Syarat Dan Cara Buka Rekening Tabungan BRI Simpedes

Posted on

 

Syarat dan cara buka rekening BRI simpedes bagi seorang nasabah baru tentu belum begitu memahaminya. Terlebih di era modern seperti sekarang ini dimana kemajuan teknologi selalu berkembang. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir karena untuk bisa memiliki Tabungan BRI Simpedes yang terbaru sudah bisa dilakukan secara online maupun offline dengan cepat dan mudah. Oleh karena itu, Kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai agar tidak ada kendala sedikitpun.

Jika Anda mencari informasi ke teman atau kerabat disekitar Anda mungkin akan di arahkan untuk langsung ke kantor cabang BRI. Langkah tersebut bisa langsung Anda lakukan. Tapi apakah Anda sudah mempersiapkan apa saja dokumen yang harus dibutuhkan?. Nah, sebelum melangkah lebih jauh perlu diketahui bahwa membuka rekening BRI Simpedes bisa secara online. Apabila Anda belum paham mengenai sistem online, BRI juga masih menerima pembukaan rekening secara offline seperti yang Anda ketahui selama ini.

Tabungan BRI Simpedes

Simpedes adalah salah satu produk tabungan yang dikeluarkan oleh Bank BRI yang diperuntukkan bagi masyarakat. Jumlah penyetoran dan frekuensi pengambilan dana tabungan simpedes tersebut tidak dibatasi selama jumlah saldo di dalam tabungan mencukupi.

Kelebihan BRI Simpedes

Proses pembukaan rekening BRI Simpedes dapat dilakukan dengan mudah dan praktis di semua kantor cabang BRI. Sebagai nasabah baru yang sudah memiliki nomor rekening, Anda akan diberi sebuah buku tabungan dan kartu ATM BRI Simpedes. Kartu ATM atau Kartu Debit tersebut berfungsi sebagai alat transaksi yang dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap. Hebatnya, Anda bisa memenangkan undian tabungan BRI Simpedes berhadiah langsung.

Disamping keunggulan BRI Simpedes di atas, Anda juga akan memperoleh berbagai fasilitas yang sangat menarik. Sebagai contoh ialah diberikannya fasilitas e-banking BRI seperti SMS, internet, dan mobile Banking dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga akan diberi fasilitas transaksi secara otomatis, meliputi:

  • Automatic Fund Transfer (AFT), merupakan fasilitas untuk transfer dana dari tabungan simpedes ke tabungan BRI lainnya dengan jumlah dan waktu tertentu secara rutin.
  • Account Sweep, merupakan fasilitas untuk transfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya yang sebelumnya di set up saldo minimal atau maksimalnya terlebih dahulu. Fasilitas ini cocok digunakan untuk keperluan membackup tabungan giro secara otomatis.
  • Automatic Grab Fund (AGF), merupakan fasilitas untuk menarik (mendebet) dana secara otomatis oleh satu rekening dari rekening lainnya. Jenis fasilitas ini cocok bagi Anda yang ingin membayar cicilan pinjaman secara otomatis setiap bulan dengan jumlah tertentu.

Syarat Buka Rekening Tabungan BRI Simpedes

Bagi Anda yang hendak melaukan pembukaan, wajib untuk memahami syarat buka rekening BRI Simpedes. Persyaratannya tidak ribet alias mudah kok. Yang harus Anda persiapkan diantaranya ialah:

  1. Usia calon nasabah minimal 17 tahun
  2. Melampirkan syarat dokumen berupa:
    – Perseorangan: E-KTP, Paspor dan KIMS/ KITAP/ KITAS, serta dan NPWP (Jika Ada).
    – Badan Usaha: AD-ART, Akte Pendirian, Akte Perubahan Terakhir, NPWP, serta Identitas diri Pengurus.
  3. Menyerahkan setoran awal minimal Rp. 100.000,-.

Cara Membuka Rekening Tabungan BRI Simpedes

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cara membuka rekening tabungan BRI Simpedes dapat dilakukan baik secara online maupun offline.

