Tabel Angsuran KUR BRI Plafond 5 – 500 Juta Terbaru

Posted on

Tabel Angsuran KUR BRI – Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah produk yang paling banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat. Berdasarkan informasi terbaru yang beredar, KUR masih memberikan fasilitas yang sangat menarik. Salah satunya ialah suku bunga rendah jika dibandingkan dengan pinjaman lainnya. Uniknya lagi, Anda bisa mengajukannya tanpa menggunakan agunan sebagai jaminan. Plafond yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 1 Juta, 5 Juta, 25 juta, 50 juta, 100 juta, hingga 500 juta. Sedangkan tenor yang dibebankan kepada setiap nasabah mulai dari 3-4 tahun, tergantung dari kegunaan kredit.

Alasan kenapa suku bunga KUR BRI rendah adalah karena pemerintah memberikan subsidi demi memajukan perekonomian bangsa. Hal ini ditunjukkan pada pertengahan tahun 2017 lalu, bunga KUR turun dari yang semulanya 9% menjadi 7%. Bahkan beritanya akan diturunkan lagi menjadi 6%. Besaran tersebut berlaku untuk jenis KUR Mikro, KUR ritel maupun KUR TKI. Sebab itulah sejak diluncurkannya pinjaman dana KUR, pelaku UMKM merasa puas karena bisa mengembangkan usahanya.

Sebelum membahas tabel pinjaman KUR di Bank BRI lebih jauh, alangkah baiknya Anda membaca mengenai syarat dan cara mengajukan pinjaman KUR BRI. Setelah memahami apa saja persyaratan yang dibutuhkan, Anda bisa menghitung besaran biaya angsuran dengan cara meminta brosur yang sudah disediakan. Di sana Anda dapat melihat simulasi perhitungan melalui tabel angsuran KUR BRI.

Jenis- Jenis KUR BRI

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas bahwa KUR BRI terbagi menjadi 3 jenis. Dari ketiga jenis tersebut memiliki besaran pinjaman yang berbeda-beda. Disamping itu, syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman dana KUR di Bank BRI juga tidaklah sama. Nah untuk itu, Anda bida memahaminya melalui penjelasan berikut ini.

A. KUR Mikro

Jenis KUR yang pertama ini diberikan kepada individu yang berprofesi sebagai karyawan, wiraswasta, pedagang, petani, ataupun nelayan. Plafond maksimal Rp 25 Juta per debitur. Jangka waktu (tenor) pelunasan pinjaman dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda, yaitu dari 1 tahun sampai dengan 5 tahun. Kelebihan dari jenis KUR Mikro BRI ini ialah Anda bisa mengajukannya tanpa agunan/ jaminan.

Plafond pinjaman Maksimal Rp 25.000.000,- /debitur
Jangka waktu (tenor) angsuran Makasimal 3 tahun (untuk Kredit Modal Kerja)
Maksimal 5 tahun (untuk Kredit Investasi)
Agunan (jaminan) pinjaman Tidak ada* (sesuai kebijakan Bank terkait)

B. KUR Ritel

KUR Ritel diberikan kepada UMKM sebagai modal usaha maupun investasi dengan plafond mulai dari Rp 25 Juta hingga Rp 500 Juta. Tenor yang diberikan oleh kreditur kepada debitur selama 4-5 tahun. Perbedaan KUR Mikro dan KUR Ritel adalah terletak pada cara pengajuan pinjaman. Sebagaimana dijelaskan di atas, KUR Mikro tanpa agunan, sedangkan Ritel harus menggunakan agunan. Hal ini dikarenakan jumlah pinjaman KUR Ritel jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Mikro. Agunan atau jaminan yang bisa diajukan berupa sertifikat rumah, tanah, maupun BPKB motor atau mobil.

Plafond pinjaman ≥ Rp 25.000.000 s.d Rp 500.000.000,- /debitur
Jangka waktu (tenor) angsuran Mkasimal 4 tahun (untuk Kredit Modal Kerja)
Maksimal 5 tahun (untuk Kredit Investasi)
Agunan (jaminan) pinjaman Sesuai ketentuan dan kebijakan Bank terkait

C. KUR TKI

Terakhir adalah jenis KUR TKI, dimana pinjaman dana cepat ini diberikan kepada nasabah yang berstatus sebagai calon TKI yang akan ditempatkan di negara penempatan. Pinjaman yang ditawarkan maksimal mencapai Rp 25 Juta. Sedangkan jangka waktu pelunasan selama 3 tahun atau sesuai kontrak kerja di negara penempatan.

Plafond pinjaman ≥ Rp 25.000.000,- /debitur
Jangka waktu (tenor) angsuran Mkasimal 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja
Agunan (jaminan) pinjaman Sesuai ketentuan dan kebijakan Bank terkait
Negara tujuan (penempatan) Malaysia, Bruney, Jepang, Hongkong, Taiwan. Singapore, korea selatan.

Dari ketiga jenis KUR BRI di atas, perlu diketahui bahwa semakin lama Anda membayar cicilan, maka semakin besar pula jumlah akumulatif angsuran Anda.

