pengajuan

  • Nasabah datang dengan membawa jaminan dan dokumen persyaratan ke cabang kantor terdekat
  • Tim dari Pegadaian akan memverifikasi berkas dan survey lokasi (bisa dilakukan pada hari itu)
  • Tim mikro akan menyetujui atau menolak permohonan nasabah
  • Jika permohonan diterima oleh nasabah baik dalam bentuk tunai atau ditransfer ke rekening

Multi Finance

Ada banyak perusahaan multifinance yang ada di Indonesia dan menerima gadai sertifikat rumah. Multifinance terkenal seperti fif, adira, bfi, wom, kreditplus dan baf finance. Namun penulis akan memberikan salah satu contoh saja mengenai syarat dan ketentuannya karena tidak begitu jauh bedanya. Keunggulan dari multifinance ini adalah banyak pilihannya, prosesnya cepat, Kelemahannya bunga tinggi dan proses penagihannya agak ketat. Ada debcolector yang siap nagih kalau nunggak walau baru beberapa hari.

Penulis ambil di BFI Finance, Bfi finance melayani Pembiayaan jaminan sertifikat mulai dari 70 juta Rupiah. Bunga yang ditetapkan mulai dari 1,3% flat per bulan dengan Tenor 12-84 Bulan (karyawan) dan Tenor 12-60 Bulan (Wiraswasta). Wilayah opersional berada di Jabodetabek, Sidoarjo dan Surabaya.

Syarat gadai sertifikat di BFI finance

  • Warga Negara Indonesia umur 21-60 tahun
  • Status tempat tinggal rumah sendiri, pasangan, keluarga, kontrak tahunan
  • Profesi pekerjaan : Karyawan minimal tetap 2 tahun dan Wiraswasta 2 tahun)

Profil Rumah / Ruko

  • Kondisi Rumah ditempati atau dihuni dan berupa bangunan permanen
  • Lokasi Rumah berlokasi di cluster, komplek atau pemukiman. Lokasi ramai penduduk
  • Memiliki akses roda empat, minimal mobil
  • tidak dekat dengan fasilitas umum, sutet, kuburan
  • Jenis sertifikat SHM/SHGB atas nama sendiri, pasangan dan keluarga

Silakan ajukan gadai sertifikat di bfi finance terdekat di lokasi kalian dengan membawa dokumen dan jaminan. Bisa diajukan lewat formulir online : Form bfi finance

Baca juga : Gadai sertifikat di multifinance

Gadai Sertifikat Rumah 1 hari cair di Koperasi

Rekomendasi terakhir bagi yang mencari tempat gadai sertifikat rumah 1 hari cair adalah Koperasi Simpan Pinjam, KSP. Keuntungan di koperasi adalah responnya cepat, apalagi jika sudah kenal sama marketingnya bisa dibantu sampai proses pencairan. Bahkan kalau si marketing agak ngejar bonus, bisa dilakukan tanpa survey. Kekurangannya adalah jumlah pinjaman terbatas, perizinan kadang bermasalah dan bunganya tinggi.

Kalau di koperasi penulis tidak bisa merekomedasikan secara spesifik, karena ada banyak sekali koperasi dan biasanya jangkauannya tidak luas seperti bank, pegadaian maupun multifinance. Jadi bisa mencari di google map koperasi terdekat di lokasi kalian.

Itulah beberapa tempat gadai sertifikar rumah 1 hari cair di beberapa tempat mulai dari pegadaian, bank, multifinance maupun koperasi simpan pinjam. Cepat lambat proses tergantung dari kesibukan, prosedur, dan kelengkapn dokumen nasabah. Sekian semoga bermanfaat.

gadai sertfikat rumah 1 hari cair
Next Post

No more post

Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

You May Also Like