X

10 Jenis Tabungan BRI Yang Menguntungkan Nasabah

Jenis Tabungan Di Bank BRI

Jenis Tabungan BRI yang menguntungkan nasabah seperti simpedes, britama, tabunganku, hingga yang lainnya sudah banyak digunakan sebagai tempat menyimpan dana loh. Karena produk tabungan BRI sengaja dipasarkan dan segmentasinya sudah menyeluruh bagi semua kalangan mulai dari anak-anak muda, pelajar, mahasiswa hingga orang dewasa. Dengan memiliki tabungan di Bank BRI baik konvensional maupun Syariah, Anda bisa melakukan berbagai hal dimasa depan. Sebagai contoh ketika Anda butuh biaya pengobatan, pendidikan, hingga renovasi rumah, maka akan lebih baik menggunakan tabungan daripada mengajukan pinjaman.

Semua produk tabungan BRI memiliki kelebihan tersendiri, namun demikian bukan berarti tidak ada kekurangan di dalamnya. Kelebihan tabungan BRI yang dimaksud diantaranya ialah biaya administrasi per bulan lebih murah dibandingkan rekening bank lain. Bahkan ada jenis tabungan yang memberikan secara gratis biaya administrasi bulanan alias tanpa potongan sedikitpun. Disamping itu ketika akan melakukan penarikan dana tunai bisa dilakukan melalui kantor cabang dan ATM BRI diseluruh kota hingga pelosok desa-desa.

Kebanyakan orang berfikiran bahwa sebelum menabung harus menentukan terlebih dahulu maksud dan tujuannya. Misalnya, untuk apa saja dana tabungan yang sudah terkumpul?. Sebaiknya pemikiran seperti itu harus dihilangkan, sebab apapun alasannya pasti dana simpanan yang sudah Anda kumpulkan pasti bermanfaat dikemudian hari. Contohnya Anda bisa menggunakan untuk biaya naik haji, modal bisnis atau usaha, dan lain sebagainya. Apabila tidak dibiasakan menabung, maka cuma sebatas angan-angan saja. Nah ketika sedang butuh biaya dalam jumlah banyak, mau tidak mau Anda harus pinjam dana tunai. Oleh sebab itu tumbuhkanlah budaya menabung sejak dini.

Jenis Tabungan BRI

Demi kesejahteraan dan kemudahan masyarakat, BRI telah menawarkan beberapa jenis tabungan yang dapat digunakan untuk manajemen keuangan. Selain digunakan sebagai tempat menyimpan uang Anda juga bisa menggunakannya untuk media transfer atau transaksi. Degan begitu usaha Anda akan lebih mudah serta bisa berjalan dengan teratur.

Melalui artikel ini Kami akan menjelaskan macam-macam jenis tabungan BRI yang menguntungkan untuk nasabah khususnya Anda selaku pembaca yang sedang mencari informasi tentang tabungan BRI. Nah, dilansir dari situs resmi Bank BRI, sedikitnya ada 10 jenis tabungan yang memiliki syarat, cara pembukaan, bunga, kelebihan, kekurangan, serta fasilitas berbeda. Apa saja itu?, simak uraiannya di bawah ini.

1). Tabungan BRI Simpedes

Tabungan Simpedes BRI adalah produk simpanan yang diperuntukkan bagi masyarakat dengan menggunakan mata uang Rupiah. Syarat dan cara membuka tabungan ini bisa dilakukan di seluruh KC (Kantor Cabang), KCP, BRI Unit, Kantor Kas, ataupun Teras BRI. Jumlah penyetoran dan pengambilan dana tabungan simpedes tidak dibatasi selama saldo yang ada di dalam rekening masih mencukupi.

Selama memiliki Tabungan BRI Simpedes Anda berkesempatan memenangkan hadiah langsung selama memenuhi aturan yang berlaku. Promo undian berhadiah BRI Simpedes dilakukan melalui 2 tahapan, yaitu Periode pengumpulan kupon dan pengundian kupon. Adapun total reward yang bisa Anda menangkan diantaranya terdiri dari mobil, motor, rumah, televisi dan lain-lain.