Tabel Angsuran KUR BRI Dengan Plafond 5 – 500 Juta

Di bawah ini ada tabel cicilan atau angsuran KUR BRI yang dapat dijadikan dasar sebelum mengajukan pinjaman Bank BRI.

tabel angsuran pinjaman KUR BRI

Tabel Angsuran KUR BRI

Perkiraan cicilan pada tabel simulasi angsuran KUR BRI di atas hanya informasi dasar saja. Untuk lebih jelasnya bisa Anda dapatkan melalui brosur pinjaman BRI atau melalui pihak marketing BRI.

Bagaimana Cara Menghitung Angsuran KUR BRI?

Alternatif pertama adalah dengan cara meminta brosur pinjaman Bank BRI yang biasa dipakai sebagai sarana promosi. Pada brosur tersebut Anda bisa melihat simulasi perhitungan melalui tabel angsuran KUR BRI. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan rumus menghitung angsuran KUR BRI.

Contoh Kasus:

Ibu Inem mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI sebesar 240 juta rupiah. Jangka waktu pelunasan yang dipilih adalah 12 bulan. Suku bunga KUR BRI yang dibebankan kepada Ibu Inem sebesar 10% setiap tahunnya. Jadi, berapa jumlah angsuran per bulan yang harus dibayar oleh Ibu Inem?.

Jawaban:

Jumlah Kredit 240.000.000
Suku Bunga per tahun 10%
Tenor (Jangka waktu) 12 Bulan
Cicilan pokok Rp 240 Juta (dibagi) 12 bulan = Rp 20 Juta per bulan

Rumus menghitung angsuran KUR BRI per bulan

Suku Bunga:

(Rp 240 juta X 10%) : 12 bulan = Rp 2 juta

Jumlah Cicilan setiap bulan:

Rp 20 juta + Rp 2 juta = Rp 22 juta

Metode perhitungan yang diterapkan di atas adalah untuk mengcari besaran bunga flat. Oleh karena itu, maka nilai angsurang yang harus dicicil tidak akan mengalami perubahan alias tetap.

Berapa Bunga KUR BRI?

Suku bunga KUR BRI selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan yang dilakukan tersebut tentu sangat  menguntungkan bagi setiap nasabah. Bagaimana tidak, jika dibandingkan jenis pinjaman yang lain, dana KUR menerapkan suku bunga pinjaman paling rendah. Sehingga diharapkan mampu membantu pemerintah dalam peningkatan ekonomi nasional.

Perubahan suku bunga yang pernah dilakukan oleh Bank BRI untuk dana KUR terjadi sejak pertama kali diluncurkannya produk pinjaman ini. Semula bunga yang diterapkan ialah 9%. Tapi banyak masyarakat yang tidak mampu atau kurang berminat. Karenanya diturunkan menjadi 7 % dan terbukti pada tahun berikutnya berjalan secara efektif. Kebijakan terbaru yang Kami peroleh di tahun 2020, suku bunga diturunkan lagi menjadi 6% efektif per tahun.

Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Agar Cepat Cair

Setelah melihat dan memahami tabel angsuran KUR BRI di atas tentu Anda sudah tahu untuk memilih jenis yang mana. Tabel KUR BRI di atas dapat dijadikan tolak ukur seberapa kuat cicilan perbulan atau plafon yang dapat Anda ambil. Disarankan bagi pelaku usaha mikro sebaiknya mengajukan jenis KUR Mikro BRI. Karena  jenis tersebut dapat diajukan tanpa harus menggunakan jaminan asalkan memenuhi kriteria. Meskipun dana KUR yang dicairkan hanya mencapai Rp 25 Juta, setidaknya Anda tidak bingung mengenai agunan yang dijadikan sebagai jaminan. Berbeda dengan KUR ritel BRI yang mengharuskan menggunakan jaminan, seperti bpkp motor, sertifikat tanah, dan lain sebagainya.

Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman KUR BRI

Berbagai alasan kenapa memilih pinjaman dana KUR karena memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan sebagai acuan Anda sebelum mengajukan pinjaman.

Kelebihan KUR BRI

  • Gratis dari biaya provisi dan administrasi.
  • Pengajuan KUR BRI dapat dilakukan secara fleksibel, yaitu bisa diajukan di kantor cabang, maupun di kantor unit pusat BRI.
  • Proses pengajuan pinjaman mudah dilakukan.
  • Pembayaran cicilan atau angsuran mudah.
  • Pinjaman dana cepat cair.

Kekurangan KUR BRI

Di kampung yang memiliki latar belakang petani atau pedagang banyak sekali yang memilik KUR di Bank BRI sebagai solusi menambah modal pengembangan usaha. Mereka banyak yang kecewa terhadap proses pencairan yang diberikan. Bukan mengenai cepat atau lambatnya, namun lebih kepada nominal yang dicairkan. Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa biasanya ketika pinjam 5 juta, dana yang dicairkan tidak utuh 5 juta. Untuk KUR BRI, dana yang dicairkan biasanya sebesar 80-90% dari total yang diajukan.

Demikianlah penjelasan mengenai tabel angsuran KUR BRI yang dapat Kami sampaikan. Semoga memberi wawasan serta membantu Anda yang sedang mencari informasi mengenai tabel KUR di Bank BRI. Jika informasi yang Kami berikan kurang jelas, Anda bisa langsung bertanya ke kantor BRI terdekat. Sebab, saat ini sudah banyak tersebar kantor cabang BRI  di setiap kecamatan, kota maupun desa.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.