Syarat Membuat Rekening TabunganKu Mandiri

Posted on

 

Sebagai lembaga keuangan terbesar di Indonesia yang sekaligus milik pemerintah (BUMN), Bank mandiri memiliki jenis produk tabungan. Salah satunya yang sudah dikenal masyarakat umum ialah Tabunganku Mandiri. Dikeluarkannya produk tabungan tersebut karena banyak permintaan dari sebagian besar nasabah khususnya dengan pendapatan rendah. Oleh karenanya biaya administrasi yang dibebankan pun cukup rendah bahkan hampir tidak ada alias gratis.

TabunganKu Mandiri adalah jenis tabungan untuk warga Indonesia yang diperuntukkan bagi peserorangan dengan persyaratan yang mudah dan ringan. Melalui produk tabungan ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya menabung serta meningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, dibentuknya tabunganku juga sudah diselenggarakan secara bersama dengan bank lainnya seperti BRI, BNI, BCA, dan sebagainya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan pembukaan rekenig tabunganku.

TabunganKu Mandiri

Untuk memudahkan calon nasabah, Bank mendiri memberikan berbagai kelebihan TabunganKu Mandiri. Adapun kelebihan yang dimaksud diantaranya ialah:

  • Ringan

Anda bisa membuka rekening Tabunganku hanya dengan setoran awal Rp 20.000,-. Sedangkan untuk setoran selanjutnya minimal Rp 10.000,-.

  • Menguntungkan

Seperti halnya Tabunganku BRI, Bank Mandiri juga memberlakukan suku bunga tabungan. Suku bunga yang diberikan oleh Bank mandiri akan diberikan berdasarkan saldo harian. Artinya sejumlah dana yang Anda miliki akan terus berkembang tanpa dikenakan biaya adminitrasi bulanan. Dengan begitu Anda akan merasakan keuntunganyang lebih lebih apabila dibandingkan dengan menyimpan uang tunai di rumah.

  • Diberi Buku dan Kartu ATM

Anda akan diberi sebuah buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening. Selain itu juga akan mendapatkan kartu debit atau kartu ATM. Kartu tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan sebuah transaksi keuangan seperti penarikan dana dan cek saldo rekening Tabunganku Mandiri. Selainpenarikan dan informasi saldo juga bisa digunakan untuk penyetoran uang tunai melalui Mandiri ATM Cash Deposit Machine.

Fitur yang disuguhkan melalui produk simpanan tipe Tabunganku berupabuku tabungan dan kartu ATM tidak bisa digunakan untuk transfer dan itupun ada limitnya yaitu Rp 1 juta perhari. Hal tersebut sengaja diatur karena memang prinsip tabunganku adalah untuk menabung saja. Namun perlu diketahui bahwa seperti halnya dengan syariah, mandiri tabunganku juga bisa menerima transfer dana dari rekening milik orang lain.

Syarat Buka Rekening TabunganKu Mandiri

Cara membuka Tabunganku Bank Mandiri dapat dilakukan dengan proses yang sangat mudah. Namun sebelumnya Anda harus melengkapi berbagai persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan syarat dan ketentuan. Lebih jelasnya Anda bisa lihat di bawah ini.

  1. Menyerahkan kartu identitas (E-KTP).
  2. Membawa sejumlah dana untuk setoran awal sebesar Rp 20.000,-

Cara pembukaan rekening tabunganKu di Bank mandiri setelah melengkapi syarat di atas ialah dengan mengantri di bagian Customer service (CS). Jika sudah dipanggil dan berada di depan CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau membuka rekening tabunganKu mandiri. Nantinya Anda akan diberi beberapa hal yang berkaitan dengan produk tabungan yang Anda pilih. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening.

Sesaat setelah proses pengisian form pembukaan rekening selesai, Anda akan diminta menyerahkan setoran awal sebesar Rp 20.000,- di bagian teller. Saat menyerahkan setoran awal Anda boleh tidak mengambil nomor antrian kok. Tujuannya tentu agar tidak terlalu lama mengantri. Tidak cukup sampai disitu, Anda harus kembali ke bagian CS untuk mendapatkan buku tabungan dan Kartu ATM TabunganKu. Nah setelah mendapatkan buku dan kartu ATM, Anda sudah bisa menggunakannya serta melakukan setoran selanjutnya minimal sebesar Rp 10.000,-.

