Syarat Dan Cara Buka Tabungan BRI BritAma

Posted on

Salah satu produk simpanan yang paling diminati oleh nasabah Bank BRI adalah Tabungan BRI BritAma. Dengan memiliki produk tersebut, Anda akan diberi sebuah buku tabungan disertai dengan sebuah Kartu ATM BRI. Kegunaan buku tabungan yang Anda miliki tersebut ialah sebagai bukti kepemilikan rekening BritAma. Sedangkan untuk Kartu ATM bisa digunakan sebagai tarik dana tunai di mesin ATM BRI dan juga untuk melakukan pembayaran secara online.

Jenis kartu ATM BRI BritAma terdiri dari 2 macam, Classic dan Gold. Sebelum membuka rekening, biasanya calon nasabah akan ditawari jenis kartu ATM yang diinginkan. Ketika Anda sedang ditawari sebaiknya Anda mengetahui perbedaan antara jenis ATM BRI Classic dan Gold terlebih dahulu. Tentu saja agar tidak merasa dirugikan oleh pihak BRI. Namun sebenarnya kedua jenis ATM tersebut tidak berbeda jauh karena masih sama-sama bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan.

Perbedaan yang menonjol antara kartu ATM BRI classic dan Gold terletak pada limit transaksi dan beberapa aspek lainnya. Oleh karena itu dengan adanya artikel ini diharapkan bisa memberi wawasan bagi Anda, khususnya calon nasabah Bank BRI. Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak ulasan Tabungan BritAma yang akan Kami rangkum hingga selesai agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Apa Itu Tabungan BRI BritAma

Tabungan BRI BritAma adalah produk simpanan dengan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi karena didukung menggunakan fasilitas e-banking dan sistem real time online sehingga memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapan dan dimana saja.

Beberapa keuntungan dari tabungan BritAma BRI ialah:

  1. Dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun di berbagai cabang unit kerja dan ATM BRI di seluruh Indonesia,
  2. Kartu ATM atau kartu Debit BRI yang Anda miliki dapat diakses melalui jaringan BRI, ATM Bersama, BRILink, Prima, Cirrus, Maestro, dan MasterCard,
  3. Nasabah yang memiliki saldo minimum sebesar Rp 500.000,- akan diberi asuransi kecelakaan diri secara GRATIS hingga Rp 150.000.000,- ( 250% dari saldo terakhir),
  4. Rekening tabungan BRI BritAma dapat dihubungkan dengan fasilitas e-Banking seperti mobile banking, Internet banking, sms notifikasi, dll,
  5. Suku bunga Tabungan BritAma yang kompetitif,
  6. Apabila Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu dalam melakukan pembayaran pinjaman dan lainnya, Anda bisa meminta agar dihubungkan dengan fasilitas transaksi otomatis. Pilihan yang bisa Anda pilih meliputi:
    • Automatic Fund Transfer (AFT), yaitu fasilitas yang dapat digunakan untuk mentransfer dana dari Tabungan BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal tertentu,
    • Account Sweep, yaitu fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BritAma ke rekening lainnya, yang sebelumnya di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal.
    • Automatic Grab Fund (AGF), yaitu fasilitas untuk menarik dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu rekening tertentu. Fasilitas ini cocok bagi Anda yang memiliki cicilan pinjaman.

Bagaimana, apakah Anda tertarik?. Segera lakukan pembukaan dengan melengkapi berbagai persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan syarat dan ketentuan Bank BRI.

Syarat Buka Rekening Tabungan BRI BritAma

Persyaratan buka rekening Tabungan BritAma tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyertakan beberapa syarat buka rekening tabungan BRI BritAma di bawah ini.

  • Membawa dokumen identitas diri berupa:
    1. WNI : E-KTP Asli dan NPWP
    2. WNA : Paspor, KIMS/ KITAP/ KITAS Asli, atau surat keterangan pendukung lainnya
  • Melengkapi formulir pembukaan rekening BritAma
  • Menyerahkan setoran awal sebesar Rp 250.000,-. (Untuk jenis kartu classic) dan Rp 500.000 (Untuk jenis kartu Gold).

Cara membuka rekening tabungan BRI BritAma

Cara membuka rekening tabungan BRI BritAma ialah Anda cukup datang ke kantor cabang BRI terdekat. Disarankan lokasi kantor Bank BRI yang Anda kunjungi sesuai dengan domisili KTP Anda. Tujuannya supaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan, proses mengurusnya lebih mudah dan cepat. Nah, sesampainya di tempat tujuan, langsung saja ambil nomor antian pada bagian Custmer service (CS) sebelum didahului orang lain. Selanjutnya, Antrilah dengan sabar dibelakang nasabah lain sebelum Anda.

