BRIGUNA PURNA : Pinjaman BRI untuk Pensiunan

Posted on

Mau mencari pinjaman BRI untuk pensiunan? BRIguna Purna namanya. BRIguna purna merupakan salah satu produk Kredit Tanpa Agunan, KTA BRI yang diperuntukan kepada siapa saja dengan sumber pembayaran tetap atau gaji tetap dari penghasilan pensiunan. Dana pinjaman ini bisa digunakan berbagai keperluan mulai dari pengobatan rumah sakit, biaya pendidikan anak, renovasi rumah, biaya pernikahan anak, liburan dan keperluan konsumtif lain. Anda bisa mengajukannya di kantor cabang terdekat, namun sebelumnya pahami syarat dan ketentuan serta tabel pinjaman bri untuk pensiunan ini.

Diusia yang sudah senja bukan lagi waktu yang tepat untuk berurusan dengan pinjaman bank. Sudah waktunya tenang beribadah, dan menikmati sisa waktu untuk bahagia bersama anak cucu. Namun belum tentu semua terwujud sesuai harapan. Kadang kala diusia mau atau sudah pensiun anak anak masih sekolah, masih belum menikah yang memang menjadi kewajiban orang tua untuk memenuhi kebutuhannya. Mau tidak mau jika butuh uang banyak perlu dana pinjaman untuk memenuhinya.

Keunggulan BRiguna Purna sebagai pinjaman bri pensiunan

Ada beberapa keunggulan dari Pinjaman BRI untuk pensiunan yang bisa menjadi pertimbangan Anda mengapa memilih pinjaman ini :

  • Jangka waktu kredit hingga 15 tahun (180 bulan) atau usia debitur saat jatuh tempo kredit maksimal 75 tahun (Briguna lunas selambat-lambatnya pada saat debitur berulang tahun yang ke-75)
  • Proses pengajuan kredit cepat dan persyaratan yang tidak terlalu ribet.
  • Suku bunga, Angsuran dan biaya biaya lain pada proses pencairan relatif lebih ringan
  • Tidak ada batas limit plafon pinjaman ( Anda bisa mengajukan sesuai kemampuan keuangan Anda)
  • Tidak ada kewajiban pengendapan dana di tabungan BRI
  • Perlindungan asuransi jiwa tanpa medical check up sampa dengan 500 juta
  • Ada promo menarik di event tertentu

Bunga dan biaya biaya lain

Suku bunga pinjaman KTA BRIguna berbeda beda tergantung dari besaran plafon dan tenor pinjaman. Misal. untuk Pinjaman dengan besaran mulai Rp10 juta sampai Rp500 juta dengan jangka waktu 12 bulan sampai 24 bulan, dikenakan bunga sebesar 1,45%. Sementara Rp10 juta sampai Rp500 juta dengan tenor 36 bulan – 60 bulan terdapat bunga 1,54%. Lebih jelas masalah angsuran dan bunga bisa melihat tabel angsuran briguna purna dibawah.

Selain bunga, saat pengajuan juga mendapatkan biaya biaya yang meliputi :

  1. Provisi (biaya balas jasa atas disetujuinya pinjaman). Biayanya mencapai 1,5% dari plafon pinjaman yang disetujui.
  2. Biaya administrasi pinjaman maksimal 100 ribu
  3. Denda pelunasan dipercepat yang nilainya akan ditentukan oleh BRI.
  4. Denda keterlambatan pembayaran cicilan. Dendanya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang akan diinformasikan kemudian ketika ada keterlambatan.
  5. Premi asuransi. Biayanya tergantung dari mitra perusahaan asuransi yang ditunjuk BRI.
  6. Biaya lain saat proses pengajuan seperti biaya jasa notaris, biaya appraisal dan lain lain.

Tabel Angsuran BRIGUNA PURNA

Sebagai bahan pertimbangan menentukan besaran angsuran dan jangka waktu sesuai dengan kemampuan keuangan, nasabah bisa membaca tabel angsuran briguna purna. Mulai dari 10 juta sampai 250 juta dengan jangka waktu 12 bulan sampai 180 bulan dibawah ini.

