X

Solusi Buka Rekening Mandiri Tanpa NPWP

Seringkali calon nasabah yang baru pertama buka berpikir berulang ulang apakah bisa buka rekening Mandiri tanpa NPWP? Sampai nyari informasi kesana kesini. Padahal, Pihak Bank tetap menerima pembukaan rekening baik dengan atau tanpa NPWP. Walau secara formal pendaftar wajib melampirkannya, namun secara prakteknya tidak demikian. Sebab, Bank kadang lebih mementingkan jaringan nasabah yang luas dan transaksi yang besar. Bank juga tidak mau calon nasabah batal gara gara tidak punya NPWP.

Pada Peraturan Bank Indonesia No. 14/27/PBI/2012 Pasal 14(2) tentang “Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme bagi Bank Umum” menyatakan bahwa NPWP wajib disertakan saat akan membuka rekening tabungan. Setiap nasabah wajib membawa NPWP ketika pembukaan rekening di Bank. Tidak hanya di bank mandiri, tetapi semua bank di Indonesia seperti BCA, BNI dan BRI. Walaupun begitu bank punya kelonggaran sebagai pihak penerbit rekening, salah satunya karena tidak semua orang punya dan mau mengurus NPWP.

Tidak usah khawatir karena tidak memiliki NPWP saat mau buka rekening. Silakan saja datang ke kantor cabang Mandiri untuk membukanya dengan membawa KTP dan setoran awal mandiri tabungan sebesar 500 ribu. Asal dengan catatan, tidak membuka tabungan dengan tipe bisnis, contoh di bank Mandiri, ada tabungan Mandiri bisnis. di BRI, ada BRitama bisnis dan di BNI ada taplus bisnis. Sebab dari pengalaman, tidak bisa kalau tanpa NPWP. Bukalah tabungan tipe reguler, yaitu Mandiri tabungan atau tabungan now (online)

Syarat buka tabungan mandiri

Syarat buka rekening mandiri tanpa NPWP itu sama seperti buka tabungan pada umumnya. Tidak ada tambahan berkas atau dokumen persyaratan lain.

  • Setoran awal minimal Rp. 500.000
  • Kartu identitas:
    • WN Indonesia: Kartu Tanda Penduduk/KTP yang masih berlaku
    • WN Asing: Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP
    • Pelajar: Kartu Pelajar dan Surat Persetujuan Orang Tua
    • KTP dan Kartu Keluarga beneficial owner (BO) atau sumber dana khusus Pelajar/ Mahasiswa
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (Jika ada)

Pembukaan rekening tabungan di Kantor Cabang Mandiri

Sebenarnya Kalian sudah paham betul mengenai pembukaan rekening di bank, namun karena menyangkut NPWP ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan.

  • Silakan datang ke kantor cabang Mandiri terdekat sesuai KTP dan membawa dokumen identitas dan setoran awal
  • Ambil antrian CS ya, bukan antrian teller. Babang satpam biasanya memberi arahan. Kalau ga ada bisa lihat di mesin antrian.
  • Saat giliran Anda di CS, utarakan langsung maksud ingin buka rekening mandiri.
  • CS akan meminta persyaratan dokumen dan mengisi formulir pendaftaran rekening.
  • Biasanya saat pengisian, CS akan menanyakan beberapa hal seperti sumber dananya darimana, jawablah dana dari gaji sendiri. Punya NPWP apa ga? jawab saja ga punya.
  • Anda juga diminta jenis ATM yang diberikan. Pilihlah jenis silver yang biaya administrasinya paling rendah
  • Prosedur selanjutnya, akan diarahkan oleh CS hingga rekening jadi.
  • Untuk memastikan jadi, silakan cek saldo di atm setelah keluar dari bank.

Setelah rekening Jadi, Anda mendapatkan kartu ATM atau debit. Kartu ini bisa digunakan untuk tarik tunai, transfer dan beli dan bayar apapun di mesin ATM, serta belanja di mesin EDC.

Faq

Apakah mendapatkan Mandiri online atau internet atau mobile banking Mandiri secara langsung? Tidak bos. Anda perlu registrasi dan aktivasi lagi. Registrasi mandiri online bisa langsung atau bisa dikemudian hari saat membutuhkan.

Apakah Jika tidak melampirkan NPWP, tabungan akan ditutup dalam jangka waktu tertentu? Tidak. Berdasarkan pengalam tabungan tidak akan ditutup, kecuali sudah lama tidak digunakan dan tidak ada saldonya.

Apa bisa buka rekening secara online? Bisa, silakan buka tabungan mandiri lewat aplikasi mandiri online atau lewat website resminya.

Baca juga : 10 Tabungan BRI Pilihan

Lalu pentingkah NPWP kaitannya dengan tabungan dan bank?

Bagi pemilik rekening, NPWP tentu penting. Sebab di waktu tertentu Anda membutuhkan NPWP. Ketika:

  • Nasabah mengajukan aplikasi kartu kredit di bank maka wajib memiliki NPWP. Jika tidak maka pengajuan aplikasi kreditmu tidak di acc
  • Mengajukan kredit ke bank mandiri atau manapun harus melampirkan NPWP, terutama jika pinjaman lebih dari 50 juta
  • Membuat rekening koran, rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan yang telah terjadi pada periode tertentu pada rekening bank yang dimiliki oleh individu atau perusahaan. Biasanya buat keperluan kredit, laporan laba rugi atau laporan pertangung jawaban sebuah lembaga.
  • Nasabah melakukan rinvestasi berupa saham atau reksa dana di bank atau lewat perusahaan sekuritas.

Nah, ketika sudah bisa buka rekening mandiri tanpa NPWP jadi dan kedepannya Anda tidak melakukan hal diatas kedepannya atau dalam waktu dekat sebaiknya Jangan buat npwp dulu. Nanti malah ribet mengurus laporan pajak. Namun apabila dalam waktu dekat ingin kredit, atau investasi sebaiknya buat NPWP di kantor pajak terdekat. Sekain semoga bermanfaat.

Categories: Tabungan
Cantika Putri: Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.