Pinjaman Jaminan SK perangkat Desa di BRI

Sebagai perangkat desa seringkali dianggap memiliki kehidupan yang lebih makmur dari pada warga biasa, faktanya tidak seperti itu. Banyak perangkat desa didaerah daerah luar jawa gajinya dibawah UMR dan kadang dibayar 3 bulan sekali. Berbeda perangkat desa di daerah jawa yang lumayan makmur, biasanya dikasih hak guna sawah untuk dikelola diluar gaji pokok. Sementara SK perangkat desa tidaklah seperti SK PNS yang laku di bank bank nasional, SK Perangkat desa biasanya bisa digadaikan untuk jaminan pinjaman di bank bank daerah, BPR, atau koperasi simpan pinjam.

Kebutuhan yang terus meningkat, para perangkat desa kadang kadang double job/perkerjaan disela sela menjadi perangkat desa. Contoh kasus perangkat desa atau sering disebut pemangku, mereka bekerja di balai pekon atau desa tidak setiap hari. Untuk mengisi waktu biasanya mereka berkebun, bertani, jadi guru honor atau lain lain. Tidak seperti dijawa, mereka tidak dapat hak guna tanah untuk perkebunan atau persawahan. Untuk gaji dibayar 3 bulan sekali.

Tempat Pinjaman jaminan SK perangkat desa

Tidak semua bank atau lembaga keuangan mau menerima SK perangkat desa sebagai jaminan. Sekalipun mau menerima biasanya ada syarat khusus yang diberlakukan kepada perangkat desa. Sementara syarat khusus yang kadang susah, belum tentu nilai plafon sesuai keinginan. Namun penulis menawarkan beberapa pilihan agar gadai SK perangkat desa dapat diajukan di bank. Berikut ulasanya.

pinjaman perangkat desa

Gadai SK Perangkat desa di BRI

Kalian bisa mengajukan pinjaman jaminan sk perangkat desa di BRI asalkan pengiriman yang tadinya di bank daerah/bank lain pindah ke BRI. Istilahnya adalah Pinjaman payroll. Kalau kalian sanggup memindahkan rekening gaji ke BRI kalian bisa mendapatkan fasilitas kredit tanpa agunan BRI, atau BRIGUNA. BRIguna merupakan salah satu produk pinjaman tanpa agunan BRI ynag berdasarkan dari gaji tetap perbulan.

Syarat KTA briguna

  1. Foto copy identitas diri (suami/istri) dan Kartu Keluarga.
  2. Asli SK Pengangkatan dan SK Terakhir (dapat disesuaikan)
  3. Daftar Gaji
  4. Surat Rekomendasi dari atasan, dalam hal ini adalah kepala desa/camat
  5. NPWP jika lebih dari 50 juta

Nilai plafon yang didapatkan sesuai dengan kemampuan debitur (berdasarkan perhitungan dari analisa kredit BRI), sementara tenornya sampai 180 bulan. Silakan ajukan ke bank BRI terdekat, dengan sebelumnya membuat surat pernyataan pemindahan rekening gaji ke bank BRI.

Pinjaman di Bank daerah

Sebelum jauh, yang dimaksud bank daerah adalah bank bank yang operasionalnya sebatas di provinsi/kota/kabupaten. Misalnya bank jateng, bank jatiim, bank BJB, bank lampung, bank diy dll. Bank daerah biasanya digunakan untuk penyaluran gaji para pegawai negeri sipil, PNS, perangkat desa dan tenaga honor didaerah tersebut. Jadi secara otomatis, para perangkat desa bisa mendapatkan fasilitas pinjaman payroll dari bank daerah.

Untuk mengetahu syaratnya, kalian bisa mengunjungi website resmi bank daerah kalian masing masing. atau bisa datang langsung ke kantornya. Tidak mungkin juga penulis menyebutkan seluruh bank daerah beserta produk pinjamanya di indonesia yang jumlahnya puluhan, bahkan ratusan. Namun ada syarat umum, yakni diatas 21 tahun, minimal kerja diatas 2 tahun.

Itulah informasi singkat mengenai pinjaman jaminan sk perangkat desa yang bisa kalian ajukan. Mungkin nilanya tidak seberapa jika tidak ditambah dengan agunan lain, sebab plafonnya berdasarkan dari kemampuan gaji. Namun setidak bisa menutupi kebutuhan sementara yang mendadak. Sekian, semoga bermanfaat.

pinjaman perangkat desa
Previous Post

No more post

Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

You May Also Like