Kekurangan Dan Kelebihan Tabungan BRI BritAma Bisnis

Posted on

 

Tabungan BRI BritAma Bisnis merupakan salah satu produk simpanan Bank BRI yang banyak diminati oleh nasabah, khususnya pelaku usaha. Melalui produk ini Anda dapat merasakan berbagai fasilitas dalam bertransaksi seperti keleluasaan, kejelasan dan pencatatan transaksi yang lebih unggul daripada produk simpanan lainnya. Selain itu terdapat juga keuntungan yang lebih untuk menunjang transaksi kebutuhan bisnis nasabah. Kendati demikian ada kekurangan dan kelebihan yang wajib Anda ketahui.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa fasilitas BritAma Bisnis diantaranya ialah bebas biaya administrasi dengan minimum rata-rata saldo harian sebesar Rp 5 Juta. Anda juga akan diberi sebuah layanan E-Banking BRI yang terdiri dari SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, dll. Tersedia fitur transaksi otomatis, meliputi: Automatic Fund Transfer (AFT), Account Sweep, dan Automatic Grab Fund (AGF). Uniknya lagi Anda akan diberi sebuah asuransi kecelakaan diri secara gratis.

Pemberian asuransi kecelakaan diri yang diberikan oleh Bank BRI tidak sembarangan diberikan secara cuma-cuma. Tentu ada syarat dan ketentuan yang harus Anda pebuhi. Tidak ribet kok, karena Anda hanya perlu mengendapkan saldo minimal rekening BritAma bisnis sebesar Rp 500.000,-. Nominal dana jaminan asuransi kecelakaan diri tersebut setara dengan nilai pertanggungan maksimal sebesar Rp.150.000.000,- (250% dari saldo terakhir).

Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan produk simpanan bisnis bank BRI ini?. Jika iya, segera lakukan pembukaan sekarang juga.

Apa Itu Tabungan BRI BritAma Bisnis?

Tabungan BRI BritAma Bisnis adalah produk simpanan yang diutamakan bagi para pelaku usaha untuk membantu kebutuhan finansial nasabah. Produk simpanan tersebut didukung dengan keleluasaan, kejelasan pencatatan dan keuntungan yang lebih dibandingkan jenis tabungan BRI yang lainnya.

Bagi calon nasabah yang menginginkan produk tersebut di atas, Anda hanya perlu melengkapi berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Adapun syarat yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Syarat Buka Tabungan BRI BritAma Bisnis

  1. Batas usia minimal calon nasabah 17 tahun,
  2. Membawa identitas diri asli, berupa:
    • Perorangan :
      1. Untuk WNI menyertakan E-KTP dan NPWP (jika ada)
      2. Untuk WNA cukup membawa Paspor dan KIMS/ KITAP/ KITAS.
    • Non Perorangan :
      1. Berbentuk badan usaha perorangan (Non badan hukum)
      2. Melampirkan surat kuasa pengelolaan rekening
      3. Dokumen Identitas diri dari pengelola rekening : WNI berupa E-KTP dan NPWP, sedangkan untuk WNA berupa Paspor dan KIMS/ KITAP/ KITAS.
  3. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening yang disediakan,
  4. Menyerahkan setoran awal sebesar Rp 1.000.000,-

Setelah sudah disiapkan semua syarat yang dibutuhkan, cara membuka rekening tabungan BRI BritAma Bisnis dapat dilakukan secara online, ataupun dengan cara seperti pada umumnya. Namun Kami sarankan agar melakukan pembukaan seperti pada umumnya saja. Langkah-langkahnya ialah cukup dengan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat. Kami rekomendasikan agar memilih lokasi yang sesuai dengan domisili yang ada di KTP Anda. Namun jika terpaksa tidak sesuai, Anda harus melampirkan surat keterangan kerja atausurat domisili sementara. Nah, jika sudah, Anda bisa langsung mengambil nomor antrian di bagian Customer service (CS) dan mengantrilah dengan sabar.

Sesaat setelah dipanggil oleh CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau melakukan pembukaan rekening BritAma tipe bisnis. Nantinya pihak CS akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan produk yang Anda pilih tersebut. Jika sudah merasa paham, selanjutnya Anda akan ditanyakan berbagai persyaratan yang sudah Anda bawa sebelumnya. Anda bisa menyerahkan syarat tersebut dan CS akan membantu Anda mengisi formulir pembukaan rekening.

Apabila sudah selesai mengisi formulir pembukaan, Anda akan menerima buku tabungan dan kartu ATM BritAma bisnis. Selanjutnya, Anda akan disuruh menyerahkan setoran awal sebesar Rp 1.000.000,- di bagian teller. Jika sudah selesai semuanya ada baiknya tidak pulang terlebih dahulu, namun kembali ke CS untuk mengaktifkan layanan e-banking. Sesudah itu barulah Anda bisa diperbolehkan pulang dan sudah bisa melakukan transaksi keuangan melalui rekening yang Anda miliki.