Syarat Dan Ketentuan Undian Berhadiah Langsung BRI Simpedes:

  • Memiliki saldo Tabungan BRI Simpedes minimal Rp 100.000,- setiap bulannya.
  • Saldo minimal yang dilipatkan perbulan akan mendapatkan sebuah kupon yang akan diikutsertakan dalam proses pengundian.
  • Semakin besar jumlah saldo, maka semakin besar kesempatan mendapatkan hadiah.
  • Biaya pajak undian berhadiah langsung BRI Simpedes ditanggung sepenuhnya oleh Bank BRI.

Apabila Anda tertarik dan ingin melakukan pembukaan rekening tabungan Simpedes silahkan ikuti panduan mengenai Syarat Dan Cara Membuka Tabungan BRI Simpedes.

2). Tabungan BRI BritAma

Jenis tabungan BRI BritAma adalah produk simpanan dengan berbagai kemudahan dalam melakukan aktifitas transaksi perbankan karena didukung  menggunakan fasilitas e-banking (ATM, CDM, Mini ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.). Dengan adanya fasilitas tersebut Anda bisa memantau pergerakan keuangan Anda secara real time online kapanpun dan dimanapun.

Selain fasilitas tersebut di atas serta bunga tabungan BRI BritAma yang kompetitif, keunggulan lainnya ialah Anda akan mendapatkan jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident). Untuk mendapatkan Asuransi tersebut Anda harus memiliki saldo minimum Rp 500.000,- dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir. Jika dikonversikan menjadi uang nilai maksimal sebesar Rp.150.000.000,-.

Biaya administrasi tabungan BRI BritAma cukup tinggi yaitu sebesar Rp 12.000,- per bulan. Tapi jangan khawatir karena Anda bakal mendapatkan dukungan fasilitas transaksi otomatis dan diikutsertakan ke dalam program undian Untung Beliung BritAma.

Nah Apabila Anda tertarik dan ingin melakukan pembukaan rekening tabungan BritAma, silahkan baca mengenai Syarat Dan Cara Buka Tabungan BRI BritAma

3). Tabungan BRI BritAma Bisnis

Tabungan BritAma Bisnis adalah produk simpanan yang digunakan untuk membantu nasabah dalam memenuhi kebutuhan finansial sebuah bisnis atau usaha. Melalui jenis tabungan BRI ini, nasabah bisa lebih leluasa dalam melakukan transaksi karena akan tercatat dengan jelas.

Biaya Administrasi dan suku bunga tabungan BritAma Bisnis disesuaikan berdasarkan jumlah saldo minimum di dalam rekening. Bunga saldo rekening di atas Rp 5 Juta s.d Rp 100 Juta sebesar 1,25% p.a, sedangkan untuk saldo Rp 1 Milyar ke atas sebesar 2,75%. Keuntungan lain yang ditawarkan oleh Bank BRI kepada nasabah diantaranya ialah:

  • Mendapatkan kartu ATM (debit) dengan design elegan dan dilengkapi chip untuk mendukung keamanan kartu.
  • Gratis biaya administrasi bulanan.
  • Gratis cover asuransi kecelakaan diri mencapai Rp 150.000.000,-.
  • Pencatatan riwayat transaksi yang lebih detail, dan masih banyak lainnya.

Untuk bisa memiliki produk tabungan BritAma Bisnis ini, Anda harus melengkapi berbagai syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh BRI. Namun sebelum melakukan pembukaan, alangkah baiknya Anda memahami beberapa Kelebihan dan Kekurangan Tabungan BRI BritAma Bisnis. Sebab jumlah setoran awal pembukaan rekening sangat mahal. Kendati demikian, Kami jamin Anda tidak akan kecewa dengan fasilitas yang diberikan oleh Bank milik Pemerintah tersebut.

4). Tabungan BRI BritAma Muda

Tabungan BritAma Muda atau BritAma X adalah simpanan dana untuk anak muda yang dilengkapi dengan fasilitas e banking dan sistem real time online untuk mendukung kemudahan dalam bertransaksi. Dengan adanya fasilitas tersebut nasabah bisa melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun. Uniknya, desain kartu debit (ATM) dibuat khusus dengan tampilan yang elegan. Disamping itu, jenis tabungan BRI ini juga dilengkapi berbagai keunggulan yang menarik sehingga disukai oleh kebanyakan kaum muda.

