Tabel Angsuran Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor & Mobil

Posted on

Pinjaman Bank BRI jaminan BPKB Motor dan/atau mobil bisa diajukan melalui produk yang disebut dengan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Melalui gadai BPKB motor di Bank BRI, pinjaman dana tunai yang Anda peroleh tersebut bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha atau kebutuhan mendesak lainnya. Anda bisa memperoleh pinjaman hingga 50 juta atau 80% dari nilai kendaraan yang diagunkan. Namun yang perlu digarisbawahi ialah surat BPKB yang digadai harus memiliki usia sesuai dengan syarat dan ketentuan pihak Bank terkait.

Pinjam uang di Bank tentu mau tidak mau harus mentaati semua syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Calon nasabah harus tunduk terhadap peraturan tersebut meskipun terkadang sulit dan memberatkan. Hal ini terbukti dengan persyaratan administrasi yang memang sengaja dipersulit, serta suku bunga pinjaman BRI yang besar. Resikonya jika terhambat atau tidak bisa membayar angsuran, maka nasabah akan kehilangan agunan. Kendati demikian ada sisi keuntungan yang diperoleh, misalnya Anda akan mendapatkan uang tunai langsung cair sesuai yang diinginkan.

Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

Di Indonesia, seluruh lembaga keuangan baik milik pemerintah maupun swasta telah mengeluarkan produk pinjaman, misalnya Bank Mandiri, BNI, BCA, BTN, Pegadaian, dan sebagainya. Dari beberapa lembaga keuangan tersebut yang paling diminati oleh nasabah salah satunya adalah Bank BRI. Pinjaman uang di Bank BRI terdiri dari beberapa macam, antara lain KUR BRI, Pinjaman Mikro, BRI BRIGuna atau kredit tanpa agunan (KTA), serta kredit program. Anda harus jeli dalam memilih produk yang ditawarkan. Caranya, sesuaikan dengan keadaan finansial Anda, selanjutnya tentukan manfat Anda memilih pinjaman Bank BRI.

Apabila Anda membutuhkan pinjaman dana cepat cair, solusi terbaik adalah dengan menggunakan aset berharga sebagai agunan atau jaminan, misalnya Sertifikat Rumah, Tanah, BPKB Motor atau mobil. Akan tetapi kami sarankan untuk Pinjam uang di Bank BRI menggunakan Jaminan BPKB Motor dan atau Mobil saja. Sebab jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka kendaraan Anda yang dijadikan sebagai permasalahan. Berbeda dengan menggunakan sertifikat rumah. Apabila tidak bisa membayar maka rumah yang selama ini Anda tempati akan disegel permanen. Oleh karena itulah Kami rekomendasikan menggunakan BPKB motor atau mobil saja.

Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa ketika mengajukan pinjaman menggunakan sebuah agunan, sama halnya Anda menggadaikan barang berharga yang Anda miliki. Nah, Syarat gadai BPKB motor atau mobil di Bank BRI adalah sebagai berikut:

  1. Surat BPKB motor atau mobil Asli sesuai dengan jenis dan tipe kendaraan yang dijadikan jaminan.
  2. Melampirkan fotokopi e-KTP, serta Kartu Keluarga (KK).
  3. Membawa materai 6000 untuk penandatanganan surat perjanjuan kredit. Surat perjanjian tersebut menyatakan bahwa apabila proses cicilan kredit macet, maka BRI berhak menarik motor tersebut.
  4. Melampirkan surat keterangan usaha minimal dari Kepala Desa / Lurah / Pasar (Bagi pelaku UMKM)
  5. Bagi calon nasabah yang berprofesi sebagai karyawan dan atau PNS, wajib menyertakan surat keterangan gaji (slip gaji) per bulan.
Proses Pengajuan Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor / Mobil

Cara mengajukan pinjaman Bank BRI jaminan BPKB Motor atau mobil mekanismenya sama dengan mengajukan permohonan pinjaman lainnya. Langkah yang harus dilakukan adalah harus menyelesaikan permasalahan kendaraan seperti Pajak, KIR, dll. Jika merasa sudah tidak bermasalah, Anda sudah bisa datang ke kantor cabang dengan membawa persyaratan tersebut di atas. Ingat, jangan sampai ada yang tertinggal supaya tidak bolak-balik ke rumah hanya karena syarat yang kurang atau tertinggal.