Biaya Administrasi BritAma Bisnis

Jenis Pembiayaan Jumlah Biaya
Setoran awal pembukaan rekening Minimal Rp 1.000.000,-
Jumlah setoran berikutnya Minimal Rp 10.000,-
Biaya administrasi per bulan > Rp 5.000.000,- (Gratis)
≤ Rp 5.000.000,- sebesar Rp 50.000,-
Jenis kartu yang diberikan kepada nasabah Premium
Biaya administrasi penarikan Di Teller ≤ Rp. 2.500.000,- sebesar Rp. 10.000,-
> Rp. 2,5 Juta,- Rp. 5 Juta sebesar Rp. 10.000,-
Jumlah minimum saldo mengendap Rp 50.000,-
Denda di bawah saldo minimum Rp 50.000/ bulan
Jumlah transaksi Antar Cabang Per hari Maksimal Rp 1 Milyar
Biaya penututupan Rekening Rp. 100.000,-
Biaya Pergantian Buku Tabungan Karena Penuh Gratis
Biaya Pergantian Buku Tabungan Karena Rusak Rp. 25.000

Rekening tabungan BritAma yang Anda miliki tidak akan bisa bertahan lama, artinya bisa diblokir oleh sistem Bank BRI. Namun jangan khawatir karena proses pemblokiran rekening tidak dilakukan secara langsung. Ada tahapan yang mengakibatkan rekening tabungan tidak bisa digunakan. Ketentuannya ialah rekening menjadi dormant (beku) terlebih dahulu apabila saldo nasabah di bawah saldo minimum dan tidak bertransaksi selama 540 hari. Jika tidak segera diatasi, rekening akan menjadi pasif di hari berikutnya. Jika masih tidak diatasi, maka rekening close by system pada hari ke 541 + 1.

Baca Juga :

Syarat Dan Cara Buka Rekening BRI Simpedes

Suku Bunga BritAma Bisnis

Jumlah Saldo Suku Bunga (%) p.a
< Rp. 500.000,- 0 %
Rp. 500.000,- s/d Rp. 5.000.000,- 1 %
> Rp. 5.000.000,- s/d Rp. 50.000.000,- 1.25 %
> Rp. 50.000.000,- s/d Rp. 100.000.000,- 1.25 %
> Rp. 100.000.000,- s/d Rp. 1.000.000.000,- 1.75 %
> Rp. 1.000.000.000,- s/d Rp. 2.000.000.000,- 2.75 %
> Rp. 2.000.000.000,- 2.75 %

Berdasarkan tabel di atas dapat di lihat bahwa suku bunga mulai dari > 5 juta hingga 100.000.000,- memiliki angka yang sama, yaitu 1,25%. Begitu juga untuk saldo 1 Milyar ke atas dengan bunga tabungan sebesar 2,75%.

Berapa limit transfer BRI Britama Bisnis?

Limit transfer BRI BritAma bisnis menggunakan kartu debit premium dapat dilihat pada daftar di bawah ini.

Limit Transaksi BritAma Bisnis
Limit Transaksi Kartu Debit (ATM) BritAma Bisnis Sumber : bri.co.id
Limit tarik tunai sejumlah dana di tabungan BritAma tipe bisnis maksimal sebesar Rp 10 Juta per hari. Transfer dana antar rekening BRI per hari melalui mesin ATM, Mobile Banking, dan internet banking berturut-turut maksimal sebesar Rp. 100.000.000, Rp. 50.000.000, Rp. 5.000.000.000. Sedangkan limit transfer antar bank per hari melalui mesin ATM, Mobile Banking, dan internet banking berturut-turut maksimal sebesar Rp. 25.000.000.

Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan BRI BritAma Bisnis

Bank BRI termasuk ke dalam perusahaan finansial milik pemerintah yang berbadan hukum PT. BUMN. Nah, dari situ dapat disimpulkan bahwa produk Bank BRI tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan, termasuk Tabungan BRI BritAma Bisnis. Kendati demikian, perbandingan antara keduanya lebih banyak memberikan Anda berbagai keuntungan atau keunggulan.

Kelebihan BritAma Bisnis

  1. Dapat melakukan transaksi mealui lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 22.000 ATM BRI seluruh Indonesia,
  2. Kartu ATM/Debit BRI dapat diakses melalui jaringan ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan MasterCard,
  3. Gratis biaya administrasi,
  4. Diberi jaminan asuransi kecelakaan diri hingga Rp.150.000.000,-,
  5. Suku bunga tabungan yang kompetitif,
  6. Pencatatan riwayat transaksi yang lebih detail
  7. Pembukaan rekenig tabungan BritAma bisnis dapat dilakukan secara online.

Kekurangan BritAma Bisnis

  1. Jumlah setoran awal pembukaan rekening yang terbilang cukup besar,
  2. Tidak bisa dibuka atas nama 2 nasabah (join account),

Demikianlah penjelasan mengenai tabungan BRI BritAma bisnis yang dapat Kami sampaikan. Semga bisa menambah wawasan Anda, serta bisa dijadikan panduan dan pertimbangan sebelum memilik prduk simpanan di Bank BRI. Terimakasih.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.