Keunggulan tabungan BritAma Muda adalah sebagai berikut:

  • Kartu debit/ ATM dilengkapi dengan logo master card sehingga terlihat sangat cocok dan elegan untuk anak muda.
  • Kartu debit dilengkapi dengan chip guna mendukung keamanan kartu.
  • Suku bunga tabungan BritAma muda yang kompetitif.
  • Didukung dengan fasilitas e banking, meliputi : SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, SMS notifikasi, dll.
  • Mampu melakukan transfer dana antar cabang dengan limit transaksi hingga Rp 300 Juta.
  • Tersedia fasilitas transaksi otomatis sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  • Mendapatkan Asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150 Juta.

Biaya administrasi tabungan BritAma muda perbulan disesuaikan dengan jumlah saldo di dalam rekening. Apabila Anda memiliki saldo ≤Rp 10 Juta dikenakan potongan sebesar Rp 11.000, sedangkan untuk saldo ≥Rp 10 Juta sebesar Rp 12.000,-. Potongan biaya perawatan kartu debit disesuaikan dengan tipe kartu yang Anda miliki. Untuk jenis kartu classic dikenakan biaya sebesar Rp 2.000/bulan, sedangkan untuk jenis kartu gold dikenakan  biaya sebesar Rp. 6.500/bulan.

Syarat dan cara membuka tabungan BritAma muda (X) tidak berbeda dengan jenis tabungan BRI yang lainnya. Artinya Anda harus mengisi formulir pembukaan dan menyerahkan setoran awal pembukaan rekening sebesar Rp 100.000. Batas usia calon nasabah yang diperbolehkan memiliki produk simpanan ini ialah antara 17-35 tahun. Sedangkan untuk persyaratan dokumen yang harus dipersiapkan berupa NPWP dan e-KTP (WNI) atau Paspor dan KIMS/ KITAP/ KITAS serta surat keterangan pendukung (WNA).

Sebelum melakukan pembukaan rekening, ada baiknya Anda memahami tentang beberapa Kelebihan dan Kekurangan Tabungan BRI BritAma Muda sebagai bahan pembanding. Sebab jika merasa ada yang tidak sesuai, Anda masih bisa memilih produk simpanan di Bank BRI lainnya.

5). Tabungan Haji BRI

Sesuai dengan namanya, Bank Rakyat Inonesia (BRI) benar-benar memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat termasuk dalam hal ibadah. Terbukti dengan adanya produk tabungan haji Anda sudah bisa daftar haji di Bank BRI. Namun demikian Anda harus tetap memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak perbankan tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Tabungan Haji BRI adalah produk simpanan yang dikhususkan bagi nasabah perorangan untuk mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Harapannya dengan adanya produk ini bisa meringankan nasabah ketika akan menunaikan haji ke Baitullah. Sebab seperti yang Kita ketahui bersama bahwa untuk melaksanakan ibadah haji memerlukan waktu, tenaga, serta biaya yang tidak sedikit. Kendati demikian melalui produk ini BRI telah memberikan berbagai fasilitas ibadah haji.

Secara garis besar ada 2 macam tabungan Haji BRI, Syariah dan non syariah. Keduanya dapat dijadikan sebagai solusi ketika akan berangkat haji atau umroh baik khusus maupun reguler. Nah, untuk pembukaan rekening bisa dilakukan dengan secara online ataupun dengan cara biasa melalui kantor cabang. Sedangkan biaya administrasi tabungan haji BRI dapat dilihat pada daftar berikut ini.

  • Gratis Biaya di bawah saldo minimum
  • Tidak ada suku bunga tabungan haji BRI
  • Biaya penutupan rekening sebesar Rp 50.000,-
  • Biaya status rekening dalam keadaan pasif sebesar Rp 25.000,-

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada Syarat Dan Cara Pendaftaran Tabungan Haji BRI

6). Tabungan BritAma Rencana BRI

BritAma Rencana adalah jenis tabungan BRI berjangka waktu tertentu sebagai media atau tempat investasi, sehingga dapat mewujudkan impian di masa mendatang. Jumlah setoran bulanan tetap dan bisa ditentukan sendiri oleh nasabah, mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 5.000.000 per bulan (kelipatan Rp 50.000,-). Namun jika Anda ingin melakukan penambahan bisa dilakukan sewaktu-waktu. Tenor atau jangka waktu investasi melalui simpanan berjangka BRI ini mulai 1 tahun hingga 20 tahun.

