X

Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor/ Mobil

Pinjaman bank BRI jaminan BPKB motor atau mobil sering kali dijadikan sebagai solusi kredit dana cepat tunai. Dengan produk dana pinjaman tersebut, Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari yang bersifat mendesak seperti modal usaha, biaya pendidikan, dan sebagainya. Meskipun bisa diselesaikan melalui pinjam uang teman atau saudara, namun tidak menjamin bisa tersedia sesuai dengan jumlah yang diharapkan. Oleh sebab itu, gadai BPKB motor / mobil di Bank BRI menjadi pilihan terbaik.

Alasan menjadi pilihan terbaik karena BRI adalah salah satu Bank milik pemerintah yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi dan melayani nasabah dengan sepenuh hati. Badan usaha milik pemerintah (BUMN) ini memiliki berbagai produk pinjaman maupun tabungan. Salah satu produk pinjaman yang ada di Bank BRI ialah Kredit Kendaraan Bermotor atau yang disebut dengan KKB BRI Refinancing.

Sebagian besar masyarakat menilai bahwa meminjam uang di Bank merupakan sesuatu yang rumit dan beresiko. Hal ini dikarenakan prosesnya kadang dipersulit dan agunan yang dijadikan jaminan menjadi taruhan ketika tidak mampu membayar angsuran. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir, selama Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank BRI, Anda bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman dengan menjadikan BPKB motor/ mobil sebagai agunan. Melalui gadai BPKB motor di Bank BRI, dana pinjaman akan cepat cair dan bisa langsung Anda ginakan.

Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor/ Mobil

Dikutip dari berbagai sumber, pinjaman di Bank BRI bisa langsung cair tanpa memerlukan proses yang ribet karena terbilang cukup mudah. Hanya saja persyaratan yang dibutuhkan adalah Anda harus memiliki kartu kredit yang diterbitkan dari bank manapun. Dengan adanya kartu kredit, pinjaman yang diajukan akan diutamakan atau diprioritaskan oleh setiap lembaga bank. Disamping itu pengajuan pinjaman tanpa syarat yang sulit bahkan bisa langsung di setujui.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa pinjaman bank BRI jaminan BPKB lebih akrab dengan istilah gadai BPKB. Lahirnya produk pinjaman tersebut merupakan bentuk peningkatan kredibilitas Bank BRI serta memberikan pelayanan terhadap nasabah terbilang sangat memuaskan. Terlebih setelah BRI menjadi salah satu tempat yang dipercaya sebagai penyalur Pinjaman Dana KUR dengan total anggaran terbesar.

Dilansir dari laman resmi bri.co.id menjelaskan bahwa beberapa pinjaman yang bisa digunakan untuk gadai BPKB motor di Bank BRI diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Kredit Mikro BRI, meliputi : Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kupedes
  2. Pinjaman ritel & menengah

Selain dengan menggunakan surat BPKB, kedua jenis pinjaman Bank BRI di atas juga bisa diajukan dengan menggunakan sertifikat rumah maupun sertifikat tanah.

Silahkan Baca : Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor/ Mobil

Setiap nasabah yang melakukan pengajuan kredit diwajibkan melengkapi beberapa syarat yang sudah ditentukan. Fungsinya sebagai database jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan karena uang di bank merupakan modal yang berputar, yang bersumber dari tabungan nasabah BRI. Beberapa Persyaratan yang harus disiapkan ketika gadai BPKB motor di Bank BRI adalah sebagai berikut:

  1. Calon nasabah harus menjadi WNI (Warga Negara Indonesia) yang taat hukum.
  2. Memiliki usia minimal 21 th atau sudah menikah.
  3. Memiliki Rekening tabungan BRItama.
  4. Melampirkan beberapa dokumen, seperti:
    – Fotokopi e-KTP,
    – Fotokopi KK,
    – NPWP,
    – Pas foto suami/istri terbaru, dan
    – Slip gaji atau surat keterangan gaji (Bagi Karyawan dan PNS)
  5. Melengkapi formulir pengajuan KKB BRI.

Cara Gadai BPKB Motor Di Bank BRI

Setelah melengkapi syarat tersebut di atas, cara mengajukan pinjaman Bank BRI jaminan BPKB motor/ mobil adalah dengan mengunjungi  kantor cabang BRI sesuai dengan Lokasi tempat tinggal/ lokasi bekerja/ usaha/ praktek. Apabila Anda sedang di perantauan atau domisili Anda tidak sesuai dengan identitas, Anda harus meminta surat keterangan tempat tinggal kepada kepala desa atau kelurahan setempat. Sesampainya di lokasi, silahkan ambil nomor antrian yang sudah disediakan pada bagian Customer Service (CS).

