Cara Mengamankan Kontak Dari Pinjaman Online Dengan Mudah

Posted on

Cara mengamankan kontak dari pinjaman online dengan mudah – Seiring dengan perkembangan teknologi hampir semua sudah dijalankan menggunakan online. Misalnya saja usaha jualan, bisnis, investasi, hingga jasa seperti keuangan (Fintech). Melalui sistem online masyarakat tidak perlu lagi repot karena sudah bisa dilakukan dengan menggunakan Hp saja. Sebagai contoh ialah pinjaman online, pinjol yang sewaktu-waktu bisa diajukan ketika sedang butuh uang cepat.

Dari berbagai pengalaman yang meminjam uang kredit secara online menyatakan bahwa secara otomatis kontak Anda tersadap oleh penyedia utang (kreditur). Sebab itulah Anda selalu dihubungi melalui sms, telp, dll yang mengingatkan untuk segera melunasi pinjaman. Jika tidak membayar pinjaman online, maka Anda akan berurusan dengan debt collector. Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah Anda akan terdaftar ke dalam daftar BI Checking. Artinya, ketika mengajukan pinjaman disebuah lembaga keuangan tidak akan diterima karena sudah tidak dipercaya lagi.

Sebelum membahas mengenai cara mengamankan kontak dari pinjaman online ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama jangan sekali-kali memalsukan data pribadi. Meskipun Anda melakukan pemalsuan identitas termasuk nomor Hp, tetap akan ketahuan karena penyedia pinjaman memiliki server yang bisa mengambil data Anda. Jika melakukan pemalsuan bisa-bisa Anda dituduh menggunakan data orang lain dan dikenakan pasal ITE dan berurusan dengan pihak berwajib.

Cara Mengamankan Kontak Dari Pinjaman Online

Bagaimana cara melindungi atau mengamankan data kontak kita dari aplikasi pinjaman online?. Pertanyaan tersebut banyak disampaikan oleh nasabah yang sudah pernah pinjam uang online. Bagaimana tidak, aplikasi pinjol benar-benar luar biasa karena jika terlambat membayar sehari dua hari, kontak yang ada di Hp langsung ditelepon. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan sebaiknya carilah tempat pinjaman online terbaik dan terpercaya. Misalnya pinjam uang di bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan sebagainya. Sebab akhir akhir ini banyak pinjol ilegal yang tidak terdaftar ke dalam Otoritas Jasa Keuangan, OJK.

Proses pengamanan data kontak pribadi dari aplikasi pinjaman online sebenarnya tidak bisa dilakukan. Kenapa?, karena data Anda sudah masuk ke dalam sistem mereka. Sebab itulah yang bisa menghapus data Anda cuma mereka sendiri. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir. Data Anda yang berhasil dipegang oleh mereka hanya bisa disebarkan kesemua kontak Anda saja. Oleh sebab itu sebelum data tersebar pastikan semua kontak yang ada di Hp Anda untuk mengbaikan sms atau telepon atas penagihan anda.

Baca Juga : Cara Menghapus Data Pribadi Dari Pinjaman Online

Selain memastikan seluruh kontak Anda seperti di atas, bisa juga mempraktikkan cara mengamankan kontak dari pinjaman online secara manual. Adapun pengamanan yang bisa dipraktikkan adalah sebagai berikut:

1). Non-aktifkan Perijinan Aplikasi

Biasanya saat mengistall aplikasi pinjaman online, smartphone akan memberi perintah untuk mengaktifkan sebuah aplikasi. Pada proses tersebut sebaiknya dibiarkan saja nonaktif, tapi yang sudah terlanjur aktif sebaiknya dirubah menjadi nonaktif. Umumnya data yang dilihat atau diambil oleh aplikasi pinjaman online adalah data kontak. Jika sudah diambil maka kemanapun Anda pergi akan tetap ketahuan oleh penyedia pinjaman online.

cara mengamankan kontak dari pinjaman online

2). Melalui Menu Setting Pada Smartphone

Langkah-langkah mengamankan data dari pinjaman online secara manual dengan cara masuk ke dalam menu pengaturan Hp. Pertama, silahkan Anda Buka pengaturan atau setting pada smartphone, Pilih fitur aplikasi dan carilah aplikasi pinjaman online yang sudah Anda install. Pada perizinan aplikasi tersebut, terdapat beberapa daftar pilihan seperti kalender, kamera, kontak, penyimpanan. Ubah posisi perizinan mejadi nonaktifkan seperti yang tertera pada gambar di atas.

Tujuan diubah menjadi nonaktif supaya aplikasi tersebut tidak bisa mengakses data seperti kontak hingga lokasi Anda. Meskipun sudah non aktif tapi aplikasi pinjol masih bisa digunakan. Kendati demikian bukan berarti Anda bebas dari masalah penagihan hutang. Anda harus tetap melunasinya karena Anda lah yang meminta pengajuan hutang

3). Menambah Daftar Kontak

Cara mengamankan kontak dari pinjaman online yang selanjutnya adalah dengan menambah daftar kontak baru dengan kontak palsu sebanyak mungkin. Anda bisa mengisi kontak kurang lebih sebanyak 100 nomor. Fungsi dari pemalsuan nomor kontak ini bertujuan untuk pengalihan ketika Anda dihubungi melalui daftar kontak yang ada di dalam handphone Anda. Karena jika tidak bisa membayar angsuran, penagih hutang akan mulai menghubungi kontak kerabat, saudara atau teman Anda.

Baca Juga : Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor/ Mobil

Biasanya pemilik hutang (debitur) yang masih pemula merasa ketakutan apabila aplikasi pinjaman online melihat seluruh kontak yang ada di dalam smartphone. Saking paniknya debitur biasanya akan mulai menghapus satu per satu kontak tersebut. Tindakan seperti itu justru akan membuat pihak pinjol merasa curiga karena daftar kontak Anda tiba-tiba menghilang. Oleh sebab itu sebaiknya mengganti dengan cara menambah kontak dengan yang baru dengan jumlah lebih banyak.

4). Mengganti SIM Card Baru

Untuk mengamankan kontak dari pinjaman online paling mudah dan cepat adalah dengan mengganti kartu SIM card dengan yang baru. Jika Hp Anda terdapat 2 tempat kartu SIM, backup atau pindahkan media chatting seperti whatsapp dari nomor lama ke nomor baru.

5. Putuskan Hubungan Aplikasi Sosial Media

Membuat akun media sosial yang paling mudah ialah menggunakan nomor Hp. cukup memasukkan nomor dan kata sandi, Anda sudah terhubung dengan beberapa orang baik yang dikenal maupun tidak dikenal. Nah, dari sini pihak pemberi pinjaman bisa menghubungi semua orang yang memang sudah terhubung dengan akun medsos Anda. Untuk itu silahkan putuskan hubungan ke aplikasi sosial media seperti FB, Twitter, hingga Instagram.

Jika berat hati untuk memutuskan hubungan jejaring media sosial, Anda bisa menggantikannya dengan nomor lain. Jangan lupa ubah juga e-mail yang Anda gunakan. Namun jika email tersebut terdapat pesan yang sangat penting, buatlah email baru dan tukar tautan nomor baru dengan nomor lama terhadap kedua email yang dimiliki.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mengamankan kontak dari pinjaman online dengan mudah. Jika memang sudah terlanjur pinjam, lunasilah dengan membayar cicilan pinjaman online sesuai dengan kesepakatan. Meskipun data kontak pribadi tidak sinkron ke Google, namun aplikasi pinjol memiliki server yang sangat baik untuk bisa mengambil identitas Anda.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.