Solusi Internet Banking BRI Tidak Bisa Login atau Masuk

Posted on

Pernahkah Anda mengalami internet banking BRI tidak bisa login atau masuk? Padahal user ID dan password BRI sudah benar? – Ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi baik itu kesalahan sistem (Bug) atau kelalaian dari penguna itu sendiri. Penyebab tidak bisa dibuka umumnya menampilkan kode error seperti 114, 109, BBR001 dan kode lainnya. Dari kode tersebut, kita sebagai pengguna bisa menyimpulkan apa yang terjadi dan mencari solusinya agar internet banking atau Mobile BRI bisa digunakan lagi untuk transaksi.

Internet banking adalah layanan perbankan berbasis internet yang diberikan kepada nasabah yang sudah mengaktifkannya. Seluruh aktifitas transaksi bisa dilakukan di internet banking di hp. Ada banyak kemudahan ketika menggunakannnya, namun kadangkala ada beberapa kendala akibat kelalain dari pengguna sendiri yang menyebabkan internet banking tidak bisa digunakan. Dan yang paling sering adalah lupa user ID atau password yang membuat mereka tidak bisa menggunakannya.

Penyebab dan solusi Internet banking BRI tidak bisa login

Sebelum kita memperbaiki atau mencari solusi agar internet banking bisa digunakan lagi, kita perlu tahu penyebabnya. Dari penyebab itulah, kita bisa memperbaikinya. Apakah bisa diperbaiki sendiri tanpa ke kantor bank atau harus datang ke kantor untuk mengaktifkan kembali.

Lupa password

Semua pengguna yang lupa password tidak akan bisa login dan transaksi. Umumnya, jika gagal login karena salah password atau user ID akan muncul kode error seperti BBR1006, BBR002P, BBR00C2. Jika internet banking bri tidak bisa login karena lupa password, silakan ikut langkah berikut :

internet banking bri tidak bisa login
  • Masuk ke halaman Internet Banking BRI yaitu ib.bri.co.id
  • Klik tulisan lupa password yang ada di bawah tombol login
  • Klik reset password
  • Masukan No Kartu ATM, Email yang terdaftar User ID dan kode validasi, kemudian klik kirim
  • Silakan buka email, klik link validasi. Lalu akan diarahkan ke situs ib,bri.co.id untuk pergantian password baru
  • Masukan password baru, kemudian konfirmasi password baru dan masukkankode mToken yang dikirimkan BRI melalui SMS. Klik kirim
  • Perubahan password berhasil. Untuk memastikannya, silakan gunakan login.

NOTE :Cara ini hanya bisa dilakukan kepada pengguna internet banking BRI yang terdaftar di layanan M token. Jika tidak, Anda harus datang ke kantor cabang untuk mengurusnya.

Lupa User ID/ email

Jika lupa user id atau email yang terdaftar, Anda juga bisa datang ke kantor BRI terdekat untuk mengubah keduanya. Syaratnya bawa buku tabungan, kartu ATM, KTP dan hp dengan akses internet. Jika syarat tidak ada. Silakan buka dari awal, selengkapnya : cara daftar internet banking BRI dari hp android

Kode Error 114 

Jika pengguna internet banking bri tidak bisa login karena muncul “114 – Transaksi Anda tidak dapat diproses. Silakan mencoba kembali beberapa saat lagi. “ Hal ini disebabkan karena jaringan internet lambat atau koneksi terputus. Solusinya, tunggu koneksi stabil atau ganti koneksi lain yang lebih lancar. 

Maintenance

Jika saat login muncul Kode Error BBR00QC, ISO000Q4, ISO000Q1, ISO0003, BBR2002 maka Anda tidak perlu panik dan langsung ke kantor cabang untuk memperbaikinya. Hal tersebut disebabkan karena tidak terkoneksinya jaringan ke server Internet Banking BRI, mengakibatkan loading lambat dan akhir nya muncul kesalahan kesalahan dari salah satu kode error. Silakan coba beberapa saat lagi, biasanya pihak BRI lagi maintenance memperbaiki jaringan dan layanan internet banking BRI.

Internet banking BRI tidak bisa login muncul Kode Error BBR2004 

Ada dua penyebab kenapa muncul Kode Error BBR2004 antara lain :

  • Pengguna sebelumnya tidak log out atau keluar dari internet banking BRI terlebih dulu sebelum tutup browser di hp atau komputer sehingga saat Anda masuk lagi tidak bisa atau error. Untuk mengatasinya, Silakan hapus history dan cache browser yang kalian gunakan.
  • Pengguna login lebih dari satu di beberapa browser. Misal Anda login internet banking BRI di hp dan di komputer atau laptop. Silakan logout salah satunya, agar bisa digunakan kembali.

Belum terdaftar di layanan M token BRI

Pada saat registrasi internet banking, Anda diberikan pilihan untuk mengaktifkan mtoken sendiri atau dilakukan si CS. Jika anda belum atau tidak mengaktifkannya, Anda tidak bisa menggunakan internet banking. Dan kalau login muncul Kode Error BBR2015. Untuk mengatasinya, silakan aktivasi m token lebih dulu ke kantor cabang BRI terdekat.

Bagaimana jika solusi internet banking bri tidak bisa login belum tuntas dengan urain diatas,? Cara cepatnya, langsung datang ke unit BRI. Jika belum sempat, Anda bisa menghubungi call center BRI di 4017 atau (021) 1500 017.

Tips Aman Menggunakan Internet Banking BRI

  • Buatlah password dan user yang unik dan gampang dihafal. Jangan terlalu rumit. Jika perlu dicatat dibuku agar suatu saat lupa bisa dibuka kembali
  • Gunakan internet banking BRI di jaringan internet sendiri. Jangan sering sering pakai wifi umum.
  • Lakukan transaksi disaat jaringan stabil dan lancar. Jika jaringan tidak stabil maka terjadi kesalahan kesalahn saat transaksi yang membuat transaksimu gagal.
  • Setiap masuk internet banking, jangan lupa logut dulu
  • Gunakan satu browser untuk transaksi dan jangan simpan password di browser
  • Dan paling penting, gunakan internet banking ketika ada saldonya ya. Sebab jika saldonya kosong membuat hati ini serasa sedih

Itulah beberapa penyebab dan solusi internet banking BRI tidak bisa login atau digunakan untuk transaksi. Penyebab penyebab yang muncul dari kesalahan sistem, jaringan atau kelalain pengguna sendiri. Pada intinya, jangan panik dulu, karena membuat kita tidak bisa berpikir panjang dan jernih. Semua masalah layanan perbankan ada solusinya di CS BRI, hehe. Sekian semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.