Syarat Dan Cara Membuka Tabungan BNI Taplus

Posted on

Menjadi sebuah layanan publik khususnya dibidang keuangan menjadikan Bank BNI berupaya memberikan pelayanan terbaik. Apalagi menjadi tempat simpanan hingga pinjaman (kredit) tersebut merupakan Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) memiliki kantor cabang mulai dari kota hingga ke pelosok desa. Tidak hanya itu, Bank BNI telah membuka beberapa kantor di negara lain seperti Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan Singapura. Nah, salah satu produk yang paling diminati oleh kebanyakan nasabah adalah Tabungan BNI Taplus.

Rekening BNI Taplus tidak hanya diberikan kepada orang yang sudah dewasa saja. Namun disediakan pula bagi anak muda, pelajar, hingga mahasiswa. Dengan demikian bagi yang belum memiliki identitas (e-KTP ) bisa buka rekening tabungan sesuai syarat dan ketentuan perbankan. Setelah melakukan pembukaan, nantinya Anda akan mendapatkan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening serta diberi kartu ATM. Kartu tersebut bisa digunakan untuk tarik uang tunai tanpa harus antri di teller.

Fungsi kartu ATM selain sebagai untuk mengambil uang tunai di mesin ATM, juga sebagai alat transaksi seperti menerima atau transfer ke rekening Bank lain. Kegunaan lainnya bisa untuk berbelanja dan pembayaran lainnya di berbagai merchant yang berlogo Mastercard baik di dalam maupun di luar negeri. Bagaimana, menarik bukan?. Bagi yang ingin buka rekening silahkan Anda simak terlebih dahulu penjelasan mengenai syarat, biaya administrasi dan suku bunga tabungan BNI Taplus di bawah ini.

Apa Itu Tabungan BNI Taplus?

Tabungan BNI Taplus adalah produk simpanan dengan berbagai manfaat kemudahan, kenyamanan layanan, serta memberikan banyak keuntungan untuk berbagai aktivitas transaksi perbankan Anda.

Beberapa keuntungan BNI Taplus diantaranya ialah:

1). Proses pembukaan rekening BNI Taplus sangat mudah

  • Dengan setoran awal sebesar Rp 500.000,- (Jabotabek), atau Rp 250.000,- (luar Jabotabek) Anda sudah bisa memiliki rekening BNI Taplus.
  • Proses buka rekening tabungan, penyetoran maupun penarikan dana dapat dilakukan di Cabang Bank BNI dengan fasilitas online.
  • Diberi sebuah fasilitas buku rekening dan kartu debit (ATM).
  • Kartu debit yang Anda miliki bisa digunakan di ATM BNI, ATM Bersama (LINK) di seluruh Indonesia, serta ATM berlogo PLUS/ Mastercard/ Mastercard Electron di seluruh dunia.
  • Khusus kartu ATM berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) tidak bisa digunakan di luar negeri karena sudah disetting ke dalam sistem.

2). Terdapat fitur yang nyaman

  • Tersedia fasilitas BNI SMS Banking, Internet Banking dan mobile Banking yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.
  • Adanya Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di kantor Cabang tertentu, sehingga bisa membantu nasabah yang tidak dapat bertransaksi pada hari kerja dikarenakan kesibukan.

3). Pelayanan yang Menguntungkan

  • Suku bunga tabungan BNI Taplus yang dihitung berdasarkan saldo harian
  • Memiliki kesempatan mendapatkan Promo Diskon di berbagai merchant terkemuka seperti restoran, department store, super/ hypermarket,dll dengan menggunakan Kartu Debit BNI.

Syarat Membuka Rekening Tabungan BNI Taplus

Persyaratan membuat rekening tabungan BNI Taplus tidak berbeda jauh dengan syarat tabungan yang disediakan di Bank lain seperti BRI, Mandiri, dan sebagainya. Syarat-syarat yang harus Anda lengkapi adalah sebagai berikut:

  1. Melampirkan Kartu identitas, berupa :
    a). Warga Negara Indonesia: Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    b). Warga Negara Asing: Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP
  2. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
  3. Menyerahkan setoran awal pembukaan rekening BNI Taplus minimal sebesar Rp 500.000,- (untuk wilayah Jabodetabek), atau Rp 250.000,- (non Jabodetabek)

Cara Membuat Rekening BNI Taplus

Buka rekening BNI Taplus bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Pertama kali yang harus dilakukan ialah mempersiapkan semua persyaratan yang sudah disebutkan di atas. Jika sudah lengkap, kemudian memilih lokasi Bank BNI terdekat de daerah Anda berada. Namun demikian ada beberapa yang harus diketahui sebelum Anda daftar tabungan BNI Taplus, yaitu:

  • Bagi yang memiliki KTP DKI Jakarta bisa digunakan diseluruh cabang Bank BNI yang beroperasi di wilayah Jakarta.
  • Untuk KTP di luar wilayah Jakarta hanya bisa digunakan untuk bikin rekening di Bank BNI yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit KTP.
  • Pembukaan rekening tabungan di luar wilayah KTP setempat wajib melampirkan Surat Keterangan Domisili atau Surat Keterangan Kerja.

