BritAma Rencana, Tabungan Berjangka Untuk Investasi

Posted on

BritAma Rencana adalah tabungan berjangka Bank BRI yang dapat difungsikan untuk media investasi menguntungkan, sehingga dapat mewujudkan impian di masa mendatang. Melalui produk tabungan tersebut nasabah akan mendapatkan berbagai fasilitas, diantaranya perlindungan asuransi jiwa. Hebatnya ialah proses pembukaan yang mudah, syarat dan cara buka rekening juga murah. Hal tersebut ditandai dengan menyerahkan setoran tetap bulanan Anda sudah memiliki buku tabungan dan kartu ATM untuk keperluan transaksi keuangan.

Sebagai informasi dasar bahwa jenis tabungan di Bank BRI diantaranya ada BritAma, Simpedes, Haji, dan Junio. Nah, dari banyaknya jenis tabungan tersebut, hanya jenis britama dan simpedes yang dikelompokkan lagi. Tujuannya ialah untuk memenuhi kebutuhan setiap calon nasabah. Untuk tabungan Britama dibagi menjadi BritAma Rencana, Bisnis, Valas, TKI, dan Muda. Sedangkan untuk tabungan simpedes dibagi menjadi simpedes reguler dan simpedes TKI.

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kami akan membahas mengenai tabungan yang termasuk ke dalam jenis BritAma yaitu tipe Rencana. Selengkapnya bisa Anda simak pada ulasan di bawah.

Tabungan BRI BritAma Rencana

Apabila dibandingkan dengan tabungan berjangka yang ada di Bank BNI, BCA, serta Mandiri, BRI memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Keunggulan yang dimaksud misalnya ialah bebas biaya administrasi. Disamping itu Anda juga akan mendapatkan laporan mutasi rekening koran per 3 bulan sekali. Adapun fasilitas atau kelebihan lainnya tergantung dari jenis Britama rencana, baik plan A ataupun plan B. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

BritAma Rencana Plan A

  1. Suku bunga yang lebih tinggi daripada jenis tabungan di Bank BRI lainnya.
  2. Bebas memilih setoran tetap bulanan mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000,- (kelipatan Rp 50.000,-).
  3. Bebas menentukan tenor atau jangka waktu tabungan (1-20 tahun)
  4. Nasabah akan diberi cover asuransi jiwa hingga Rp 1 Milyar
  5. Apabila nasabah meninggal, setoran tetap bisa diteruskan oleh perusahaan asuransi.
  6. Pembukaan rekening tidak memerlukan medical check-up.
  7. Gratis biaya Administrasi bulanan,
  8. Ketika sedang butuh dana cepat, nasabah dapat mencairkan kapanpun Anda mau.
  9. Sewaktu-waktu bisa melakukan top up sejumlah dana setoran tambahan.

BritAma Rencana Plan B

  1. Seperti halnya BritAma Plan A, Suku bunga yang diberikan kepada nasabah lebih tinggi daripada jenis tabungan di Bank BRI lainnya.
  2. Bebas memilih setoran tetap bulanan mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000,- (kelipatan Rp 50.000,-).
  3. Bebas menentukan tenor atau jangka waktu tabungan (1-20 tahun)
  4. Nasabah akan diberi cover asuransi jiwa hingga Rp 1 Milyar
  5. Apabila nasabah meninggal, setoran tetap bisa diteruskan oleh perusahaan asuransi.
  6. Pembukaan rekening tidak memerlukan medical check-up.
  7. Gratis biaya Administrasi bulanan,
  8. Nasabah dapat menerima laporan mutasi rekening koran melalui e-mail (e-statement), sehingga dapat dilihat melalui Handphone (HP)

Perlu diketahui bahwa dana santunan atas klaim meninggal dunia karena sakit, BRI menyediakan dana sebesar 100 kali santunan tetap. Sedangkan untuk santunan atas klaim meninggal dunia yang disebabkan karena kecelakaan, BRI menyediakan dana sebesar 200 kali santunan tetap.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki prduk tabungan BRI BritAma Rencana?. Jika iya, segera lengkapi persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di bawah ini.

Syarat Buka Tabungan BritAma Rencana

Adapun persyaratan yang wajib dipenuhi oleh Calon nasabah tidaklah ribet. Berikut ini syarat membuka tabungan BritAma Rencana Plan A ataupun Plan B di Bank BRI.

  1. Melampirkan identitas diri:
    – WNI, Berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    – WNA, Berupa Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
  2. Usia calon nasabah antara 17 – 64 tahun,
  3. Sebelum melakukan pembukaan, nasabah sudah memiliki rekening Tabungan BRI BritAma/ Britama Bisnis/ Giro,
  4. Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening.

Setelah melengkapi semua persyaratan di atas, Cara membuka tabungan BRI BritAma Rencana cukup dengan mendatangi kantor unit kerja (cabang) terdekat. Perlu diingat bahwa karena misi Anda adalah membuka tabungan, maka harus membawa dana setoran awal. Untuk tabungan rencana di Bank BRI, setoran awalnya sebesar Rp 100.000,-. Penyerahan dana tersebut Anda lakukan di bagian teller.

Perlu diingat bahwa pada saat melakukan pembukaan rekening, Anda harus meminta bantuan kepada Customer Servive (CS), apakah bisa mengaktifkan layanan e-banking. Layanan tersebut meliputi internet banking, Mobile banking, SMS banking, dan lainnya.

Perlu diketahui pula bahwa simulasi perhitungan tahapan berjangka yang sebenarnya mengikuti perhitungan pada sistem BRI. Informasi perhitungan yang nantinya Anda dapatkan, misalnya yang ada di website BRI (https://bri.co.id) belum termasuk pajak bunga. Sebab, syarat dan ketentuan mengenai suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti ketentuan yang berlaku.

Kelebihan Dan Kekuranga BRI BritAma Rencana (Berjangka)

Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan di atas bahwa Anda akan merasakan berbagai kelebihan dari produk tabungan BRI BritAma tipe rencana. Oleh karena itu Anda jangan khawatir jika ingin memiliki produk ini. Namun meskipun demikian bukan berarti tidak memiliki kekurangannya. Sebab, biar bagaimanapun tabungan BRI rencana adalah jasa buatan manusia yang tidak lepas dari kekurangan. Nah, berikut penjelasan lebih jelasnya.

Kekurangan Tabungan BritAma Rencana (Berjangka) BRI

  • Besaran suku bunga tabungan yang diberikan kepada dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini akan memberatkan nasabah karena peraturan yang dibuat tidak konsisten.
  • Simulasi perhitungan suku bunga bersifat diskriminatif (tanpa pemberitahuan lanjut), karena harus mengikuti ketetapan perhitungan di sistem BRI.
  • Nasabah yang ingin melakukan pembukaan namun terkendala dengan domisili KTP, proses pembukaan harus disertai dengan Surat Keterangan Domisili.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai BritAma rencana atau tabungan berjangka yang ada di Bank BRI. Jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi pihak BRI melalui 14017 / 1500017. SemogaInformasi ini dapat memberi dan menambah sedikit wawasan bagi Anda. Disamping itu, Kami harap Anda dapat mengelola keuangan dengan baik melalui investasi. Sebab investasi merupakan penggandaan uang paling Aman, khususnya di Bank besar di Indonesia. Sekian dan terima kasih.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.