Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan BritAma Muda

Posted on

BritAma Muda termasuk salah satu tabungan  di Bank BRI yang didukung dengan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan. Dengan menggunakan fasilitas e-banking dan sistem real time online memungkinkan nasabah dapat bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Uniknya, produk simpanan tersebut memberikan desain kartu debit khusus yang elegan sehingga disukai oleh kebanyakan kaum muda millenial.

Tabungan BritAma tipe Muda disebut juga dengan BritAmaX. Keunggulan yang ada pada tabungan ini tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan jenis tabungan BRI lainnya. Meskipun di era modern seperti saat ini sudah ada keluaran terbaru, yakni GPN (Gerbang Pembayaran Nasioal), namun tidak mengurangi performa dari tabungan BritAmaX. Perbedaan yang menonjol ialah penggunaan jaringan GPN cuma berlaku di dalam negeri khususnya Indnesia.

Produk tabungan BritAma Muda memberikan sejumlah dana asuransi kecelakaan diri bagi nasabah dengan ketentuan saldo minimal Rp. 500.000. Besaran dana asuransi kecelakaan yang didapatkan oleh nasabah jika dirupiahkan sebesar Rp 150 Juta. Rinciannya akan dialihkan untuk keperluan santunan pendidikan sebesar Rp 10 Juta. Bagi yang sudah tidak sekolah dan/atau belum memiliki anak, dapat dimanfaatkan untuk keperluan santunan pendapatan maksimal sebesar Rp 12 Juta, dan santunan duka Rp 1,5 Juta.

Apa itu BritAma Muda?

BitAma Muda atau BritAma X adalah produk simpanan dengan kartu debit yang didesain khusus secara elegan bagi kaum millenial. Melalui tabungan ini nasabah akan diberi kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan menggunakan fasilitas e-banking dan sistem real time online. Dengan begitu nasabah dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.

Bagi yang melakukan pembukaan rekening BRI BritAma tipe Muda atau X sekarang akan diikutsertakan pada program undian Untung Beliung BritAma. Bagaimana, menarik bukan?. Segera lakukan pembukaan rekening tabungan BRI BritAma muda sekarang juga. Semakin cepat, semakin besar pula hadiah yang didapat.

Adapun Keunggulan dari tabungan BritAmaX adalah sebagai berikut:

  1. Kartu debit/ ATM didesain secara elegan yang cocok untuk anak muda, dan menggunakan logo mastercard. Bagi yang melakukan pembukaan di tahun 2018, mungkin akan menerima kartu debit berlgo GPN.
  2. Aksesibilitas kartu debit di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
  3. Transaksi real time online Kartu ATM/Debit BRI melalui ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri.
  4. Nasabah akan diberi sebuah jaminan asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150 Juta.
  5. Mendapatkan fasilitas layanan e-Banking, meliputi: mobile banking, Internet banking, sms notifikasi, dll.
  6. Suku bunga tabungan yang kompetitif.
  7. Dapat memilih fasilitas transaksi otomatis sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  8. Dapat melakukan tranfer dana antar cabang dengan limit transaksi mencapai Rp. 300 Juta.

Syarat Buka Tabungan BritAma Muda

  1. Calon nasabah berusia antara 17 tahun sampai 35 tahun
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening BritAmaX
  3. Melampirkan Identitas diri asli, berupa:
    • WNI : E-KTP dan NPWP (Jika ada)
    • WNA : Paspor dan KIMS/ KITAP/ KITAS
  4. Menyerahkan dana setoran awal sebesar Rp 100.000,-

Cara membuka tabungan BritAma Muda

Seperti halnya tabungan BRI Simpedes, ada 2 cara membuka tabungan BritAma muda, secara online dan yang kedua secara offline. Nah, disini Kami sarankan untuk melakukan pembukaan dengan cara yang kedua. Kenapa, karena meskipun Anda membuat rekening menggunakan sistem online, Anda tetap diharuskan melakukan verifikasi data diri. Oleh karena itu lebih baik melakukan pembukaan secara offline saja dengan mengunjungi langsung kantor cabang BRI terdekat.

Setelah melengkapi syarat dan ketentuan tabungan BritAma muda, datanglah ke kantor unit kerja BRI sesuai dengan domisili Anda. Bagi yang tidak sesuai, Anda bisa melampirkan surat keterangan domisili atau surat keterangan kerja. Nah, di kantor cabang BRI Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada satpam yang bertugas, apakah bisa melayani pembukaan tabungan BritAma tipe muda. Jika bisa, Anda bisa langsung mengambil nomor antrian di bagian Customer service (CS) untuk mengantri dengan nasabah lain.

