X

Cara Kredit Motor BCA : Baru dan Bekas

BCA adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang memiliki produk pembiayaan Kredit Motor BCA baik baru maupun bekas. Khusus sepeda motor, Nasabah BCA bisa mengajukan di perusahaan anak BCA, yaitu BCA multifinance. Sementara BCA hanya mengeluarkan pembiayaan produk untuk motor antik, motor gede (MOGE) dan mobil baru.

Memiliki motor baru dengan cepat memang bukan sekadar mimpi belaka, karena di Indonesia banyak yang menyediakan pembiayaan kredit motor baik baru mapun bekas atau second/seken. Dengan Uang muka, bahkan tanpa DP, nasabah sudah bisa membawa motor baru impian ke rumah. Adapun syarat dan ketentuannya tidak begitu sulit.

Honda suzuki, yamaha adalah beberapa merk motor yang laris dipasaran Indonesia. Dari merk tersebut ada puluhan tipe motor sesuai keinginan Anda. Contoh merk Honda ada vario, beat, scoopy, revo, supra, PCX, Forza, firza, CB, CBR dan lainnya. Lalu bagaimana dengan Anda, apakah anda tertarik kredit Motor BCA multifinance?

Produk Pembiayaan Kredit Motor BCA Multifinance

Ada beberapa produk Pembiayaan Kredit Motor BCA Multifinance yang perlu diketahui sebelum mengajukan kredit. Sebab beda produk beda pula syarat dan ketentuannya. Berikut:

Kredit Kepemilikan Motor, KPM

KPM merupakan produk kredit sepeda motor baru dari BCA Multi Finance yang khusus masyarakat umum, perusahaan, maupun kolektif (Diluar nasabah tabungan BCA). KPM siap menyediakan beragam tipe dan merk motor dengan tenor dan uang muka yang sesuai dengan kemampuan.

Kredit Sepeda Motor, KSM

Khusus nasabah BCA, Kalau mau kredit motor baru lewatnya produk KSM. KSM akan memberikan produk pembiayaan sepeda motor baru dari BCA Multi Finance dengan harga khusus serta kemudahan bertransaksi, sebab angsuran lebih murah dan pembayaran bisa menggunakan autodebet BCA.

Kredit Motor Bekas

Bagi yang belum sanggut mengambil motor baru, Anda juga bisa mencari motor bekas dengan kualitas bagus dengan cara kredit. Lewat Kredit Motor Bekas, KMB nasabah bisa memilih beragam merk motor bekas. Tidak perlu khawatir masalah tipe dan merk karena KMB bekerjasama dengan banyak dealer dan pos di seluruh Indonesia. Pembayaran angsurannya pun mudah karena bekerja sama Indomaret, Alfamart group, Kantor Pos dan BCA untuk pembayaran angsuran bagi yang malas pakai rekening.

Syarat dan Ketentuan

KTP pemohon dan Pasangan
Kartu Keluarga dan surat nikah/cerai
Slip Gaji atau surat keterangan penghasilan
Foto kopi Cover Tabungan BCA (Nama, No Rek & Cab. Bank) khusus nasabah BCA atau KSM
Surat Kuasa Potong Gaji (wajib) dari perusahaan atau tempat kerja
Surat Pernyataan Auto Debet, tidak wajib untuk nasabah KPM

Alur dan Prosedur Pengajuan Kredit Motor di BCA

Setelah melengkap persyaratan dokumen diatas, silakan datang ke kantor BCA atau BCA multfinance pada jam kerja. Utarakan ingin mengajukan kredit sepeda motor. Staff akan menerima berkas dokumen Anda, serta staff akan memberikan informasi mengenai alur dan prosedur kredit. Biasanya Anda akan mendapatkan brosur daftar harga kredit motor BCA multfinane untuk memilih Motor, tipe, DP dan tenor.

Setelah berkas diterima 1-2 hari, maka tim BCA akan melakukan Survey ke lokasi tempat tinggal Anda. Tim survey akan melakukan verifikasi berkas, mempertanyakan beberapa hal tentang pekerjaan, kesungguhan, komitmen, identitas dll. Pada saat proses survey kesesuaian data persyaratan, sikap dan jawaban sangat diperhitungkan diterimanya kredit atau tidak. Jadi jawab jujur, sopan dan jelas.

Jika disetujui, Tim BCA akan mengkonformasi Pengiriman Motor. Lama pengiriman dari survei 1-2 hari kerja tergantung kesibukan kantor. Plat motor akan menyusul 2-4 minggu kemudian. Jadi jangan jauh jauh dulu.

Tabel Angsuran Kredit Motor BCA

Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa melihat contoh tabel angsuran kredit MOTOR BCA multfinance, meski nanti akan mendapatkannya di kantor, namun dengan melihat jauh jauh hari, tentua akan lebih matang memutuskan ingin memilih tipe motor, DP dan jangka waktu angsuran.