Setelah sampai di kantor unit kerja bank BRI, Anda harus mengambil nomor antrian di bagian Cstomer service (CS). Jika giliran Anda sudah dipanggil oleh CS yang bertugas, sampaikan kedatangan Anda bahwa mau gadai BPKB Motor di Bank BRI. Nantinya CS akan memberi penjelasan mengenai produk yang Anda pilih dan menyuruh Anda mengisi formulir pengajuan pinjaman. Jika sudah semuanya, selanjutnya Anda akan disurvey usaha Anda dan menunggu persetujuan pinjaman. Jika disetujui, Anda akan dipanggil ke kantor BRI dimana Anda mengajukan guna melakukan penandatanganan perjanjian kredit.

Tabel Angsuran Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor & Mobil

Setiap kredit atau pinjaman humumnya wajib dibayar. Namun berapa cicilan yang harus dibayar?. Nah sebagai gambaran dasar, silahkan simak pada tabel simulasi angsuran pinjaman Bank BRI jaminan BPKB Motor / Mobil berikut ini.

Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor atau mobil

Tabel di atas hanyalah informasi awal saja. Untuk informasi terbaru bisa Anda dapatkan melalui brosur pinjaman BRI jaminan BPKB yang ada di kantor cabang, atau menanyakan kepada pihak marketing Bank BRI.

Suku Bunga Pinjaman BRI Jaminan BPKB Motor & Mobil

Salah satu tolak ukur pengajuan pinjaman dana di Bank adalah dengan memperhatikan besaran suku bunga yang dibebankan. Meskipun kondisi sedang butuh dana cepat, jangan sekali-kali mengambil pinjaman dengan suku bunga tinggi. Anda harus tetap tenang dan teruslah mencari pinjaman dengan bunga rendah. Berdasarkan tabel di atas, Pinjaman Bank BRI dengan jaminan BPKB motor dikenakan bunga sebesar 0,9% effektif atau 12% per tahun.

Biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah tidak ada atau digratiskan. Begitu pula dengan biaya provisi dan materai. Namun ada yang sedikit merugikan nasabah karena akan dikenakan sanksi jika melakukan pelunasan lebih awal, serta denda keterlambatan pembayaran cicilan atau angsuran bulanan

Kelebihan Dan Kekurangan Gadai BPKB Motor Di Bank BRI

Apakah Anda termasuk pelaku UMKM, Karyawan, atau PNS?. Jika iya, pemilihan pinjaman bank BRI jaminan BPKB motor adalah pilihan yang tepat. Kenapa?, karena dana yang dicairkan tidak terlalu besar sehingga cicilan yang Anda miliki bisa ditutup. Pencairan dana pinjaman jaminan BPKB sebagaimana dijelaskan di atas menyesuaikan dengan nilai kendaran yang disebutkan di dalam surat BPKB.

Semakin lama usia motor, maka semakin rendah dana yang dicairkan. Misalnya Anda menggadaikan motor keluaran tahun lalu dengan sekarang, maka yang akan dinilai tinggi tentu keluaran sekarang. Sedangkan untuk persentase dana yang cair kurang lebih sebesar 80% dari nilai kendaraan. Contoh, Anda menggadaikan menggadaikan motor voxion dengan nilai jual 20 juta, maka uang pinjaman yang Anda dapatkan sebesar 12-15 juta.

Bank BRI telah memberikan kemudahan bagi nasabah dalam proses pembayaran angsuran. Anda bisa melakukan pembayaran cicilan langsung melalui kantor BRI via teller langsung, melalui auto debit. Disamping itu Anda juga bisa memanfaatkan pembayaran lewat payment point online bank (PPOB) di Alfamart, Indomaret, ataupun Kantor Pos. Jika memiliki ATM, Anda bisa melakukan bayar cicilan di mesin ATM.

Nasabah akan mendapatkan reward berupa bonus bagi yang tepat waktu dalam membayar angsuran. Disamping itu terdapat juga fasilitas asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, dan meninggal dunia.

Kesimpulan Pinjam Uang Dengan Jaminan BPKB

Berdasarkan informasi yang sudah disampaikan di atas dapat disimpulkan bahwa pinjaman Bank BRI jaminan BPKB motor atau mobil sangat mudah, aman dan memiliki banyak kelebihannya. Semoga dapat membantu Anda yang sedang mencari info mengenai pinjaman di bank BRI menggunakan jaminan BPKB. Jika memang kurang jelas, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke kantor cabang BRI terdekat. Selamat berusaha, dan semoga menjadi berkah.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.