Biaya Administrasi TabunganKu Mandiri

Penyetoran selanjutnya bisa Anda lakukan di kantor cabang bersamaan dengan proses pembukaan rekening, mandiri mobile, atau mandiri ATM Cash Deposit Machine. Biaya transaksi tabunganku mandiri khususnya biaya penarikan yang dilakukan di kantor cabang Mandiri ialah dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Transaksi minimal sebesar Rp 100.000,- per transaksi
  • Transaksi dilakukan maksimal 1x per bulan. Apabila melakukan penarikan lebih dari 1 kali akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000,-
  • Penarikan lebih dari Rp 5 juta dikenakan biaya Rp 5.000,-
  • Status rekening akan berubah menjadi dormant apabila tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut dan akan dikenakan biaya Rp 2.000,-/bulan.
  • Biaya administrasi Taunganku mandiri dibawah saldo minimum yang berada dalam status pasif akan ditutup oleh sistem.
  • Pergantian Kartu ATM yang sudah habis masa berlakunya akan bebas dari biaya administrasi. Dengan catatan pergantian tersebut dilakukan di Kantor Cabang Bank Mandiri tempat rekening dibuka.

Perlu diketahui bahwa masa berlaku Kartu ATM selama 10 (sepuluh) tahun sejak diterbitkan. Untuk mengetahuinya bisa dilihat pada bagian muka kartu ATM (Valid Thru : bulan/tahun).

Apa Saja Fasilitas Tabunganku Mandiri?

Beberapa calon nasabah baru yang ingin menabung, banyak yang belum tahu mengenai fasilitas tabunganku mandiri. Dengan memiliki produk tersebut, Anda akan merasakan berbagai manfaat, antara lain:

  1. Nasabah akan mendapatkan kartu ATM yang bisa dijadikan sebagai media atau sarana tarik uang tunai tanpa harus mengantri di Bank Mandiri.
  2. Nasabah akan mendapatkan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.
  3. Anda akan diberi sebuah fasilitas Kartu TabunganKu jika melakukan pembukaan rekening dengan setoran awal atau saldo rekening minimal Rp 500.000.

Kekurangan TabunganKu Mandiri

Meskipun Bank Mandiri menawarkan sebuah kenyamanan dengan memberikan buku tabungan dan kartu ATM, namun jumlah nominal transaksi relatif terbatas. TabunganKu Mandiri juga belum bisa melakukan transfer dana ke rekening bank mandiri lainnya ataupun ke rekening bank lain. Selain itu, Tabunganku belum disuport dengan fasilitas fasilitas e-Banking seperti mobile banking, SMS banking, phone banking, maupun internet banking. Oleh karena itu bagi nasabah yang sudah terbiasa melakukan transksi perbankan secara online akan merasa kerepotan menggunakan produk TabunganKu ini.

  1. Satu nasabah hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) rekening saja, kecuali bagi orang tua yang membuka rekening untuk anak yang masih sekolah atau dibawah perwalian.
  2. Tabunganku tidak bisa digunakan sebagai rekening bersama.
  3. Rekening yang tidak melakukan transaksi selama 6 bulan berturut-turut (pasif) dikenakan denda biaya sebesar Rp 2.000,-/ bulan.
  4. Rekening yang berstatus pasif, serta jumlah saldo ≤ Rp 20.000,-, maka rekening akan ditutup otomatis oleh sistem.
  5. Kartu ATM rekening tabunganku hanya berlaku sampai dengan 10 (sepuluh) tahun. Masa berlaku kartu tabuganku dapat dilihat pada tulisan yang tertera dibagian muka kartu (Valid Thru : bulan/tahun). Apabila masa berlaku kartu sudah habis, bisa diperpanjang dengan cara melakukan pergantian kartu. Pergantian tersebut tidak dikenakan biaya dan hanya bisa dilakukan di Kantor Cabang Bank Mandiri tempat rekening dibuka.

Itulah informasi mengenai tabunganku mandiri yang dapat kami sampaikan. semoga bisa bermanfaat dan membantu serta menambah wawasan Anda. Jika penjelasan yang Kami sampaikan kurang jelas, silahkan hubungi kantor cabang terdekat atau melalui call centre Mandiri di 14000 atau +62-21-52997777. Terimakasih.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.