Adapun cara membuka rekening tabungan BNI Taplus adalah sebagai berikut:

  1. Setelah melengkapi persyaratan dan menentukan lokasi pembukaan rekening, silahkan langsung mengambil antrian di bagian Customer service (CS).
  2. Ketika sudah dipanggil oleh CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau membuka rekening tabungan BNI Taplus.
  3. Selanjutnya Anda akan diberi ulasan singkat dan disuruh mengisi formulir pembukaan rekening BNI Taplus. Jangan lupa serahkan persyaratan BNI Taplus yang sudah dibawa sebelumnya.
  4. Jika sudah selesai mengisi formulir kemudian Anda menuju bagian Teller untuk menyerahkan setoran awal dengan jumlah sesuai lokasi pembukaan rekening.
  5. Kembali ke bagian CS untuk mengambil buku tabungan dan kartu ATM.
  6. Proses pembukaan sudah selesai dan rekening tabungan sudah bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : 10 Jenis Tabungan Bank BRI Yang Menguntungkan Nasabah

Berapa Biaya Administrasi BNI Taplus?

Biaya administrasi tabungan adalah sejumlah uang yang dikeluarkan secara berkala oleh nasabah kepada pengelola rekening (Perbankan). Nasabah “mungkin” tidak akan dikenakan biaya apabila memiliki saldo minimum tertentu.

Adapun biaya administrasi tabungan BNI Taplus bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Jenis PembiayaanJumlah Biaya
Jumlah Setoran AwalRp 500.000,- (Jabodetabek)
Rp 250.000,- (Non Jabodetabek)
Setoran SelanjutnyaMinimal Rp 5.000,-
Jumlah Saldo minimal BNI TaplusRp 150.000,-
Biaya Denda di bawah saldo minimumRp 5.000,-
Biaya Potongan Administrasi per bulanRp 11.000,-
Penggantian Buku karena hilang/ rusakRp 1.500,-
Biaya Penutupan Rekening Atas Permintaan NasabahRp 10.000,-

Rekening tabungan BNI Taplus bisa berubah status menjadi dormant apabila jumlah saldo berada di bawah limit minimum, dan tidak ada kegiatan transaksi selama 540 hari. Jika status rekening dalam keadaan dormant tetap dibiarkan, maka akan berubah menjadi pasif yaitu pada hari ke 541, dan rekening akan close by system pada hari ke 542. Hal ini berlaku juga untuk tabungan yang ada di Bank BRI, Mandiri, BCA, Bank Syariah, dll.

Suku Bunga Tabungan BNI Taplus

Jika dibandingkan dengan pinjaman (Kredit), suku bunga BNI taplus memiliki besaran yang cukup rendah. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman digunakan untuk perputaran bisnis keuangan, sedangkan tabungan dalam bentuk kredit dari nasabah kepada perbankan. Nah, berapa jumlah suku bunga tabungan BNI Taplus?. Di bawah ini Kami sudah menyediakannya untuk Anda.

Jumlah Saldo Tabungan BNI Taplus Jumlah Suku Bunga (%) p.a
< Rp 1.000.000,- 0,00%
Rp 1.000.000,- s.d Rp 50.000.000,- 0,50%
> Rp 50.000.000,- s.d Rp 500.000.000,- 0,85%
> Rp 500.000.000,- s.d Rp 1.000.000.000,- 1,20%
> Rp 1.000.000.000,- 2,00%

Dilansir dari website resmi Bank BNI, daftar suku bunga Tabungan Taplus BNI di atas sudah berlaku semenjak 15 November 2019 yang lalu.

Kelebihan Dan Kekurangan BNI Taplus

Segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang sempurna, termasuk produk tabungan BNI Taplus. Kendati demikian Anda akan merasakan berbagai kelebihan dari produk tersebut dibandingkan kelemahannya. Sebab Bank BNI tahu semua kebutuhan nasabah khususnya yang berkaitan dengan keuangan. Dengan memiliki tabungan yang ada di BNI, Anda akan diberi berbagai keuntungan. Apa sajakah itu?, silahkan lihat perbandingan di bawah ini.

Kelebihan Tabungan BNI Taplus

  • Diberi berbagai manfaat kemudahan, kenyamanan, dan keuntungan yang menarik.
  • Tersedia fasilitas transfer online antarbank dengan menggunakan layanan SMS Banking, BNI Internet Banking, dan Mobile Banking.
  • Suku bunga tidak dihitung berdasarkan saldo bulanan, melainkan saldo harian.
  • Tersedia Layanan dihari libur atau biasa disebut dengan istilah “Weekend Banking” pada hari Sabtu dan Minggu.
  • Kartu debit (ATM) bisa digunakan untuk berbelanja serta melakukan pembayaran di beberapa merchant yang berlogo MASTERCARD, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Proses pembukaan rekening BNI Taplus sangat cepat dan mudah.

Kekurangan Tabungan BNI Taplus

  • Biaya administrasi BNI bulanan sangat tinggi, sebesar Rp 11.000,-.
  • Biaya setoran awal sangat mahal, berbeda dengan Bank BRI dan Mandiri yang cukup murah.
  • Saldo minimum tabungan sangat tinggi, yaitu Rp 150.000,-
  • Masih ada sejumlah biaya pergantian buku yang tidak disebutkan karena hilang, rusak, atau penuh.

Itulah penjelasan singkat mengenai tabungan BNI Taplus. Jika masih kurang jelas atau masih terdapat kekurangan, serta kesalahan dalam menyampaikan informasi tersebut di atas, silahkan hubungi Kontak Kami. Namun jika Anda merasa puas, silahkan bagikan kepada orang yang ada disekitar Anda. Apabila Anda tertarik dan ingin mencari penjelasan lebih lanjut bisa menghubungi Bank BNI terdekat atau melalui call centre di 1500046.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.