Cara Daftar Internet Banking BRI Lewat HP Android

Apakah bisa daftar internet banking BRI lewat hp Android saja? Tanpa harus ke ATM dan mengantri lama lama di bank? Kalau berdasarkan pengalaman penulis saat aktivasi IB BRI Sepertinya belum bisa guys. Walau sekarang masa pandemi Covid yang mengharuskan kita jaga jarak dirumah saja, pembukaan layanan i banking BRI, SMS dan mobile banking BRI tetap dilaksanakan di kantor cabang. Dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Internet banking BRI sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyrakat dalam transaksi non tunai, apalagi di saat pandemi. Internet banking memudahkan kita untuk transaksi dimana saja dan kapan saja asal ada akses internet. Pengguna tidak perlu keluar ke ATM hanya sekedar transfer duit atau cek saldo, cukup lewat hp saja sudah bisa dilakukan. Sayangnya, Internet banking BRI bukan seperti kartu ATM yang langsung ddapatkan saat pembukaan tabungan BRI. pengguna harus daftar dan aktivasi dulu.

daftar internet banking BRI

Syarat dan cara daftar I Banking BRI

Internet banking BRI bisa didapatkan oleh siapa saja yang sudah menjadi nasabah tabungan BRI. Seperti halnya Kartu ATM, namun layanan internet banking perlu aktivasi lagi. Bagi calon pengguna yang tidak punya rekening BRI, maka tidak bisa mendaftarkan Internet banking. Sebab rekening BRI lah yang menjadi sumber uang di Internet banking dan dijadikan syarat pendaftaran.  Anda bisa buka tabungan BRI terlebih dulu untuk menikmatinya.

Cara daftar Internet banking BRI lewat hp android harus didahulu pendaftaran di kantor cabang dan ATM. Tidak bisa semua dilakukan full online di HP. Hp hanya digunakan saat aktivasi m token saat pendaftaran (itupun jika lupa aktivasi saat di kantor cabang, karena jika melakukan pendaftaran IB BRI langsung diaktifkan oleh si CS). Jadi, Pendaftaran internet banking secara berurutan, yaitu pertama registrasi di ATM, kemudian aktivasi Internet banking BRI di kantor cabang.

Cara registrasi Internet banking BRI lewat ATM

  1. Kunjungi ATM BRI terdekat disekutar Anda
  2. Masukkan kartu ATM, lalu masukan PIN dengan benar
  3. Pilih menu Lainnya, Kemudian muncul daftar menu, pilih Lainnya
  4. Pilih menu Registrasi, > pilih Internet Banking
  5. Nasabah akan diminta untuk memasukan PIN ATM hingga dua kali
  6. Jika registrasi berhasil, muncul pesan “Registrasi internet banking berhasil dilakukan
  7. Muncul juga detail User ID milik nasabah yang terdiri huruf dan angka
  8. Registrasi selesai. Simpan struk sebagai syarat aktivasi internet banking di kantor cabang.

Setelah berhasil registrasi, Silakan kunjungi kantor cabang terdekat untuk akitvasi. Adapun syarat yang dibutuhkan untuk aktivasi internet banking di kantor cabang BRI antara lain :

  • Memiliki nomor ponsel aktif (Telkomsel, XL, Indosat dan Smartfren) dan ada saldo sekian ribu untuk proses aktivasi.
  • alamat email aktif
  • Buku rekening tabungan BRI bersama kartu ATM
  • Kartu identitas diri, bisa berupa KTP, SIM, atau Paspor
  • Struk registrasi I banking BRI di ATM
  • Formulir aktivasi aplikasi internet banking BRI ( diisi sebelum aktivasi di kantor cabang)

note : Biasanya juga ada satpam yang memberi tahu apa saja syarat yang dibutuhkan. Jika kurang segera lengkapi, jangan nunggu antrian dulu.

Aktivasi Internet banking BRI di kantor cabang

  • Silakan Datang ke kantor cabang bank BRI terdekat sesuai domilisi
  • Masuk dan ambil no antrian Customer Service (CS)
  • Silakan isi formulir untuk pendaftaran dan aktivasi internet banking BRI. Biasanya ada satpam akan membantu mengisi formulir sambil menunggu antrian.
  • Isilah formulir sesuai data data yang ada dengan benar
  • Di CS, berikan buku tabungan, KTP, formulir aktivasi ke customer service, struk registrasi . Utarakan kalau ingin¬† aktivasi layanan internet banking BRI.
  • Customer Service akan membantu aktivasi sampai selesai.
  • Silahkan beli m-Token BRI, karena biasanya ada penawaran dari CS. m token berguna setiap kali kita transaksi menggunakan i banking BRI.
  • Aktivasi m-Token dan mintalah bantuan CS kalau belum ngerti
  • Setelah aktivasi m token, Internet banking bri siap digunakan untuk transaksi.

NOTE : Silakan dicoba untuk login atau sekedar cek saldo untuk membuktikannya sebelum pulang. Jika ada kendala bisa langsung minta solusi ke CS.

Setelah selesai aktivasi, Anda bisa menggunakan Internet banking BRI melalui browser hp maupun laptop/ komputer. Anda bisa transer uang internet banking ke sesama dan bank lain, bisa cek saldo kapan pun dan bisa beli pulsa, voucher game, token listrik dll. Praktis dan cepat pokoknya.

Cara Transfer ke sesama dan bank lain

  1. Silakan buka situs https//ib.bri.co.id (IB BRI login)
  2. Login dengan user ID dan password internet banking Anda
  3. Pilih menu “Transfer”
  4. Pilih “Transfer Sesama BRI” atau “Transfer Antar Bank”. Jika bank lain silakan pilih banknya, misal BCA
  5. Isilah nomor rekening tujuan, bank tujuan dan nominal transfer Tekan tombol “Kirim”
  6. Konfirmasi detail transfer, apakah sudah sesuai atau belum. Klik Benar/OK. Jika sesuai
  7. Masukan password dan klik “Permintaan m-Token” . Secara otomatis, BRI akan mengirimkan kode m-Token ke no hp melalui SMS
  8. Masukan m-Token , lalu klik tombol “Kirim”
  9. Transaksi selesai, dan menampilkan bukti transfer yang bisa dicetak atau diunduh sebagai bukti transfer yang sah jika dibutuhkan.

Note : Jika transfer Internet banking BRI ke bank lain dikenakan biaya admin sebesar 6500. Sama seperti halnya ketika transfer lewat ATM.

Cek Saldo BRI

  1. Kunjungi halaman situs https//ib.bri.co.id (IB BRI login)
  2. Masuk dengan user ID dan password, klik login
  3. Pilih menu “Informasi Rekening” untuk mengecek saldo, Maka saldo akan tertera di layar

Jadi, informasi mengenai cara daftar Internet banking BRI lewat HP android saja belum bisa yah. Pengguna harus ke ATM untuk registrasi, kemudian ke kantor cabang Bank untuk aktivasi internet banking BRI. Setelah aktivasi, baru penggunaan bisa full dari hp, bisa untuk transfer, cek saldo, beli, bayar tagihan dll. Sekian, semoga bermanfaat.

 

Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

You May Also Like