Sesaat setelah dipanggil dan berada di depan CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau melakukanpembukaan rekening tabungan BritAma. Nantiya Anda akan dijelaskan beberapa syarat dan ketentuan sesuai dengan produk yang Anda pilih. Nah, jika merasa sudah paham, Anda akan disuruh melengkapi formlir pembukaan rekening. Perlu diingat, saat CS memberikan form pembukaan rekening, berikan kepada CS persyaratan yang sudah Anda bawa sebelumnya. Selanjutnya Anda akan disuruh memberikan setoran awal ke petugas teller sesuai produk yang Anda pilih. Untuk mempersingkat jangan mengambil nomor antrian.

Belum cukup sampai disitu, setelah menyetorkan sejumlah dana yang dijadikan sebagai setoran awal sekaligus menjadi saldo rekening tabungan Anda, mintalah aktivasi fasilitas e banking ke CS. Perlu diketahui bahwa ketika melakukan proses aktivasi, Anda harus memiliki hp android atau iOS. Tidak lupa juga tersedia jaringan internet dan sejumlah pulsa untuk menerima kode aktivasi (token) melalui SMS. Jika sudah berhasil, Anda sudah bisa menggunakan rekening tabungan BRI BritAma sesuai dengan kebutuhan.

Berapa Biaya Admin BRI BritAma?

Dibandingkan dengan Tabungan BRI Simpedes, BritAma memiliki biaya administrasi yang terbilang cukup besar. Besarnya biaya admin yang besar sebanding dengan fasilitas yang diberikan (tergantung tipe yang Anda pilih). Nah, untuk biaya admin BRI BritAma tipe classic dan gold ialah sebagai berikut:

Jenis Pembiayaan Biaya Admin
Biaya administrasi per bulan ≤ Rp 10 Juta : Rp 11.000,-
> Rp 10 Juta : Rp 12.000,-
Biaya Kartu per bulan Tipe Classic : Rp 2.000,-
Tipe Gold : Rp 6.500,-
Biaya Administrasi Penarikan Di Teller ≤ Rp. 2,5 Juta sebesar Rp. 10.000,-
> Rp. 2,5 Juta – Rp. 5 Juta sebesar Rp. 10.000,-
Jumlah Saldo Minimal Rp. 50.000,-
Jumlah transaksi antar cabang Per hari Maksimal Rp. 300 Juta
Biaya penutupan Rekening Rp. 50.000,-
Biaya Ganti Buku Tabungan karena rusak Rp. 25.000

Biaya denda saldo di bawah minimum dalam rekening tidak ada alis gratis. Begitu juga untuk biaya Pergantian Buku Tabungan Karena Penuh.

Berapa Suku Bunga Tabungan BritAma?

Besaran suku bunga Tabungan BRI BritAma perbulan tergantung dari jumlah saldo terakhir yang Anda miliki di dalam rekening. Perbedaan antara tabungan britAma dan simpedes jika dilihat dari tingkat suku bunga yang diberikan kepada nasabah tidak jauh berbeda. Supaya lebih jelas, Anda bisa melihat pada daftar besaran suku bunga tabungan BritAma berikut ini.

Jumlah saldo dalam rekening Tingkat suku bunga
< Rp. 1 Juta 0 %
Rp. 1 Juta sampai < Rp. 50 Juta 0.70 %
Rp. 50 Juta sampai < Rp. 500 Juta 0.85 %
Rp. 500 Juta sampai < Rp. 1 Milyar 1.10 %
> Rp. 1 Milyar 1.90 %

Limit Transaksi Tabungan BRI BritAma

Limit penarikan maksimal ATM BRI BritAma disesuaikan dengan jenis kartu yang dipilih oleh nasabah. Untuk jenis classic hanya diperbolehkan melakukan penarikan dana di mesin ATM per hari maksimal sebesar Rp. 5 Juta, sedangkan jenis kartu gold maksimal sebesar Rp. 10 Juta. Limit belanja di Merchant per hari terbagi menjadi 2 tipe, “PIN” dan “Signature”. Untuk jenis kartu classic (PIN) maksimal Rp. 10 Juta, sedangkan gold sebesar Rp. 20 Juta, Tipe Signature untuk jenis kartu classic maksimal Rp. 2 Juta, sedangkan gold maksimal sebesar Rp. 5 Juta. Limit transaksi lain seperti dengan layanan e-banking bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

limit transaksi tabungan bri britama
Sumber : Bri.co.id

Tidak ada batas penarikan uang diteller BRI, namun demikian Anda harus menyisakan saldo terakhir di dalam rekening tabungan sebesar Rp 50.000,-. Nah, yang perlu digarisbawahi ialah rekening akan berubah menjadi status dormant apabila saldo nasabah di bawah saldo minimum dan tidak bertransaksi selama 540 hari. Jika tetap dibiarkan maka akan berubah status menjadi pasif pada hari ke 540 + 1 dan rekening close by system pada hari ke 541 + 1

Demikianlah Informasi singkat mengenai tabungan BRI BritAma yang dapat Kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan Anda sebelum melakukan pembukaan rekening. Apabila penjelasan yang Kami sajikan kurang lengkap,Anda bisa mengunjungi kantor unit kerja atau cabang BRI terdekat. Namun jika memang tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa menghubungi call centre BRI melalui 14017 / 1500017.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.