Fasilitas dan keunggulan dari tabungan berjangka ini disesuaikan dengan jenis britama rencana, plan A ataupun plan B. Namun yang menjadi daya tarik asuransi jiwa yang diberikan kepada nasabah. Apabila nasabah meninggal dunia karena sakit, diberi santunan dana sebesar 100x santunan tetap. Sedangkan nasabah yang meninggal dikarenakan kecelakaan, BRI menyediakan 200x santunan tetap.

Simulasi perhitungan pajak suku bunga tahapan berjangka tabungan rencana BRI dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Itulah yang menjadi kekurangan tabungan BritAma rencana karena terkesan diskriminatif (tanpa pemberitahuan lanjut kepada nasabah). Kendati demikian Anda sudah diberi cover asuransi mencapai Rp 1 milyar dan proses pembukaan rekening tanpa memerlukan medical check up. Nah, untuk biaya administrasi bulanan sudah digratiskan

Jika Anda ingin berinvestasi melalui produk simpanan ini, silahkan Anda baca informasi yang sudah Kami sediakan mengenai Tabungan BritAma Rencana.

7). Tabungan BritAma Valas

Satu-satunya jenis tabungan BRI yang menggunakan mata uang asing adalah BritAma Valas. Bagi Anda yang suka mengoleksi ataupun bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI), produk ini cocok untuk tempat menyimpan uang. Jika sudah sudah terkumpul banyak Anda bisa menukarnya menjadi mata uang Indonesia. Terlebih ketika nilai tukar ke dalam rupiah meningkat akan sangat menguntungkan Anda sendiri.

Tabungan BritAma valas adalah simpanan uang menggunakan mata uang asing dengan kemudahan dalam aktivitas transaksi serta nilai tukar yang kompetitif. Jenis mata uang yang bisa disimpan ke dalam tabungan Valas BRI meliputi Dollar USD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, JPY, SAR, dan GBP.

Selain mudah dalam melakukan transaksi dan nilai tukar yang kompetitif, Kelebihan BritAma valas lainnya ialah gratis cover asuransi kecelakaan sebesar Rp 150.000.000,-. Disamping itu proses penyetoran dan penarikan dana bisa dilakukan menggunakan mata uang rupiah ataupun mata uang asing sesuai yang disediakan oleh Bank BRI. Tabungan ini juga dilengkapi dengan fitur installment BritAma valas rencana. Fasilitas kartu debit dapat digunakan untuk cek saldo, tarik tunai, dan purchase melalui ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan mastercard baik di luar maupun di dalam negeri.

Syarat membuka rekening tabungan BritAma Valas di Bank BRI adalah sebagai berikut:

  • Identitas diri sesuai dengan kewarganegaraan nasabah. Jika Anda termasuk ke dalam WNI, cukup melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP ) dan NPWP. Sedangkan untuk WNA wajib melampirkan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening secara lengkap.
  • Menyerahkan setoran awal minimum BritAma Valas sesuai jenis mata uang, antara lain USD 50, AUD 50, SGD 65, EUR 50, CNY 350, AED 175, HKD 350, GBP 50, JPY 5.000, dan SAR 300.

Cara pembukaan rekening bisa dilakukan menggunakan sistem online melalui eform.bri.co.id/home/syarat/dollar. Namun jika masih belum paham langkah-langkahnya bisa diajukan dengan cara biasa dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

8). Tabungan BRI Junio

Tabungan BRI Junio adalah produk simpanan khusus bagi anak yang dilengkapi dengan fasilitas dan fitur yang menarik. Tujuan adanya tabungan ini ialah untuk melatih anak senang menabung sejak usia dini. Selain itu Anda (selaku orang tua) juga bisa menjadikan tabungan junio untuk rencana pendidikan anak melalui lembaga keuangan terpercaya, dalam hal ini Bank BRI. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir karena semua aktifitas keuangan Anak Anda bisa dikontrol menggunakan fasilitas SMS notifikasi.

Syarat dan cara membuka rekening BRI Junio bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Apalagi di Era serba digital seperti sekarang ini bisa dibuka secara online. Namun demikian ketika sudah berhasil Anda tetap harus ke kantor cabang guna melakukan verifikasi data. Oleh karena itu alangkah baiknya proses pembukaan dilakukan seperti biasa saja, yaitu dengan membawa dokumen yang dibutuhkan ke kantor cabang.