Ketika sudah dipanggil dan berada di depan CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau gadai BPKB motor di Bank BRI. Nantinya Anda akan diberikan informasi mengenai produk yang dipilih dan diminta mengisi formulir aplikasi Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Ketika diberi formulir aplikasi pengajuan KKB jangan lupa berikan persyaratan yang sudah Anda bawa sebelumnya. Jika sudah selesai mengisi form pengajuan KKB, Anda sudah bisa pulang dan menunggu proses persetujuan kredit.

Mekanisme persetujuan kredit memakan waktu sekitar 3-7 hari kerja, dan belum tentu diterima. Itulah sebabnya banyak masyarakat beranggapan bahwa pengajuan pinjaman di Bank BRI bertele-tele dan terlalu rumit. Solusi untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan cara menggunakan BPKB kendaraan bermotor yang berusia muda. Artinya jika Anda mengajukan motor vixion keluaran tahun lalu dibandingkan tahun sekarang, tentu akan lebih dipertimbangkan keluaran motor tahun sekarang. Disamping itu, jumlah kredit diusahakan jangan terlalu besar karena akan disesuaikan dengan nilai jual motor atau mobil yang diagunkan.

Proses pencairan pinjaman bank BRI jaminan BPKB motor atau mobil dilakukan ketika sudah melakukan penandatanganan kontrak persetujuan kredit. Penandatanganan akan dilakukan ketika Anda sudah disurvei dan pengajuan kredit dinyatakan disetujui. Nantinya Anda akan dihubungi dan disuruh datang ke kantor cabang BRI dimana Anda melakukan pengajuan. Selanjutnya, pinjaman dana cepat langsung cair ke dalam rekening BRItama yang Anda miliki.

Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

Suku bunga pinjaman menjadi salah satu tolak ukur atau pertimbangan penting dalam mengajukan pinjaman. Semakin besar bunga pinjaman, sebaiknya jangan dipaksakan meminjam uang. Usahakan cari tempat pinjaman dengan bunga rendah dan sesuaikan dengan kondisi finansial Anda.

Sebagai perbandingan dengan lembaga perbankan lain, silahkan Anda perhatikan suku bunga pinjaman dengan jaminan BPKB berikut ini:

  • Misalkan harga motor : Rp 15 Juta
  • Jangka Waktu (Tenor) Pinjaman : selama 1-4 tahun
  • Suku Bunga : Sebesar 4,99% sampai 6,65%
  • Biaya Administrasi : Sebesar Rp 0,- alias Gratis
  • Denda Pelunasan Dipercepat : Sebesar (Sesuai ktentuan)
  • Denda Telat Bayar Angsuran : Sebesar (Sesuai ktentuan)

Informasi suku bunga tersebut di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan langsung kepada calon nasabah. Oleh sebab itu carilah informasi langsung ke kantor cabang BRI terdekat dimana Anda berada. Selain itu bisa juga mencari informasi melalui brosur pinjaman BRI. Biasanya di brosur tersebut tersedia juga Tabel angsuran pinjaman bank BRI jaminan BPKB Motor/ Mobil. Namun yang paling akurat adalah menanyakan kepada pihak Bank BRI melalui cal centre yang telah disediakan.

Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor/ Mobil

Berdasarkan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa pinjaman melalui gadai BPKB motor di Bank BRI memiliki banyak kelebihan atau keuntungan dibandingkan dengan kekurangan. Adapun keuntungan yang akan Anda peroleh meliputi:

  1. Gratis biaya provisi
  2. Tenor pinjaman sampai dengan 4 tahun
  3. Jaminan yang diagunkan berlaku untuk semua merk dan tipe kendaraan, baik motor maupun mobil.
  4. Suku bunga pinjaman yang kompetitif
  5. Pembayaran pinjaman bisa dilakukan dengan cara online secara otomatis melalui fasilitas Automatic Fund Transfer (AFT)/ Automatic Grab Fund (AGF)
  6. Diberikannya asuransi kerugian kombinasi oleh Bank BRI

Sedangkan untuk  kekurangan pinjaman Bank BRI jaminan BPKB motor atau mobil menggunakan akad gadai adalah biasanya proses pencairan memakan waktu yang lama. Sehingga nasabah merasa seperti diberi sebuah harapan palsu atau bahasa anak muda sekarang ialah PHP (Pemberi Harapan Palsu). Oleh karenanya bagi nasabah yang memang sedang butuh uang cepat, sebaiknya bersabar. Sebab keterlambatan yang Anda alami tidak dilakukan dengan kesengajaan, namun antri dengan nasabah lain.

Categories: Pinjaman
Cantika Putri: Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.