Panduan Cara Membayar Aangsuran kredit Motor BCA Multifinance

Kewajiban setelah menerima motor adalah membayar angsuran tepat waktu. Jika tidak tepat waktu maka ada denda. Ada beberapa pilihan metode pembayaran angsuran kredit motor BCA yang bisa kalian pilih berikut :

Bayar kredit BCA lewat teller

Ambil antrian, dan isilah formulir pembayaran kredit sebagai berikut:

  • Pengisian No Rekening Customer diisi dengan mencantumkan 5 digit kode BCA Multi Finance (20222) + 14 digit nomor kontrak. Contoh: (2022212345678901234)
  • Nama Pemilik Rekening diisi dengan nama sesuai dengan kontrak
  • Biaya administrasi Rp 5.000,- per transaksi

Lewat ATM BCA

  • Pilih menu “TRANSAKSI LAINNYA” Pilih “PEMBAYARAN”
  • Pilih “LAYAR BERIKUT”, lanjut Pilih “LAIN-LAIN”
  • Masukan kode perusahaan BCA Finance “710018” tekan “BENAR”
  • Masukan 14 Digit no kontrak Anda, tekan “BENAR”
  • konfirmasi nama, nomor kontrak dan jumlah yang Anda bayar sesuai, apabila sudah, tekan “YA”
  • Pembayaran berhasil, simpan struk sebagai bukti penghasilan

NOTE : Keterlamatan lebih dari 2 bulan tidak bisa menggunakan pembayaran ATM, nasabah harus ke kantor bca finance

Mobile banking BCA

  • Buka aplikasi M BCA
  • Pilih m-Transfer, lalu Pilih BCA Virtual Account
  • Masukan No Virtual Account yaitu 5 (lima) digit Kode Perusahaan BCA Multifinance (20222) dan 14 digit No Kontrak, Lalu tekan “OK” misal: 20222+78498728273867
  • Pilih “OK” dan masukkan kata sandi m-Banking .
  • transaksi pembayaran anda telah berhasil. Screen shoot untuk bukti pembayaran

Auto debet BCA

Untuk menggunakan metode pembauaran autodebet BCA, maka Anda wajib memiliki tabungan BCA dan membuat surat kuasa autodebet. Ketentuan auto debet :

  • Pembayaran dilakukan dilakukan secara otomatis setiap bulan pada tanggal jatuh tempo, tidak perlu bayar ke atm.
  • Jika tanggal jatuh tempo hari libur kerja, maka pendebetan dilakukan hari kerja sebelumnya
  • Dana untuk pembayaran angsuran paling lambat 1 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo, jika tidak pendebetan gagal
  • Autodebet dilakukan sampai dengan angsuran terakhir

Bayar kredit BCA lewat Indomaret dan alfamart

Bagi nasabah kredit motor BCA yang tidak memiliki rekening, atau malas ke ATM karena jauh, bisa melakukan pembayaran angsuran kredit BCA di Indomart atau alfmart dengan cara berikut.

  • Datang ke gerai indomaret/afamart
  • utarakan ke kasir ingin bayar tagihan motor, kemudian sebutkan nomor kontrak Anda / tunjukkan kartu konsumen Anda kepada kasir.
  • Kasir akan memproses pembayaran sampai selesai,
  • pastikan Anda menerima print asli bukti pembayaran yang sah

Note :

  • Keterlambatan pembayaranlebih dari 1 bulan tidak diperkenankan melalui Indomaret dan alfamart
  • Pembayaran Angsuran terakhir/pelunasan hanya bisa dilakukan di kantor cabang asal BCA MF, dimana anda mengajukan motor
  • Apabila sistem di Indomaret atau alfamart sedang offline, tidak diperbolehkan bayar disitu.
  • biaya administrasi Rp 7.500,- untuk  roda 2
  • Selain indomart atau alfamart, jiga bisa melakukan pembayaran di kantor pos terdekat.

Cara Klaim Asuransi

Ada dua pilihan Asuransi yaitu, comprehensif dan TLO. namun penulis sarankan untuk memilih ke Asuransi TLO total loss only saja. Sebab kerusakan kecil di comprehensif kadang claimnya agak susah. Sementara TLO menjamin pertanggungan kerugian akibat dari kecelakaan dengan minimum kerusakan ≥75% dari harga pertanggungan atau kehilangan karena dicuri.

  1. Konsumen wajib melaporkan Klaim ke Cabang BCA MF, maksimal dalam waktu 5 x 24 jam (5 hari kalender) sejak terjadi kehilangan atau kecelakaan.
  2. Melengkapi dokumen klaim asuransi sebagai berikut :
    • Formulir Klaim Asuransi (Diisi oleh konsumen pada saat pelaporan di BCA MF)
    • STNK dan Kunci asli kendaraan
    • Copy SIM C (yang masih berlaku) dan KTP Tertanggung
    • KTP Pelapor atau KTP pengemudi terakhir jika motor sedang digunakan orang lain
    • Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kepolisian dibuat kantor polisi
    • Surat Sita STNK dan kunci (STT), jika STNK dan kunci disita pihak kepolisian dibuat di kantor polisi juga.
  3. Berkas akan diteruskan ke pihak asuransi, kemudian pihak asuransi akan survey untuk mengetahui kronologis kejadian kehilangan dan akan memberitahukan hasil akhir klaim kepada BCA MF. BCA finance akan melanjutkan hasil aktif tersebut, diganti, atua tidak atau dibayar sebagian.

Pengambilan BPKB ketika sudah lunas

Pengambulan BPKB dilakukan oleh konsumen sendiri atau diwakilkan dengan syarat ada surat kuasa. Persyaratan kelengkapan dokumen untuk pengambilan BPKB oleh Konsumen Sendiri di Kantor BCA multfinance:

  1. Asli Kartu Identitas Debitur (KTP/Resi KTP) yang masih berlaku
  2. Asli kuitansi terakhir pembayaran pelunasan
  3. Surat kuasa (jika diwakilkan)

Dimana kita bisa menemukan kantor multifinance? Silakan gunakan link jaringan BCA multifinance berikut : https://www.bcamf.co.id/jaringan/cabang

Begitulah kira kiranya gambaran secara umum tentang alur dan prosedur kredit motor BCA multifinance. Nantinya Anda bisa mengajukan kredit sepeda motor sesuai merk dan tipe keinginan. Jangan tunggu tabungan kalau Anda tidak bisa menabung. Lebih baik kredit agar bisa langsung menikmati motor baru.

Categories: Pinjaman
Cantika Putri: Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.