X

Pinjaman Bank Untuk Karyawan Kontrak

Tidak banyak yang menyediakan pinjaman bank untuk karyawan kontrak, outsourcing apalagi honorer di Indonesia. Secara umum bank bank di Indonesia hanya menyediakan pinjaman kepada nasabah dengan status karyawan tetap atau permanen, karena dianggap lebih memiliki kemampuan membayar. Status kadang membuat kita berbeda dengan orang lain, dan hal ini adalah salah satunya. Sering kali pekerja kontrak gigit jari ketika mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) di bank, sebab pengajuannya selalu di tolak.

Sebagai karyawan kontrak dan outsourcing harus menyadari kalau statusnya dihadapan bank tidak terlalu dipertimbangkan, terutama bank BUMN dan Swasta nasional seperti BRI, BNI, Mandiri dan BCA. Anda tidak melakukan berkali kali karena secara syarat dan ketentuan tidak masuk kriteria. Tindakan yang perlu dilakukan adalah mencari bank yang menerima SK karyawan kontrak atau KTA Payroll. Walau nantinya tidak seperti yang kita harapkan, minimal kebutuhan yang sudah mendesak dipenuhi dari pinjaman tersebut.

Mungkin kalau di koperasi dan pinjaman online Anda bisa mendapatkan pinjaman, namun penulis tidak merekomendasikan hal tersebut. Sebab keamanan data dan bunga relatif lebih mahal. Belum lagi, masalah lain yang tidak terduga kedepannya seperti cara penagihan yang kurang sopan.

Daftar Pinjaman Bank untuk Karyawan Kontrak

Mencari informasi yang valid mengenai beberapa bank yang menerima sk karyawan kontrak adalah hal sulit. Sebab harus paham betul syarat dan ketentuan dari produk pinjaman tersebut. Ditambah, Setiap bank memiliki kriteria masing masing dalam menyetujui pinjaman. Kalau kalian mererasa kesulitan mencari, mungkin Anda bisa

Kredit Multiguna Tanpa Aguna, KMG TA MNC Bank

Nasabah pasti sudah tahu kalau Bank MNC milik siapa. Dialah ketua perindo, pemilik MNC Tv dan MNC Group Hari tanoe sudibjo. MNC Group punya usaha dibidang perbankan dengan nama MNC group. Bank tergolong masih baru karena berdiri tahun 2014 . Pada tahun 2019, bank ini mengeluarkan produk KTA payroll yang bisa diajukan oleh karyawan kontrak. Karyawan kontrak dan outsourcing bisa mengajukan asalkan sudah bekerja minimal dua tahun di perusahaan yang sama.

Plafon yang diberikan kepada karyawan kontrak dan outsourcing masing-masing memiliki batas kredit Rp30 juta dan Rp12 juta dengan pekerja kontrak dan lepas tenornya sesuai masa kerja hingga maksimal 2 tahun dan 1 tahun. Sementara bunganya sebesar 1,1% serta 1,3%. Jika tertarik silakan cari bank MNC terdekat. Dokumen yang dibutuhkan berupa indentitas diri (KTP, KK dan surat nikah), salinan mutasi rekening 3 terakhir dan SK terakhir.

Kredit Multiguna Bank Jatim

Bagi karyawan kontrak dan outsourcing di wilayah jawa timur bisa mengajukan kredit multiguna di Bank Jatim yang beroperasi diwilayah jawa timur. Bank jatim menyediakan kredit multiguna yang tidak hanya fokus kepada calon nasabah berlatarbelakang Kredit yang diberikan kepada PNS, CPNS, Pegawai BUMN/BUMD, Anggota TNI/POLRI, Anggota Legislatif (DPRD, DPR, DPD), Karyawan Swasta, Pensiunan dan Purnawirawan. Bank juga memberi pinjaman bank untuk karyawan kontrak, outsourcing, Tenaga Honorer dan perangkat desa lewat kredit multigunanya.

Mengenai plafon dan jangka waktu pinjaman tidak disebutkan secara rinci, namun menyubutkan proporsional sesuai kemampuan nasabah. Untuk keterangan lebih lanjut bisa hubungi 14044 atau kunjungi kantor Cabang Bank Jatim terdekat.

Bank DBS Multiguna kredit

Pinjaman bank untuk karyawan berikutnya adalah dari bank DBS. Bank yang memang kurang akrab bagi kelas menengah kebawah ini menyediakan pinjaman sampai Rp 300 juta dengan bunga mulai 0,88 persen per bulan. Pinjaman DBS bisa diajukan oleh karyawan tetap maupun kontrak dengan kriteria sebagai berikut :

  • Limit pinjaman hingga Rp 300 juta, tenor hingga 3 tahun
  • Perusahaan atau tempat kerja memiliki nomor telepon fixline
  • Minimal penghasilan Rp 5 juta per bulan
  • Memiliki kartu kredit dengan keanggotaan minimal 1 tahun lebih
  • Calon nasabah berada di area operasi bank, terutama daerah Jabodetabek, bandung, surbaya dan sidoarjo.

Kredit Karyawan atau pegawai Aktif Payroll

Bank DKI merupakan bank daerah yang beroperasi di jakarta. Bank ini menyediakan kredit pegawai aktif, dimana diberikan kepada karyawan atau Pegawai Aktif yang pembayaran gajinya dilakukan melalui Bank DKI (payroll) , atau perusahaan bekerja sama dalam penyaluran kredit multiguna dengan Bank DKI. Adapun syarat dan ketentuan sebagai berikut :

Fotokopi KTP & Pas Foto Pemohon dan suami/istri, kartu keluarga dan surat nikah
Fotokopi rekening koran tabungan 6 bulan terakhir dan NPWP
Surat keterangan penghasilan dan daftar gaji
Salinan dokumen kepegawaian (kartu pegawai)
salinan kartu TASPEN

Pinjaman bank untuk Karyawan kontrak di bank jateng

Bank jateng juga merupakan bank yang mungkin memberi pinjaman bank untuk karyawan kontrak dan outsourcing. Lewat personal loan, bank jateng memberikan kredit untuk calon nasabah yang memiliki gaji atau penghasilan tetap (fixed income) maupun tidak tetap (non fixed income) untuk keperluan konsumtif. Pinjaman maksimal yang diberikan sampai 1 milyar dengan tenor15 tahun, dan itu tergantung kemampuan debitur. Adapun syarat syaratnya :

FC KTP dan kartu keluarga
Asli/Salinan Slip Gaji
Asli/Salinan SK Pengangkatan/ SK Penisun
Surat Kuasa Potong Gaji untuk pembayaran angsuran

Baca juga : Pinjaman bank jaminan bpkb motor dan mobil

Tips Mengajukan KTA

  • Rasio hutang dengan pendapatan tidak terlalu tinggi.
  • Riwayat kredit. Sebelum kredit, lunasi kredit sebelumnya agar hasil checkingnya bagus
  • Besaran pinjaman 30 % dari gaji kotormu perbulan. Jangan memaksakan diri untuk lebih cepat selesai dengan angsuran besar. Usahakan sesuai kemampuanmu agar tidak menganggu kebutuhan lain kedepannya.
  • Dokume dokumen terpenuhi

Demikianlah beberapa bank yang menerima SK karyawan kontrak maupun outsourcing. Daripada mengajukan di bank bank seperti BRI, BNI, Mandiri dan BCA yang sangat kecil kemungkinan diterima. Lebih baik mengajukan pinjaman bank untuk karyawan kontrak di daftar diatas. Sekian, semoga bermanfaat.

Categories: Pinjaman
Cantika Putri: Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.