X

Cara Daftar UMKM BRI online Gratis Bantuan 2,4 juta

Cara daftar UMKM BRI Online – UMKM atau kependekan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan kelompok usaha yang sering mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah Indonesia. Sebab kelompok usaha ini sangat membantu roda perekonomian negara dengan menyuplai sebagian besar penghasilan domestik Bruto. Fenomena tersebut, membuat pemerintah terus mendukung dalam berbagai bentuk pelatihan dan pembiayaan hingga hibah Bantuan UMKM seperti Kredit Usaha Rakyat, KUR. Dan pada masa pandemi ini, pemerintah juga memberikan bantuan bagi UMKM agar tetap bertahan usahanya.

Pelaku usaha mikro dan kecil mendapatkan bantuan sebesar 2,4 juta. Bantuan ini diberikan langsung tunai melalui bank BRI. Anda bisa cek daftar penerima bantuan UMKM melalui link https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum . Bagi yang merasa tidak terdaftar sebagai penerima. Anda bisa mendaftar melalui beberapa lembaga pengusul bantuan. BRI salah satunya. Adapun lembaga lainnya seperti :

  • Dinas Kabupaten/kota yang bertanggung jawab atas Koperasi dan UKM
  • Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  • Kementerian atau Lembaga berkaitan
  • Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang telah terdaftar di OJK.

Syarat Daftar UMKM BRI Online

Bank BRI sebagai salah satu perbankan, bisa anda manfaatkan untuk mendaftarkan bantuan UMKM. Adapun syarat dan cara daftar UMKM via BRI, kamu bisa simak informasinya di bawah ini.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP milik sendiri.
  2. Tidak sedang dalam masa kredit atau penerimaan modal di bank lain.
  3. Bukan berasal dari aparatur sipil negara seperti, TNI/Polri, pegawai BUMN, dan sejenisnya.
  4. Sediakan KTP dan Kartu Keluarga.
  5. Sediakan nomor telepon aktif
  6. Memiliki usaha mikro seperti, penjual gorengan, menjahit, bengkel, berdagang dan masih banyak lagi.
  7. Untuk yang memiliki usaha tidak sesuai domisili, maka wajib melampirkan SKU atau Surat Keterangan Usaha.

Cara Daftar UMKM BRI Online Lengkap 2021

Setelah menyiapkan persyaratan di atas, saatnya kamu melakukan pendaftaran UMKM via BRI Online dengan mudah, seperti berikut.

  1. Masuk ke aplikasi BRI Online, lalu klik menu daftar UMKM. atau kalau ribet langsung ke kantor cabang saja ya.
  2. Setelah itu, akan muncul formulir yang mesti kamu isi, seperti NIK KTP, Nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat sesuai KTP, Bidang usaha yang dimiliki, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.
  3. Jika sudah terisi semuanya, kamu tinggal menunggu SMS atau telepon konfirmasi dari pihak CS. Sebab, meskipun pendaftaran dilakukan secara online, kamu tetap harus mengunjungi kantor BRI terdekat untuk melakukan pendaftaran berikutnya.
  4. Kalau sudah mendapatkan telepon atau SMS dari pihak CS BRI, Kamu bisa langsung menuju kantor BRI terdekat dan mengantri sesuai nomor antrian.
  5. Ketika nomor antrian milikmu di panggil, silakan langsung temui CS, lalu katakan bahwa kamu sudah melakukan pendaftaran secara online di website BRI.
  6. Pihak CS akan meminta kamu untuk mengisi sejumlah formulir dan meminta data dokumen yang kamu diisikan dalam formulir online.
  7. Setelah memeriksa dokumen yang kamu bawa, CS akan memintamu untuk melakukan pembuatan rekening BRI terlebih dulu. Pembuatan rekening ini hanya berlaku untuk pelaku UMKM yang belum memiliki rekening BRI.
  8. Setelah sudah memiliki rekening dan ATM BRI, maka dana akan segera dikirim dalam beberapa hari kerja.
  9. Sebelum dana dikirimkan, pihak bank biasanya akan survey lokasi usahamu terlebih dulu untuk memastikan dan dijadikan sebagai data pendukung.
  10. Apabila sudah sesuai, dana UMKM bisa segera cair, serta kamu bisa menggunakannya untuk modal usaha yang telah dimiliki tersebut.

Cek Penerima bantuan

Selain itu, kamu bisa mengecek melalui laman BRI Online, apakah kamu terpilih sebagai penerima BLT UMKM atau tidak. Untuk cara pengecekannya mudah sekali, silakan kunjungi website BRI dan klik menu cek penerima BLT UMKM.

https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

Lalu, masukkan data yang diminta seperti, nama lengkap, NIK, nomor telepon, serta bidang usaha yang dimiliki. Apabila namamu tercantum disana, maka siap-siap untuk mendapatkan dana sebesar 2,4 juta dari pemerintah. Sebaliknya, kalau kamu belum terdaftar sebagai penerima, maka kamu bisa melakukan pengajuan dengan membawa persyaratan serta daftar ke bank BRI terdekat.

Keuntungan Daftar UMKM BRI Online yang Bisa Kamu Dapatkan

Setelah berhasil daftar UMKM BRI dan menerima dananya, kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan yang diberikan oleh Bank BRI, diantaranya sebagai berikut:

1.       Pendaftaran Mudah dan Cepat

Saat kamu memutuskan untuk melakukan pendaftaran calon UMKM di bank BRI, maka proses pendaftaran online serta offlinenya tergolong cepat. Selain itu, dokumen yang diperlukan mudah didapatkan karena kamu memilikinya.

Yang terpenting semua persyaratannya sesuai dengan formulir pihak bank BRI, sehingga kamu bisa segera mendapatkan dana tidak lebih dari 7 hari.

2.       Modal Besar Untuk Pengembangan Usaha

Pendaftaran UMKM BRI ini hanya diperuntukkan kepada pemilik Usaha Mikro kecil dan menengah saja. Hal ini sesuai dengan tujuan layanan ini, yaitu untuk membantu para pemilik usaha kecil agar bisa meningkatkan perekonomian serta usaha mereka.

Jadi, bagi kamu yang memiliki usaha seperti, berdagang kecil, menjahit, penjual gorengan atau lainnya bisa langsung mengajukan daftar UMKM ini. Pastikan bahwa usahamu itu sudah berjalan minimal 6 bulan lamanya.

3.       Tidak Ada Biaya Administrasi atau Semacamnya

Dari mulai pendaftaran hingga pencairan dana, kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi apapun. Calon penerima dana UMKM akan menerima dana sejumlah angka yang disepakati tanpa ada kurang atau lebih. Sehingga, kamu bisa menerimanya untuk modal usahamu dan buatlah menjadi semakin berkembang agar profit yang didapatkan pun menjadi lebih besar.

Itulah informasi mengenai cara daftar UMKM BRI online yang bisa kamu ketahui. Kalau kamu sudah memiliki usaha sebelumnya, maka segera daftar dan ajukan usahamu agar semakin berkembang saat ini juga.

Categories: Pinjaman
Cantika Putri: Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.