Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian dan Shopee

Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas cara menabung emas di pegadaian, pada artikel ini adalah lanjutannya yang membahas kalau tabungan sudah memenuhi target atau bagaimana cara mencairkan tabungan emas pegadaian tersebut? Selain di aplikasi pegadaian digital, ternyata banyak juga yang menabung emas di shopee, shopee ini mitra pegadaian jadi sama sama produk pegadaian. Sekalin kita bahas cara menjualnya.

Ada dua pilihan mencairkan saldo tabungan emas, yaitu menjualnya dan cetak emas. Menjual emas artinya saldo emas tersebut dijual ke pihak pegadaian (atau istilahnya buyback) dengan harga pasar pada saat itu. Jika harga jual lebih tinggi dari harga saat beli, kalian akan mendapatkan selisih yang bisa disebut sebagai keuntungan. Penjualan emas tersebut akan diproses secara langsung, dan uang akan masuk ke rekening dalam waktu 1 x24 jam.

Pilihan kedua adalah cetak emas. Bagi kalian yang ingin mencetak emas dari saldo tabungan yang terkumpul, terdapat pilihan cetak emas mulai 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram dan 100 gram. Pengajuan cetak emas bisa langsung di aplikasi pegadaian digital, dan nantinya pengambilan emas di outlet pegadaian terdekat yang kalian pilih saat mendaftar tabungan emas pertama kali. Selain itu ada ada tambahan biaya administrasi, biaya penitipan serta biaya cetak emas itu sendiri. Semua ditanggung nasabah.

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian ke Rekening atau (Jual Emas)

Ketika kalian memilih jual, berarti cara mencairkan tabungan emas pegadaian di aplikasi pilih menu jual. Sebelum menjual, kalian harus mempertimbangkan harga jual emas hari tersebut, pastikan harga emas pada saat itu lebih tinggi dari waktu kalian beli atau menabung. Selain itu ada hal penting lain, yakni harus ada saldo mengendap 0,1 gram di aplikasi. Jika memang sudah mantap menjual, silakan ikuti petunjuk berikut :

Buka aplikasi pegadaian digital, login dengan akun kalian.

cara mencairkan emas di pegadaian

Jika berhasil masuk, pada halaman depan, silakan pilih menu tabungan emas, lalu pilih menu jual. Biasanya sudah terlihat harga emas pada saat itu di aplikasi.

cara mencairkan emas di pegadaian

Masukan jumlah emas yang akan dijual. Di kolom bawahnya akan terisi otomatis harga jualnya.

Centang syarat dan ketentuan. Klik selanjutnya.

Maka muncul rincian harga yang akan dijual, klik selanjutnya.

Jika berhasil, ada notifikasi penjualan berhasil. Uang akan dikirim ke rekening kalian dalam waktu 1×24 jam kerja

Cara Cetak Emas di aplikasi pegadaian digital

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian yang kedua adalah dengan mencetak emas dari saldo yang terkumpul. Untuk mencetak emas, syaratnya adalah saldo harus mengendap 0,1 gram. Jadi misal mau cetak 5 gram, setidaknya punya saldo sebesar 5,1 gram ya.

  • Silakan buka aplikasi pegadaian digital
  • Pilih menu emas, pilih cetak emas, kemudian centang syarat dan ketentuan, klik selanjutnya
  • Pilih emas batangan ANTAM atau emas UBS. Kemudian pilih denominasi mulai dari 1, 5, 10, 50 dan 100 gram. tertera juga biaya cetaknya. Klik selanjutnya
  • Maka akan dialihkan ke tempat percetakan emas pegadaian terdekat yang kalian pilih saat pembukaan tabungan emas.
  • Klik selanjutnya, muncul rincian biaya percetakan emas. Silakan pilih metode pembayaran. Misal BNI,
  • Muncul kode pembayaran. Silakan bayar pakai atm, atau mobile banking BNI
  • Jika sudah, maka muncul notifikasi order cetak sukses

Berapa lama percetakan selesai dan bisa diambil? Berdasarkan offisial sosial media dari pegadaian, percetakan membutuhkan waktu mulai dari 15 hari sampai 45 hari tergantung kesibukan pegadaian.

Berikut biaya pencetakan emas di pegadaian

nominasi ANTAMUBS
1 GramRp120.000,-Rp60.000,-
2 GramRp140.000,-Rp100.000,-
5 GramRp250.000,-Rp130.000,-
10 GramRp380.000,-Rp200.000,-
25 GramRp550.000,-Rp300.000,-
50 GramRp800.000,-Rp500.000,-
100 GramRp1.000.000,-Rp770.000,-

Jika dihitung hitung mahal ya, ya bener. Namun jika beli langsung dalam bentuk batangan belum tentu dari kita mampu membelinya. Setidaknya bisa memiliki emas untuk bahan lamaran atau hadiah untuk istri di masa depan.

Bagaimana lewat shopee?

  1. Masuk ke aplikasi shopee, pilih menu pulsa, tagihan, dan hiburan kemudian klik emas pada kelompok keuangan
  2. pilih menu jual dan tentukan jumlah emas yang ingin Anda jual (gr/rp)
  3. Masukan nama dan nomor rekening bank yang sesuai dengan data diri kalian di tabungan. No rekening yang digunakan bisa BCA, MANDIRI, BNI, BRI serta BSI syariah
  4. Muncul rincian penjualan, klik konfirmasi jika sudah benar.
  5. Penjualan berhasil, dana akan di transfer ke rekening dalam waktu 1×24 jam

Begitulah gambaran mengenai cara mencairkan tabungan emas pegadaian di aplikasi digitalnya atau di aplikasi shopee/rekanan. Kalian bisa memilih menjualnya dalam bentuk uang yang bisa digunakan keperluan lain atau bisa dicetak emas batangan untuk investasi kedepan atau untuk hadiah pacar atau istri tercinta. Sekian, semoga bermanfaat.

cara mencairkan emas di pegadaian
Next Post

No more post

Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

You May Also Like