X

Cara Buka Rekening Saham BRI di Perusahaan Sekuritas

Ternyata cara buka rekening saham BRI bukanlah di kantor cabang BRI seperti buka tabungan pada umumnya, atau di Bursa Efek Indonesia, BEI. Pembukaan rekening saham atau dikenal sebagai rekening hanya bisa dilakukan di perusahaan perusahan prioritas yang telah mendapatkan izin transaksi jual saham dari BEI dan Otoritas Jasa Keuangan, OJK.  Perusahaan prioritas yang menghubungkan calon investor dengan bursa saham, menyalurkan order beli/jual dan  menyediakan chart harga serta berbagai informasi saham melalui platform trading online yang mereka miliki.

Ada ratusan perusahaan prioritas di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk pembukaan rekening efek. Anda bisa memilih salah satu perusahaan terbaik yang bisa memberikan support yang baik. Ada beberapa perusahaan sekuritas rekomedasi dari situs bursa efek yaitu Ajaib sekuritas, BNI Prioritas, BCA Prioritas, BRI Danareksa Prioritas, MNC Priotritas, Indopremier dll. Namun apabila ingin berinvestasi di saham BRI, maka bisa memilih BRI Danareksa Sekuritas agar lebih murah dan mudah dalam setoran dan tarik dana saham.

Memilih saham BRI adalah pilihan investasi saham yang tepat. Sebab BRI adalah salah satu perusahaan BUMN yang memiliki aset besar dan stabil. Pada tahun 2019, BRI memiliki aset sebesar Rp1.416,76 triliun. Oleh karena itu, Saham BRI dengan nama BBRI menjadi favorit di bursa efek karena dianggap saham blue chip. Kita sebagai investor modal kecil dan pemula yang ingin menikmati keuntungan bersama BRI, hal pertama kalian lakukan adalah siapkan modalnya dan buka rekening di BRI sekuritas.

Cara Buka Rekening Saham di BRI Sekuritas

Nah, berikut ini beberapa cara daftar BRI sekuritas untuk mendapatkan rekening efek dan bisa transaksi jual beli saham :

  • Masuk ke halaman situs BRI Sekuritas untuk registrasi
  • Isi formulir, seperti: Nama Lengkap. Telepon, E-mail, user dan password. Kemudian klik lanjut.
  • Buka  email notifikasi yang berisi dokumen pembukaan rekening akan dikirim ke alamat email nasabah
  • Mengisi dan melengkapi dokumen
    1. Formulir Aplikasi Rekening Multi Investment Online
    2. Formulir Pembukaan Rekening Settlement Investor
    3. Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening Online
    4. Spesimen Tanda Tangan
    5. Form Aplikasi Danareksa Online (D’ONE)
    6. Syarat dan Ketentuan Danareksa Online (D’ONE)
    7. Fotokopi KTP dan NPWP
  • Petugas BRI sekuritas  akan menghubungi Anda dan mengkonfirmasikan jadwal dan alamat pengambilan dokumen.
  • Pihak BRI Sekuritas akan mengambil dokumen (di kota kota besar saja). Jika tidak, Anda bisa kirim dokumen ke Sentra Investasi Danareksa (SID) tempat Anda mendaftar.
  • Pengiriman “user_id”,  “password” dan “nomor rekening virtual” melalui email dan sms yang telah terdaftar.
  • Nasabah akan mendapatkan password D’ONE. Anda bisa mengganti password kapan kapan sesukamu agar mudah dihapal.

Setelah mendapatkan Akun Di BRI sekuritas, Anda harus menunggu sampai rekening efek atau Rekening Dana Investor (RDI) jadi. Proses pembukaan RDI akan memakan waktu paling lama sekitar 7 hari kerja. Cek secara berkala melalui akun BRI Sekuritas atau email pemberitahuan. Selain buka rekening BRI sekuritas online, Anda juga bisa buka rekening di kantor BRI sekuritas tedekat di kotamu.

Cara transfer Dana ke RDI bisa dilakukan ketika RDI sudah jadi.  RDI bisa dilihat di akun BRI sekuritas di bagian profil atau di email pemberitahuan (Biasanya terlampir). Silakan transfer dana  ke RDI sesuai saldo yang disiapkan melalui ATM atau mobile banking.

Minimal pembelian saham BRI

Jika ingin membeli saham BRI, Maka Anda harus membeli minimal 1 lot. 1 lot terdiri dari 1 lembar saham. Misal harga saham BRI sekarang 5000 per lembar, maka dana yang harus disiapkan adalah 100 x 5000 = 500.000 . Itu pun tergantung dari kebijakan masing masing sekuritas. Karena setiap perusahaan sekurtias menerapkan minimal pembelian saham yang berbeda.

Teknik Pembelian dan penjualan

Jika Anda memiliki modal kecil, lebih baik menggunakan konsep nabung rutin. Jadi Anda mengumpulkan sedikit demi sedikit agar saham di BRI terus bertambah. Jika merasa sudah banyak, dan keuntungan lumayan, Anda bisa menjualnya. Namun jika Anda memiliki modal besar, Anda bisa trading saham. Anda bisa transaksi jual beli saham dalam waktu singkat dengan mencari celah antara harga beli dan harga jual saham.

Jika dirasa plaform atau layanan perusahaan sekuritas kurang baik menurut Anda. Anda bisa memilih sekuritas yang lain, yang mungkin lebih cocok untuk Anda. Misal yang support transaksi saham lewat hp. Anda bisa membuka rekening di Ajaib sekuritas dan Ipot (Indo premier sekuritas).

Untuk informasi daftar BRI sekuritas mungkin cukup sampai disini. Jika ada informasi kurang jelas, Anda bisa tanyakan di komentar. Atau menghubungi langsung pihak BRI sekuritas di
(021) 1500-688 atau email di callcenter@danareksa.co.id. Sekian, semoga bermanfaat.

 

Cantika Putri: Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.