Ketika sudah dipanggil dan berada dihadapan CS, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau membuka tekening tabungan BRI BritAma Muda. Nantinya Anda akan diberitahu beberapa hal yang berkaitan dengan produk simpanan yang Anda pilih tersebut. Anda juga akan disuruh mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening. Namun jangan lupa berikan beberapa syarat yang sudah Anda bawa terlebih dahulu karena untuk membuat buku tabungan dan kartu ATM. Setelah formulir yang sedang diisi sudah selesai, berikan ke CS kembali dan kemudian Anda akan disuruh memberikan setoran awal sebesar Rp 100.000,- di bagian teller.

Langkah terakhir setelah memberikan dana setoran awal pembukaan rekening ialah mengaktifkan layanan e-banking di bagian CS. Oleh karena itu jangan beranjak pulang dulu karena cara aktivasi e-banking tidak dipungut biaya sedikitpun. Proses mengaktifkan e-banking cukup dengan menyiapkan perangkat Handphone (Hp), nomor Hp, serta jaringan internet. Tidak usah khawatir karena pihak CS akan membantu dan melayani Anda dengan sepenuh hati.

Biaya Administrasi Tabungan BRI BritAma Muda

Dibandingkan dengan jenis tabungan BRI lainnya seperti BritAma Bisnis, tabungan tipe Muda tidak ada perbedaan sedikitpun. Artinya ada beberapa biaya yang harus ditanggung oleh nasabah. Perbedaan diantara produk tabungan yang lain dan paling menonjol ialah terletak pada peruntukkannya. Supaya lebih jelas mengenai biaya administrasi bisa Anda simak dibawah ini.

  1. Biaya administrasi per bulan dengan saldo ≤ Rp 10 Juta sebesar Rp 11.000. Sedangkan untuk saldo > Rp 10 Juta sebesar Rp 12.000.
  2. Kartu BRI tipe Classic dikenakan biaya sebesar Rp 2.000/bulan, sedangkan untuk kartu tipe Gold sebesar Rp 6.500/bulan.
  3. Biaya administrasi penarikan dana di teller dengan jumlah ≤ Rp. 2.500.000,- akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,-, sedangkan penarikan > Rp. 2.500.000 hingga Rp. 5.000.000 biayanya Rp. 10.000.
  4. Biaya penutupan rekening atas dasar kemauan nasabah dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000
  5. Untuk pergantian buku tabungan dengan alasan rusak dikenakan biaya sebesar Rp 25.000
  6. Jumlah limit transaksi antar cabang BRI hingga mencapai Rp 300.000.000,-

Jumlah saldo minimum yang mengendap di dalam rekening BRI BritAma Muda yaitu sebesar Rp 50.000. Oleh sebab itu Anda jangan kaget jika suatu saat nanti tidak bisa melakukan sebuah transaksi. Kendati demikian Anda tidak akan dikenakan biaya alias Gratis tis. Begitu juga dengan pergantian buku tabungan karena sudah terlalu penuh.

Perlu digarisbawahi bahwa rekening tabungan Anda akan berubah menjadi dormant jika tidak ada transaksi selama 540 hari dan/atau saldo berada di bawah saldo minimum. Pada hari berikutnya, yaitu hari ke 541 rekening akan menjadi pasif dan akan close by system (tertutup secara otomatis) pada hari ke 542.

Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan BritAma Muda

Meskipun sudah didesain sebaik mungkin karena disegmentasikan khusus bagi generasi millenial, namun tabungan BritAma Muda atau BritAma X masih memiliki berbagai kekurangan. Akan tetapi Anda tidak perlu cemas karena kelebihan yang diberikan kepada nasabah lebih besar. Lebih jelasnya silahkan Anda bandingkan melalui daftar di bawah ini.

Kelebihan Tabungan BRI BritAma Muda

  1. Nasabah akan mendapatkan buku tabungan yang digunakan sebagai media catatan transaksi, serta kartu debit (ATM) untuk penarikan dana tunai melalui mesin ATM.
  2. Aksesibilitas kartu ATM dapat dilakukan di jaringan ATM Bersama, BRILink, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard di dalam maupun di luar negeri,
  3. Diberi cover asuransi kecelakaan diri secara gratis hingga mencapai Rp 150.000.000,-
  4. Disediakan fasilitas dan layanan e-Banking,meliputi: mobile banking, Internet banking, sms notifikasi, dll.
  5. Berkesempatan memenangkan hadiah hingga milyaran rupiah pada program undian untung beliung BritAma, dan program hadiah menarik lainnya.

Kekurangan Tabungan BRI BritAma Muda

  1. Hanya tersedia dalam mata uang Rupiah
  2. Tidak bisa dibuka atas nama 2 nasabah (Join Account)
  3. Usia nasabah yang diperbolehkan melakukan pembukaan rekening dibatasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai BritAma Muda atau BritAmax. Dengan biaya yang murah, Anda sudah bisa mendapatkan asuransi kecelakaan. Hebatnya lagi Anda bisa berkesempatan mendapatkan hadiah undian untung beliung BritAma. Jika Anda menginginkan produk simpanan ini, atau butuh informasi lebih jelas lagi, silahkan hubungi pihak bank BRI melalui Call BRI 14017.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.