Beberapa persyaratan yang perlu disiapkan untuk membuka rekening tabungan BritAma Junio dibedakan atas usia calon nasabah, yaitu anak Anda. Sebab untuk anak yang masih berusia 0-12 tahun dengan anak yang berusia >12-17 tahun sudah berbeda. Artinya ada yang belum sekolah dan ada yang sudah sekolah. Selain itu jumlah setoran awal jenis tabungan BRI Junio pun berbeda, yaitu Rp 100.000,- (usia 0-12 tahun) dan Rp 150.000,- (usia >12-17 tahun).

Ketika melakukan pembukaan rekening, Anda akan diberi sebuah buku tabungan BRI junio. Biasanya, kebanyakan nasabah justru banyak yang bertanya apakah ATM BRI Junio bisa transfer?. Bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI Junio?.  Serta Berapa suku bunga BritAma Junio?.

Informasi selengkapnya bisa Anda baca mengenai produk Tabungan BRI Junio.

9). Tabungan BRI Simpel

Tabungan BRI Simpel (Simpaan Pelajar) merupakan suatu program dari pemerintah dalam bentuk simpanan dana dalam rangka menumbuhkan budaya menabung sejak dini kepada siswa atau pelajar. Jenis tabungan BRI ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dan disahkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Syarat dan cara pembukaan rekening SimPel sangat mudah dan diproses secara cepat. Disamping itu fitur yang diberikan juga sangat menarik.

Perlu diketahui bahwa tempat membuka rekening tabungan Simpel BRI bisa dilakukan pada lokasi yang berbadan hukum Syariah maupun non syariah. Meskipun beda tempat, tapi masih memiliki fungsi yang sama serta syarat & ketentuan sesuai masing-masing perbankan. Adapun fitur yang diberikan kepada nasabah melalui tabungan Simpel tersebut diantaranya ada buku rekening dan kartu debit atau ATM (bagi yang ingin dibuatkan ATM).

Persyaratan membuka tabungan BRI Simpel simpanan pelajar adalah sebagai berikut:

  • Melampirkan fotocopy Kartu Pelajar.
  • Jika belum memiliki Kartu pelajar bisa menggunakan Surat Keterangan dari Sekolah yang mencantumkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)/ NIS (Nomor Induk Siswa).
  • Fotocopy Akta Lahir, Kartu Keluarga, dan KTP Orangtua/ wali.
  • Mengisi formulir Aplikasi Pembukaan Rekening secara lengkap.
  • Melampirkan surat Persetujuan Pembukaan Rekening yang ditandatangani oleh Orang tua/wali.

Besaran tingkat suku bunga, biaya administrasi bulanan, cara cek saldo, cara mengambil uang, serta keuntungan simpanan pelajar ini bisa dilihat pada Tabungan SimPel BRI.

10). TabunganKu BRI

TabunganKu adalah Jenis tabungan BRI bagi perorangan dengan persyaratan yang mudah, karena diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia untuk menumbuhkan budaya menabung. Produk simpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri baik yang diluncurkan oleh Syariah ataupun non syariah. Salah satunya adalah hanya diperuntukkan bagi orang yang sudah dewasa saja. Melalui TabunganKu ini Anda bisa dengan mudah memanajemen finansial Anda. Sebab Anda cuma bisa menabung dan tidak bisa transfer ke sesama bank.

Biaya administrasi bulanan TabunganKu  digratiskan karena sesuai dengan program dari pemerintah memang untuk kepentingan menabung saja. Nah untuk biaya setoran awal minimum sebesar Rp. 20.000,- dan setoran selanjutnya minimum Rp. 10.000. Syarat dokumen yang harus dilengkapi ketika membuka rekening Tabunganku diantaranya ialah identitas diri berupa KTP/ SIM/ Passpor.

Informasi selengkapnya seperti uku bunga, fasilitas, keunggulan dan lain-lain bisa Anda baca  pada uraian mengenai TabunganKu Bank BRI.

Demikianlah beberapa jenis tabungan BRI yang menguntungkan bagi nasabah sesuai dengan situs resminya. Masing-masing produk tabungan di bank BRI tersebut di atas memiliki fitur masing-masing sesuai dengan kebutuhan finansial masyarakat. Oleh karena itu sebelum melakukan pembukaan tentukan terlebih dahulu produk mana yang paling pas untuk Anda. Supaya bisa meraup keuntungan semaksimal mungkin sebagai nasabah BRI.

 

Categories: Tabungan
Cantika Putri: Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.