X

Cara Menaikan Limit Kartu Kredit BRI Otomatis

Bisakah limit kartu kredit BRI naik otomatis tanpa pengajuan? Ini sebuah pertanyaan yang bagus, dimana banyak nasabah kartu kredit yang mengajukan kenaikan tetapi ditolak atau butuh proses lama sampai berbulan bulan. Sementara juga ada banyak pihak yang bisa mendapatkan kenaikan limit secara otomatis dibulan berikutnya. Entah apa yang menjadi pertimbangan Bank, yang pasti mereka punya kriteria calon nasabah yang mendapatkan limit baru.

Secara umum, limit adalah batasan nominal penggunaan kartu kredit. Besar limit awal kartu kredit didasarkan pada penghasilan atau gaji per bulan nasabah, keadaan keuangan sekarang maupun masa lalu (riwayat kredit) serta jenis kartunya. Jika dalam penggunaannya limit kurang, maka nasabah bisa mengajukan kenaikan. Kenaikan kartu kredit bisa bersifat sementara dan permanen. Limit naik sementara hanya kisaran 1-3 bulan, sedangkan permanen adalah seterusnya tanpa ada penurunan kembali.

Dua Cara Menaikkan limit kartu kredit BRI

Nasabah bisa mendapatkan Kenaikan limit kartu kredit dengan 2 cara, yaitu nasabah menghubungi call center kartu kredit dan bank menawarkan ke nasabah melalui telepon. Setelah penawaran atau pengajuan, bank akan menganalisa kredit nasabah dari berbagai pertimbangan seperti kelancaran pembayaran, jumlah kenaikan dll.

Pengajuan lewat call center BRI

  1. Silakan menghubungi Call BRI di 14017 atau 1 500 017 atau datang ke kantor cabang
  2. Sampaikan ke CS bahwa ingin mengajukan limit kartu kredit
  3. Kemudian CS akan meminta dokumen seperti KTP, NPWP, SIUP/izin usaha bagi bukan pegawai, rekening koran, slip gaji, dan surat pernyataan untuk menaikkan limit kartu kredit. Surat pernyataan bisa didownload di situs resmi BRI
  4. Kirimkan ke email bri  callbri@bri.co.id dalam bentuk scan foto

Pihak Bank akan menganalisa berkas dokumen, riwayat penggunaan kartu kredit dan pertimbangan keuangan lainnya. Setelah pengajuan diterima ada dua kemungkinan, nasabah mendapatkan kenaikan sementara atau kenaikan permanen. Kenaikan sementara bisa 1-3 bulan. Kenaikan limit sementara atau temporer hanya bisa dilakukan oleh kartu pemegang utama dan kenaikan maksimal 100%.

Limit sementara tidak bisa digunakan untuk transaksi cicilan karena waktunya yang singkat. Apabila pada waktu kenaikan limit temporer masih terdapat tagihan, maka dianggap melebihi limit. Status kartu kredit menjadi over limit dan akan dikenakan over limit fee sesuai ketentuan. kalau permanen berarti selama kartu aktif. Hanya saja tetap membutuhkan slip gaji terbaru, dokumen tambahan rekening listrik, pbb atas nama sendiri serta hanya bisa dilakukan nasabah yang sudah memegang kartu kredit secara aktif minimal 6 bulan.

Tips limit kartu kredit naik otomatis

Tidak semua nasabah kartu kredit bisa mendapatkan limit kredit naik secara otomatis. Nasabah yang dihubungi oleh bank adalah yang beruntung mendapatkannya. Tidak seperti pengajuan secara mandiri yang kadang perubahannya cukup lama, belum tentu bulan berikutnya langsung naik. Agar bisa seberuntung yang lain, ada beberapa tips agar bank menghubungimu untuk menaikan limit. Hal ini didasari dari pengalaman pribadi penulis setelah 6 bulan pemakaian.

Gunakan Kartu kredit Saat Belanja online sesering mungkin

Ada banyak promo belanja di marketplace seperti tokopedia, shopee dan lazada dengan metode kartu kredit. Sebagai pemegang kartu kredit dan memang butuh barang barang tersebut selayaknya menggunakannya. Semakin sering nasabah menggunakannya, semakin besar peluang mendapatkan limit lebih besar bulan berikutnya.

Bank akan menganggap bahwa nasabah memang butuh dan ketergantungan dengan kartu kredit. Hal ini yang menjadi pertimbangkan bank, apalagi ditambah dengan riwayat kredit yang bagus, pembayaran lancar, maka akan semakin menarik bank untuk menawarkan limit baru ke nasabah. Namun tetap dalam batas wajar, tidak over limit.

Penggunaan sesuai limit, tidak over

Berapa penggunaan yang bijak terhadap limit kartu kredit BRI? Setidaknya 70-80 % dari limit. Pokoknya jangan sampai over limit dan lebih dari 50%. Misal limit 10 juta digunakan sampai 8 jutaan. Jangan sampai melampaui batas limit, sebab bank menganggap nasabah kurang bijak dalam mengelola finansial.

Pembayaran Lancar

Salah satu pertimbangan yang sangat mempengaruhi adalah mengenai pembayaran tagihan kartu kredit. Jika nasabah selalu membayar tagihan tepat waktu saat jatuh tempo, tidak melebihi tanggal jatuh tempo akan sangat mempengaruhi riwayat kredit. Riwayat kredit yang jelek akan sulit mengajukan kenaikan limit kartu kredit. Solusinya biar gak telat, nasabah bisa menggunakan pembayaran autodebet atau pembayaran otomatis.

Cantika Putri: Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.