Untuk pembukaan secara online, Anda cukup mempersiapkan perangkat Laptop atau bisa juga dengan Hp. Yang paling penting ialah Anda harus memiliki jaringan internet. Usahakan konektifitas yang Anda miliki memiliki kecepatan yang baik. Nah jika sudah siap, Anda bisa langsung mengunjungi halaman resmi milik Bank BRI melalui https://eform.bri.co.id/home/syarat/simpedes. Selanjutnya, scroll ke bawah dan centang pada bagian persetujuan syarat dan ketentuan pembukaan rekening, klik buka rekening dan klik “Iya”. Pada halaman selanjutnya Anda akan diarahkan ke berbagai kolom mengenai data diri Anda. Isilah sesuai dengan perintah secara lengkap.

Cara yang kedua ialah secara offline. Cara ini merupakan cara yang sudah lazim dilakukan pada mayarakat secara umum. Meskipun Anda melakukan pembukaan rekening tabungan simpedes secara online, Anda tetap harus melakukan verivikasi data diri di kantor cabang. Oleh karena itu Kami sarankan melakukan pembukaan secara offline saja.

Siapkanlah beberapa persyaratan yang disebutkan di atas. Kunjungi kantor cabang BRI terdekat sesuai dengan domisili Anda. Tujuannya agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, proses mengurusnya tidak mondar-mandir terlalu jauh. Sesampainya di kantor cabang, ambillah nomor antrian di bagian Customer service (CS) yang sedang bertugas. Antrilah dengan sabar sesuai dengan nomor urut yang sudah berada di tangan Anda.

Di depan CS, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau melakukan pembukaan tabungan. Berikan beberapa syarat buka rekening BRI Simpedes yang sudah Anda bawa sebelumnya. Selanjutnya Anda akan dibantu mengisi formulir pembukaan BRI Simpedes dan disuruh menyerahkan setoran awal sebesar Rp 100.000,-. Dana setoran tersebut merupakan uang Anda yang akan masuk ke dalam saldo tabunan.

Biaya Administrasi Tabungan BRI Simpedes

Bank BRI merupakan lembaga keuangan milik pemerintah yang menyediakan jasa baik simpanan (tabungan), pinjaman, dan bisnis. Karena itulah agar tetap bisa beroperasi, ditetapkanlah sejunlah biaya administrasi. Lebih jelasnya bisa Anda lihat pada uraian di bawah ini.

  1. Biaya potongan administrasi tiap bulan sebesar Rp. 5.500,-
  2. Biaya penarikan di teller:
    a. Kurang dari sama dengan (≤) Rp. 2.500.000,- sebesar Rp. 10.000,- .
    b. Lebih dari (>) Rp. 2.500.000,- sampai Rp. 5.000.000,- sebesar Rp. 10.000,-.
  3. Saldo Minimum tabungan BRI Simpedes sebesar Rp. 50.000,-.
  4. Denda di bawah saldo minimum sebesar Rp. 5.000,-.
  5. Jumlah Transaksi antar cabang per hari maksimal Rp. 200.000.000,-.
  6. Biaya tutup rekening & Pergantian buku tabungan karena rusak sebesar Rp. 25.000,-.
  7. Gratis biaya Pergantian Buku Tabungan Karena Penuh.

Suku Bunga Tabungan BRI Simpedes

Suku bunga tabungan adalah nilai, tingkat, harga atau keuntungan atas dasar perhitungan nilai ekonomis dalam periode waktu tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, jumlah suku bunga bagi nasabah ialah sebagai berikut:

Jumlah Saldo Tingkat Suku Bunga
Kurang dari Rp. 1.000.000,- 0 %
Rp. 1.000.000,- sampai < Rp. 50.000.000,- 0.70 %
Rp. 50.000.000,- sampai < Rp. 500.000.000,- 0.85 %
Rp. 500.000.000,- < Rp. 1.000.000.000,- 1.10 %
Lebih dari Rp. 1.000.000.000,- 1.75 %

Demikianlah pembahasan mengenai Tabungan BRI Simpedes yang dapat Kami sampaikan. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi Anda. Apabila kurang jelas, Anda bisa langsung menghubungi call centre Bank BRI melalui 14017 / 1500017. Namun jika Anda dekat dengan lokasi kantor cabang bisa menanyakan ke salah satu petugas yang sedang bekerja. Terimakasih.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.