Aplikasi Saham Syariah Terbaik Terdaftar OJK

Posted on

Apa nama aplikasi saham syariah terbaik di Indonesia? Untuk menyatakan sebuah aplikasi baik atau kurang baik ada banyak pertimbangan dalam menilainya. Sebagai pengguna atau investor mungkin akan mempertimbangkan kemudahan penggunaan dan performa serta sekuritas yang menerbitkan aplikasi tersebut. Tapi yang jelas, sebagai muslim yang baik akan mengutamakan pertimbangan prinsip syariah agar hasilnya berkah.

Tidak banyak perusahaan sekuritas atau brokeryang meluncurkan aplikasi dengan sistem syariah. Hanya perusahaan sekuritas yang memiliki sertifikat syariah dari DSN MUI dan tergabung dalam SOTS (Shariah Online Trading System ). Peraturan tersebut mengacu pada fatwa DSN-MUI No. 80 tahun 2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas Di Pasar Reguler Bursa Efek.

Keuntungan Aplikasi Saham Syariah Untuk Investor Muslim

Sebagai muslim, kalian akan mendapatkan berbagai keuntungan menggunakan aplikasi saham syariah. Aplikasi syariah ini terhubungan dengan sistem SOTS. Sistem SOTS mengharuskan aplikasi menerapkan sistem transaksi saham secara online yang memenuhi prinsip syariat di Bursa Efek.

SOTS akan menfilter saham saham syariah saja yang bisa ditransaksikan. Jadi tidak tercampur dengan saham saham konvensional dari perusahaan yang bergerak di bidang perjudian, makanan/minuman haram, jasa keuangan konvensional dan bidang lain yang dilarang oleh Islam. Transaksi beli saham syariah hanya dapat dilakukan secara tunai (cash-basis transaction) dan (short selling).

Daftar Aplikasi Saham Syariah di Indonesia

Dari data yang penulis himpun dari bursa efek Indonesia, ada 18 aplikasi saham syariah dari sekuritas yang memang sudah memiliki sertifikat syariah DSN MUI dan tergabung dalam SOTS. Berikut daftarnya.

Nama Aplikasi Saham SyariahSekuritas
IPOT Syariah PT Indo Premier Sekuritas
HOTS Syariah PT Mirae Asset Sekuritas
e-Smart Syariah PT BNI Sekuritas
iTrimegah Syariah PT Trimegah Sekuritas Tbk.
MOST Syariah PT Mandiri Sekuritas
POST Syariah PT Panin Sekuritas Tbk.
PROFITS Syariah PT Phintraco Sekuritas
SPOT Syariah PT Sucor Sekuritas
FAST Syariah PT FAC Sekuritas
MNC Trade Syariah PT MNC Sekuritas
HPX Syariah PT Henan Putihrai Sekuritas
POEM Syariah PT Philip Sekuritas Indonesia
RHB Trade Smart Syariah PT RHB Sekuritas
STAR SyariahPT Samuel Sekuritas
KE Trade SyariahPT Maybank Kim Eng Sekuritas
OSO Trader SyariahPT OSO Sekuritas Indonesia
Kresna Trader SyariahPT Kresna Sekuritas
Danareksa Online Trading SyariahPT Danareksa Sekuritas

Cara Daftar Aplikasi Saham Syariah

Bagaimana cara mendaftar aplikasi saham syariah dan memulai jual beli saham? Hal pertama yang kalian siapkan adalah dana untuk setoran awal. Walau ada yang bisa buka rekening saham tanpa setoran awal, tetapi tetap saja Anda belum bisa transaksi beli saham. Kedua dokumen dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP (jika ada), Buku tabungan dan tentunya hp yang support buat instal aplikasi saham, nantinya buat trading, transaki dll.

Sebagai contoh, penulis akan memberi contoh bagaimana registrasi di salah satu aplikasi diatas, yakni IPOT syariah. IPOT syariah merupakan platform trading saham online besutan dari Perusahaan Sekuritas Indo primier. Aplikasi saham syariah ini yang paling banyak digunakan oleh inverstor, terutama para milenial dan pemula. Sebab, aplikasi banyak kemudahannya. Sama seperti aplikasi indo premier di saham konvensional, IPOTGO.

aplikasi saham syariah

Daftar Akun IPOT syariah

Untuk bisa mengakses aplikasi IPOT syariah, Anda harus membuka rekening RDN dan aktivasi akun syariah. Lakukan cara berikut untuk mendapatkannya :

  1. Silakan buka website resmi IndoPermier di www.indopremier.com
  2. pilih Open an Account
  3. Pilih Manual Registration dan centang “Saya ingin membuka Account Syariah”
  4. Isi data diri
    1. alamat email dan no handphone
    2. nama lengkap, nomor KTP, tempat & tanggal lahir, jenis kelamin, status pernikahan, dan alamat.
    3. data pekerjaan, penghasilan & asset, sumber dana, tujuan investasi, nama gadis ibu, hingga rekening bank
    4. Buat username & password
  5. Print berkas dan tanda tangan sesuai seperti copy KTP, copy buku tabungan, print foto selfie.
  6. Pengiriman dokumen Gratis dengan memanfaatkan fasilitas pick up dokumen (max 20 km). DiKirim via pos ke Kantor IndoPremier Pusat di Jakarta.

Catatan : Proses pembukaan akun investasi syariah berlangsung selama 2-3 hari kerja setelah dokumen diterima dengan lengkap oleh IndoPremier.

Akun (username dan password ) akan dikirimkan ke email untuk mengakses aplikasi IPOT syariah. DI aplikasi tersebut, Anda perlu aktivasi dan membuat rekening Dana Nasabah (RDN). RDN digunakan untuk menampung dana sementara sebelum transaksi saham. RDN ini bisa dari bank BSI, BCA syariah, CIMB Niaga Syariah dan Permata syariah.

Demikianlah daftar aplikasi saham syariah yang sudah mengantongi izin OJK, sertifikat halal serta terhubung SOTS. Anda bisa memilih salah salah aplikasi tersebut yang menurutmu terbaik. Dengan menerapkan prinsip syariah, insyaalloh hasil dari investasi saham menjadi semakin berkah dan bermanfaat, amiin.

Gravatar Image
Penunggu senja yang sesekali ngopi untuk teman membaca.