Tabel angsuran briguna purna

Syarat dan Ketentuan

ketentuan umum

  • Calon nasabah adalah WNI dengan minimal berusia 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 80 tahun saat pelunasan
  • Memiliki gaji atau penghasilan tetap dari uang pensiunan minimal 3 juta
  • Lokasi tempat tinggal/lokasi bekerja/usaha/praktek debitur di kota dimana KC/KCP berada.
  • Memiliki rekening tabungan BRI britama atau simpedes. Kalau tidak punya bisa buka rekening saat pengajuan. Lebih lengkap mengenai jenis tabungan bri baca : 10 Tabungan BRI pilihan

Persyaratan dokumen pengajuan

  • Foto copy identitas diri (suami/istri) KTP, Surat nikah dan Kartu Keluarga.
  • Surat Rekomendasi dari atasan dimana nasabah bisa bekerja
  • Asli SK Pensiun dan salinan
  • Daftar Pembayaran Pensiun
  • Foto copy KARIP dan Buku Pensiun
  • Salinan mutasi rekening selama 3 bulan terakhir.
  • Foto pas 3×4 suami dan istri

Pengajuan Pinjaman

Pengajuan pinjaman birguna purna bisa dilakukan dikantor cabang BRI sesuai alamat yang tertera di KTP dengan membawa semua dokumen persyaratan. Dikantor bagian CS utarakan ingin mengajukan KTA BRIGUNA PURNA, pinjaman BRI untuk pensiunan. Kemudian nantinya, nasabah diminta untuk mengisi formulir pengajuan. Setelah dipandu oleh CS sampai proses pengajuan selesai.

Pengajuan juga bisa dilakukan secara online melalui website resmi BRI https://pinjaman.bri.co.id/ . Pilih jenis pinjaman, kemudian isi formulir pengajuan. Upload dokumen persyaratan dalam bentuk foto dan scan. Jika selesai, maka akan ada petugas BRI yang menghubungi Anda dalam bentuk video call. Namun bagi yang tidak biasa dengan sistem online, disarankan untuk mengajukan di kantor saja.

Tips lolos KTA BRI

Tidak semua pengajuan pinjaman KTA BRIguna purna disetujui, walaupun syarat sudah terpenuhi, namun pihak BRI punya kriteria calon nasabah sendiri dalam menentukan nasabah memenuhi syarat. Nah, jika sudah merasa dokumen lengkap tetapi tidak disetujui. Maka perlu memahami beberapa tips berikut:

Kemampuan bayar :

Sebelum menentukan jumlah pinjaman dan besar angsuran. Hitunglah berapa kemampuan membayar cicilan Anda per bulan. Ideal angsuran perbulan adalah 30% dari pendapatanmu. Misal Gajimu 3 juta, maka ideal angsurannya adalah 1 jutaan. Anda tidak boleh memaksakan diri untuk mendapatkan lebih besar sementara tidak kemampuan bayarmu rendah. Justru kedepannya dapat merepotkan Anda sendiri. 

Pihak Bank pun akan melakukan penilaian terhadap kemampuan finansial Anda. Jadi usahakan, Anda memperhitungkan sendiri dan jujur terhadap keuangan Anda pada bank. Solusi untuk mendapatkan angsuran ringan, maka Anda mengambil tenor yang lebih lama.

Catatan kredit baik / lolos SLIK OJK

Riwayat kredit sebelumnya juga diperhitungkan oleh si bank. Riwayat yaang baik akan dipertimbangkan untuk disetujui daripada riwayat kredit yang buruk, kurang lancar dna ada tunggakan dikredit sebelumnya. Jadi kalau merasa ada hutang kredit sebelumnya di bank lain untuk dilunasi dulu agar bisa mendapatkan pinjaman ini.

Adakah tips lain? Tentu itu tergantung dari pihak BRI yang memiliki kuasa untuk menyetujui pengajuan nasabah. Ketika syarat sudah dipenuhi dan tidak ada masalah keuangan atau kredit sebelumnya, pasti disetujui. Jika kurang lengkap mengenai informasi syarat dan Tabel angsuran BRIguna purna sebagai salah satu pinjaman bri untuk pensiuan. Anda dapat menghubungi call center BRI di 14017. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.